4 Manfaat Ekstrak Bunga Sakura Pada Produk Kecantikan untuk Merawat Kulit

Kezia Prasetya Christvidya30 Okt 2020, 16:15 WIB
Diperbarui 30 Okt 2020, 16:15 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Dari zaman dahulu kulit perempuan yang berasal dari negara Jepang, terkenal memiliki kulit yang mulus, bersih dan bersinar, yang diimpikan banyak perempuan di dunia.

Gaya hidup di negara Jepang sangat bagus dan mempengaruhi kecantikan kulit yang alami, seperti mengonsumsi ikan laut yang memiliki kandungan omega-3, mengonsumsi teh hijau yang bisa membantu mendetoksifikasi kulit, hingga menggunakan ekstrak bunga sakura yang membantu merawat masalah kulit.

Produk yang memiliki kandungan ekstrak bunga sakura mulai populer di berbagai negara, seperti di Indonesia. Karena ekstrak bunga sakura bisa membantu merawat dan mengatasi masalah kulit. Berikut manfaat ekstrak bunga sakura pada produk kecantikan, dilansir dari Brilio.net:

 

Mengatasi Peradangan

ilustrasi manfaat ekstrak bunga sakura pada produk kecantikan/Min An/shutterstock
ilustrasi manfaat ekstrak bunga sakura pada produk kecantikan/Min An/shutterstock

Manfaat bunga sakura yang pertama bisa membantu mengatasi peradangan pada kulit, akibat kulit yang terlalu sensitif dan peradangan karena jerawat. Karena ekstrak bunga sakura memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan.

Kulit yang sensitif sering meradang karena mudah terkena alergi, baik alergi makanan atau minuman, debu atau polusi, hingga alergi terhadap beberapa produk riasan wajah.

Sedangkan kulit berjerawat mengalami peradangan, karena akan timbul jerawat yang baru, luka pada jerawat dan salah menggunakan kandungan skincare seperti alkohol atau parfum.

Mencerahkan Kulit

ilustrasi manfaat ekstrak bunga sakura pada produk kecantikan/Daniel Xavier/pexels
ilustrasi manfaat ekstrak bunga sakura pada produk kecantikan/Daniel Xavier/pexels

Ekstrak bunga sakura sangat populer karena bisa membantu mencerahkan kulit wajah, yang sering terkena paparan sinar matahari, menyamarkan flek hitam hingga menghilangkan bekas jerawat.

Menurut sebuah penelitian, yang dimuat Journal of Agriculture and Food Chemistry, ekstrak bunga sakura memiliki kandungan yang kaya akan caffeic acid, yang bisa membantu menghambat proses oksidasi pada kulit di wajah.

Ekstrak bunga sakura juga memiliki sifat sebagai antioksidan, yang bisa membantu memproduksi kolagen pada kulit, agar kulit tidak terkena radikal bebas.

Membersihkan Pori-Pori

ilustrasi manfaat ekstrak bunga sakura pada produk kecantikan/Andrea Piacquadio/shutterstock
ilustrasi manfaat ekstrak bunga sakura pada produk kecantikan/Andrea Piacquadio/shutterstock

Ekstrak bunga sakura memiliki manfaat yang bisa membantu membersihkan pori-pori. Karena bunga sakura memiliki sifat sebagai eksfoliator, yang bisa membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati hingga pori-pori yang terdalam.

Menurut sebuah penelitian Oryza Fat Oil & Chemical Co.Ltd, ekstrak bunga sakura juga bisa mengecilkan pori-pori, membuat tekstur kulit menjadi lebih halus dan lebih kenyal.

Pori-pori yang membesar biasanya disebabkan karena adanya penumpukan sel kulit mati di dalam pori-pori, debu, kotoran, sebum dan bakteri penyebab komedo serta jerawat, yang menyebabkan permukaan kulit lebih timbul dan kasar.

Melembapkan Kulit

ilustrasi manfaat ekstrak bunga sakura pada produk kecantikan/Arina Shilyaeva/pexels
ilustrasi manfaat ekstrak bunga sakura pada produk kecantikan/Arina Shilyaeva/pexels

Manfaat ekstrak bunga sakura yang selanjutnya yaitu bisa membantu merawat kelembapan kulit wajah, agar wajah tidak kering dan tidak terlihat kusam. Karena ekstrak bunga sakura ini bisa membantu mengontrol minyak pada kulit.

Kelembapan kulit bisa berkurang karena cuaca, pola gaya hidup yang kurang sehat, sering meminum alkohol, mengonsumsi makanan berlemak, faktor usia dan lain sebagainya.

 

Walaupun kulit berminyak terlihat seperti lembap, namun kulit berminyak juga harus dirawat dengan menggunakan ekstrak bunga sakura, agar minyak lebih terkontrol dan lebih lembap.

Lanjutkan Membaca ↓