Tips Mengecilkan Pori-Pori Wajah agar Terhindar dari Masalah Kulit

Imelda Rahma11 Nov 2020, 07:15 WIB
Diperbarui 11 Nov 2020, 07:15 WIB
ilustrasi kenali kandungan bahan aktif untuk mengecilkan pori-pori wajah/puhhha/shutterstock

Fimela.com, Jakarta Pori-pori wajah yang membesar dapat menjadi cikal bakal munculnya beragam masalah pada kulit wajah. Mulai dari munculnya komedo hingga jerawat serta masalah kulit lainnya. Oleh karena itu, menjadi penting bagi kamu untuk tahu caranya mengecilkan pori-pori wajah.

Pori-pori wajah bisa membesar karena disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena bekas jerawat. Bekas jerawat biasanya akan membuat komedo membesar dan menjadi lebih terlihat. Selain bekas jerawat, aktivitas dan suhu juga bisa membuat pori-pori kulit wajah membesar.

Untuk mengecilkannya, kini sudah ada banyak produk kecantikan yang berfungsi merapatkan pori-pori. Namun, alangkah lebih baiknya jika kamu mengecilkan pori-pori wajah dengan cara yang lebih alami dan sederhana. Selain tidak merogoh biaya yang mahal, cara ini juga relatif lebih aman.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan tips mengecilkan pori-pori yang bisa kamu coba untuk menghindari masalah jerawat dan komedo. Simak semua tipsnya berikut ini.

Rajin Menggunakan Clay Mask

Rajin Menggunakan Clay Mask
Ilustrasi Menggunakan Clay Mask Credit: unsplash.com/Raphael

Tips mengecilkan pori-pori yang pertama ialah dengan menggunakan clay mask. Penggunaan clay mask sangat penting untuk clogging pori-pori. Setelah pori-pori bersih, sebaiknya jaga kebersihannya dengan menggunakan masker, terutama yang terbuat dari clay. Karena dapat menjaga pori-pori wajah agar jauh dari minyak berlebih, bakteri dan kotoran.

Clay mask biasanya akan memberikan efek dingin dan relax saat dipakai sehingga kamu akan merasa nyaman saat mengaplikasikannya ke wajah. Aroma clay mask juga sangat wangi dan menenangkan.

Rutin Melakukan Eksfoliasi Wajah

Rutin Melakukan Eksfoliasi Wajah
Ilustrasi Body Care Credit: unsplash.com/Hemptouch

Tips mengecilkan pori-pori wajah yang kedua ialah dengan rutin melakukan eksfoliasi wajah. Kamu bisa menggunakan produk face scrub untuk mengeksfoliasi permukaan kulit wajah. Aktivitas ekfoliasi wajah dapat membantu memperkecil pori-pori sekaligus menghilang sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam.

Namun, hal yang harus diperhatikan ialah cara kamu dalam mengeksfoliasi wajah, usahakan kamu mengaplikasi face scrub dan menggosoknya dengan pelan. Jika kamu menggosoknya terlalu kasar, maka akan dapat mengiritasi kulit wajahmu sendiri.

Menggunakan Sour Milk

Menggunakan Sour Milk
Ilustrasi Sour Milk Credit: unsplash.com/Karolina

Tips memperkecil pori-pori wajah berikutnya ialah dengan menggunakan sour milk. Kamu mengaplikasikan sour milk pada wajah hingga leher Anda selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu kamu bisa membersihkannya dengan air. Setelah penggunaan rutin, kamu akan merasakan perubahan pada kulit wajah, mulai terlihat lebih cerah sampai pori-pori besar yang mengganggu lekas menghilang.

Menggunakan Es Batu

Menggunakan Es Batu
Ilustrasi Es Batu Credit: pexels.com/OneShot

Terakhir, tips memperkecil pori-pori wajah agar terhindar dari masalah jerawat dan komedo ialah dengan menggunakan es batu.  Meskipun dingin, es batu memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan serta kecantikan kulit.

Salah satu manfaatnya adalah membantu mengecilkan pori-pori wajah juga menyembuhkan jerawat. Caranya cukup mudah, bungkus es bantu pada kapas atau kain yang bersih lalu usapkan pada wajah. Lakukan hal ini secara teratur maka pori-pori yang besar bisa mengecil dan lebih kencang.

Lanjutkan Membaca ↓