5 Cara Menghilangkan Keriput di Wajah dengan Buah-Buahan

Kezia Prasetya Christvidya13 Nov 2020, 11:35 WIB
Diperbarui 13 Nov 2020, 11:35 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Kulit yang mengalami penuaan dini biasanya ditandai dengan munculnya kerutan atau keriput di wajah. Hal ini biasanya dialami oleh orang yang memasuki usia 20 tahun keatas, terlalu sering begadang, stres dan bisa juga karena faktor keturunan.

Gaya hidup yang kurang sehat juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit, seperti mengonsumsi makanan yang manis, gorengan, alkohol dan merokok.

Keriput di wajah ini bisa saja terjadi karena kulit dehidrasi dan produksi kolagen di kulit berkurang. Berikut cara menghilangkan keriput di wajah menggunakan buah-buahan, yang dilansir dari Brilio.net:

Pisang

ilustrasi cara menghilangkan keriput di wajah/Aleksandar Pasaric/pexels
ilustrasi cara menghilangkan keriput di wajah/Aleksandar Pasaric/pexels

Cara menghilangkan keriput di wajah yang pertama, yaitu menggunakan buah pisang yang bagus untuk kesehatan kulit. Pisang memiliki kandungan yang kaya akan potasium, vitamin B, vitamin C dan vitamin E.

Kandungan yang terdapat di dalam pisang, bisa membantu menghilangkan keriput, mencerahkan kulit, menghaluskan kulit, meningkatkan produksi kolagen dan melawan radikal bebas.

Buah pisang dapat dihaluskan, kemudian aplikasikan buah pisang keseluruh wajah, lalu diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

Nanas

ilustrasi cara menghilangkan keriput di wajah/Pineapple Supply Co./pexels
ilustrasi cara menghilangkan keriput di wajah/Pineapple Supply Co./pexels

Buah nanas merupakan buah yang kaya akan antioksidan, yang bisa membantu menangkal radikal bebas yang merusak lapisan kulit, dan menjadi salah satu penyebab kulit menjadi keriput.

Buah nanas dipercaya bisa membantu menghilangkan keriput di wajah, mencerahkan warna kulit, menghilangkan bekas jerawat dan membuat kulit menjadi tampak lebih bersinar.

Buah nanas yang sudah dicuci bersih dapat dihaluskan, kemudian aplikasikan buah nanas keseluruh wajah, tunggu masker buah nanas hingga 20 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin.

Alpukat

ilustrasi cara menghilangkan keriput di wajah/Daria Shevtsova/pexels
ilustrasi cara menghilangkan keriput di wajah/Daria Shevtsova/pexels

Alpukat adalah buah yang sering dikonsumsi pejuang diet. Karena alpukat bisa dijadikan sebagai pengganti nasi, dan bisa membantu menurunkan berat badan.

Alpukat memiliki kandungan vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, selenium, potasium, zinc, folat dan beta karoten, yang memiliki manfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti membantu menghilangkan keriput di wajah.

Daging alpukat dapat dihaluskan dan dijadikan menjadi pasta bertekstur lembut, yang bisa dioleskan ke seluruh area wajah, lalu diamkan selama 30menit dan bilas dengan air bersih.

 

Lemon

ilustrasi cara menghilangkan keriput di wajah/Dominika Roseclay/pexels
ilustrasi cara menghilangkan keriput di wajah/Dominika Roseclay/pexels

Cara menghilangkan keriput di wajah yang selanjutnya, yaitu menggunakan buah lemon yang kaya akan antioksidan. Sudah terkenal sejak dahulu, kalau perasan lemon bisa dijadikan masker wajah yang bisa mencegah tanda penuaan dini di kulit.

Buah lemon memiliki kandungan vitamin C, yang membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit. Kandungan yang ada di dalam lemon juga bisa membantu mengeringkan jerawat, membunuh bakteri penyebab jerawat dan membantu mencerahkan kulit wajah.

Sahabat Fimela dapat mengoleskan perasan air lemon ke area wajah yang keriput. Lalu aplikasikan air lemon dengan kapas, diamkan selama 30menit dan bilas dengan air bersih.

Kulit Jeruk

ilustrasi cara menghilangkan keriput di wajah/Delphine Hourlay/pexels
ilustrasi cara menghilangkan keriput di wajah/Delphine Hourlay/pexels

Cara terakhir menghilangkan keriput di wajah adalah menggunakan kulit jeruk. Hampir sama dengan lemon, kulit jeruk memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C dan antioksidan.

Kulit jeruk ini bisa membantu memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan wajah, melembutkan kulit, membuat kulit wajah lebih kencang dan bisa membantu membunuh jerawat.

Cara menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan keriput sangat mudah. Haluskan kulit jeruk yang dicampur dengan yogurt, kemudian oleskan pasta ini keseluruh wajah, diamkan selama 30menit dan bilas hingga bersih.

Lanjutkan Membaca ↓