5 Rekomendasi Sabun Muka untuk Kulit Kering

Kezia Prasetya Christvidya18 Nov 2020, 10:35 WIB
Diperbarui 18 Nov 2020, 10:35 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Di musim pancaroba seperti ini, bisa mempengaruhi kondisi kulit dan membuat kulit menjadi kering. Munculnya kulit kering ini ditandai dengan rasa gatal, muncul kerutan halus di wajah, kulit pecah-pecah dan mengelupas.

Untuk mengatasi masalah kulit kering ini, Sahabat Fimela harus menggunakan sabun muka yang berfungsi untuk melembapkan kulit, menutrisi kulit dan membantu mengontrol minyak di kulit.

Salah memilih produk sabun muka bisa membuat kulit menjadi tambah kering, iritasi dan membuat wajah terlihat kemerahan. Berikut rekomendasi sabun muka yang bisa digunakan untuk kulit kering:

 

 

Penyebab Kulit Kering

ilustrasi penyebab kulit kering/metamorworks/shutterstock
ilustrasi penyebab kulit kering/metamorworks/shutterstock

Secara umum, kondisi kulit kering ini disebabkan karena kulit dehidrasi atau kekurangan cairan, yang menyebabkan kulit menjadi kurang lembap, dan membuat lapisan kulit menjadi mudah rusak diserang radikal bebas.

Kulit kering ini bisa disebabkan karena beberapa faktor, yaitu faktor usia, perubahan cuaca yang tidak menentu, perubahan hormon, stres, gaya hidup tidak sehat, terlalu sering mencuci muka dan menggunakan kandungan yang salah pada produk perawatan wajah.

 

Penyebab kulit kering tersebut bisa dihindari dengan cara merawat kulit kering dengan benar, termasuk dengan membersihkan wajah dengan kandungan sabun muka yang cocok untuk kulit kering, serta mengenali kandungan bahan aktif yang bisa digunakan kulit kering.

Kandungan Sabun Muka untuk Kulit Kering

ilustrasi sabun muka untuk kulit kering/popcorner/shutterstock
ilustrasi sabun muka untuk kulit kering/popcorner/shutterstock

Mencuci wajah dengan sabun muka adalah hal yang harus dilakukan, untuk membantu membersihkan debu atau kotoran yang menempel di wajah. Tetapi mencuci wajah tidak boleh terlalu sering dilakukan, bagi pemilik kulit wajah yang kering.

Produk sabun muka yang boleh digunakan kulit kering, yaitu sabun muka yang memiliki kandungan surfaktan berbahan dasar surfaktan dengan bahan dasar asam amino. Kandungan ini bisa membantu mengurangi iritasi pada kulit wajah yang kering.

Selain itu, kamu juga bsia menggunakan sabun muka yang memiliki bahan squalane, untuk membantu mengontrol minyak di wajah, dan gunakan sabun muka dengan kandungan ceramide yang membuat wajah tetap lembap.

Rekomendasi Sabun Muka untuk Kulit Kering

ilustrasi rekomendasi sabun muka untuk kulit kering/metamorworks/shutterstock
ilustrasi rekomendasi sabun muka untuk kulit kering/metamorworks/shutterstock

Setelah kamu mengetahui jenis kulitmu, kamu bisa memilih kandungan yang cocok untuk membersihkan wajahmu. Berikut 5 rekomendasi sabun muka untuk kulit kering:

1. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Sabun muka untuk kulit kering yang pertama adalah Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 32.000,00. Kandungan surfaktan yang terdapat dalam sabun muka ini, bisa membantu menjaga kelembapan kulit dan membantu mengangkat kotoran hingga pori-pori terdalam.

2. Dove Beauty Moisture Facial Foam

Dove adalah sebuah merek yang sering mengeluarkan produk perawatan kulit maupun rambut. Dove mengeluarkan sabun muka bernama Dove Beauty Moisture Facial Foam, yang cocok digunakan untuk kulit kering. Karena produk ini memiliki kandungan surfaktan dan nutrium moisture beauty serum, yang bisa melembapkan kulit wajah dan membuat tekstur wajah lebih halus. Sabun cuci muka ini dijual seharga Rp 22.000,00.

3. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Produk sabun muka yang selanjutnya adalah Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Produk ini sangat baik digunakan untuk kulit kering dan kulit sensitif, karena teksturnya lembut dan mengandung hypoallergenic. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 125.000,00.

4. The Body Shop Vitamin E Face Wash

The Body Shop merupakan brand yang selalu mengeluarkan produk perawatan dengan kandungan bahan alami. Produk The Body Shop Vitamin E Face Wash ini memiliki kandungan yang kaya akan vitamin E. Sehingga bisa melembapkan kulit yang kering dan mencegah penuaan dini. Produk ini dijual seharga Rp 149.000,00.

5. Innisfree Olive Real Cleansing Foam

Produk sabun muka yang terakhir adalah Innisfree Olive Real Cleansing Foam. Kandungan minyak zaitun yang terdapat di dalam produk ini, sangat baik untuk melembapkan dan mengontrol minyak pada kulit kering. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 150.000,00.

Lanjutkan Membaca ↓