5 Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Kulit Beruntusan

Kezia Prasetya Christvidya24 Nov 2020, 12:35 WIB
Diperbarui 24 Nov 2020, 12:35 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Beruntusan merupakan masalah kulit yang sering terjadi pada remaja hingga usia dewasa. Beruntusan ini bisa disebabkan karen kondisi kulit wajah terlalu berminyak, sering terkena polusi dan radikal bebas.

Tentu saja kondisi wajah yang beruntusan bisa mengganggu penampilanmu. Sering kali kulit beruntusan ini menimbulkan rasa gatal di kulit karena iritasi. Kulit beruntusan biasanya muncul di dahi, hidung, dagu, leher, lengan hingga bahu.

Hampir seperti jerawat. Kondisi kulit yang beruntusan harus segera diatasi menggunakan produk skincare yang tepat. Berikut rekomendasi produk skincare untuk kulit beruntusan, dilansir dari berbagai sumber:

Tips Menghilangkan Beruntusan

ilustrasi tips menghilangkan beruntusan/metamorworks/shutterstock
ilustrasi tips menghilangkan beruntusan/metamorworks/shutterstock

Untuk menghilangkan beruntusan di wajah, ada berbagai cara dapat di lakukan. Mulai dari melakukan gaya hidup yang sehat hingga mengggunakan produk-produk skincare, yang memiliki kandungan bahan aktif yang berfungsi untuk menghilangkan beruntusan.

Beruntusan di wajah juga dapat dicegah dengan rajin mencuci wajah. Karena dengan mencuci wajah, kamu bisa membersihkan kotoran, debu dan sisa riasan yang menempel di wajah, setelah melakukan aktivitas seharian. Setelah mencuci wajah, kamu bisa melanjutkan dengan mengeksfoliasi kulit, untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Kemudian kalau kulit wajahmu sudah bersih, gunakan pelembap yang memiliki formula khusus untuk mengatasi kulit yang beruntusan, serta menggunakan tabir surya untuk melindungi lapisan kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas.

Skincare yang Berfungsi untuk Mencuci Wajah yang Beruntusan

ilustrasi rekomendasi pencuci wajah/TORWAISTUDIO/shutterstock
ilustrasi rekomendasi pencuci wajah/TORWAISTUDIO/shutterstock

Menghilangkan beruntusan bisa dengan rajin mencuci wajah. Sabun cuci muka atau skincare dengan jenis facial wash yang cocok untuk kulit beruntusan, yaitu sabun muka yang memiliki formula yang ringan dan lembut. Berikut rekomendasi produk skincare yang berfungsi untuk mencuci wajah:

1. Emina Dot Brush Face Wash

Produk dari Emina ini sangat aman digunakan kulit beruntusan yang cenderung kombinasi dan sensitif. Walaupun produk ini memiliki tekstur ringan yang memiliki knadungan butiran scrub, tetapi teksturnya sangat lembut dan bisa digunakan setiap hari. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 17.000,00.

2. Mineral Botanica Brightening Facial Wash

Minerasl Botanica adalah merek lokal yang menjual skincare denga bahan alami. Merek lokal ini mengeluarkan sabun muka yang memiliki pH balance sekitar lima. Formula sabun muka ini lembut dan aman untuk kulit beruntusan. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 25.000,00.

3. Wardah Essential Facial Wash with Seaweed Extract

Produk skincare yang memiliki fungsi untuk mencuci wajah yang selanjutnya, yaitu Wardah Essential Facial Wash with Seaweed Extract yang aman digunakan untuk kulit beruntusan. Produk ini memiliki kandungan ekstrak rumput laut yang bisa melembapkan kulit dan mengatasi beruntusan. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 15.000,00.

4. Acnes Creamy Wash

Produk yang selanjutnya adalah Acnes Creamy Wash, yang memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E, yang bersifat senyawa anti bakteri dan anti radang, yang ampuh menghilangkan beruntusan. Produk ini dijual dengan harga Rp 25.000,00.

5. Himalaya Purifying Neem Face Wash

Rekomendasi sabun muka yang terakhir adalah Himalaya Purifying Neem Face Wash. Produk ini memiliki kandungan daun nimba dan kunyit, yang bisa membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan membersihkan kulit hingga pori-pori terdalam, sehingga terbebas dari kulit beruntusan. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 21.000,00.

Skincare yang Berfungsi untuk Mengeksfoliasi Wajah yang Beruntusan

ilustrasi rekomendasi skincare beruntusan/Andrea Piacquadio/pexels
ilustrasi rekomendasi skincare beruntusan/Andrea Piacquadio/pexels

Setelah mencuci wajah, gunakan skincare yang memiliki fungsi untuk mengeksfoliasi wajah. Produk eksfoliator adalah produk yang bisa membantu membersihkan dan mengangkat sel kulit mati, debu, kotoran dan sisa riasan yang berada di dalam pori-pori. Jika tidak dibersihkan akan menyebabkan kulit beruntusan. Berikut rekomendasi produknya:

1. Viva Face Tonic Lemon

Produk eksfoliator yang pertama adalah Viva Face Tonic Lemon. Produk dengan ekstrak air lemon ini memiliki fungsi untuk menghilangkan beruntusan, mengangkat sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak di kulit. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 8.000,00.

2. Wardah Acnederm PoreRefining Toner

Produk yang selanjutnya adalah Wardah Acnederm PoreRefining Toner. Produk ini terbuat dari bahan-bahan yang halal dan alami, yang bisa membantu menghilangkan beruntusan di kulit wajah. Produk yang memiliki kandungan witch hazel ini dijual dengan harga sekitar Rp 25.000,00.

3. ElsheSkin Acne Refresh Toner

Skincare yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit beruntusan selanjutnya, yaitu ElsheSkin Acne Refresh Toner yang memiliki kandungan salicylic acid. Kandungan ini bisa membantu menghilangkan beruntusan dan mengontrol produksi minyak. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 23.000,00.

4. Mineral Botanica Acne Care Toner

Mineral Botanica juga memiliki produk toner, yang mengandung salicylic acid dan witch hazel. Produk ini bisa mengatasi kulit beruntusan, membuat kulit lembap dan membantu menghilangkan komedo. Produk ini dijual dengan harga Rp 23.000,00.

5. Zoya Facial Acne Toner

Selain kosmetik, Zoya juga memiliki serangkaian skincare yang bisa menghilangkan beruntusan. Salah satunya adalah Zoya Facial Acne Toner. Produk ini mengandung grapeseed oil dan tea tree oil, yang bisa mengatasi peradangan dan menghilangkan beruntusan. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 24.000,00.

Skincare yang Berfungsi untuk Melembapkan Wajah yang Beruntusan

ilustrasi pelembap untuk kulit beruntusan/metamorworks/shutterstock
ilustrasi pelembap untuk kulit beruntusan/metamorworks/shutterstock

Kulit yang beruntusan dapat diatasi dengan menggunakan skincare yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Tentu saja pelembap yang dapat digunakan adalah yang bisa membantu mengontrol produksi minyak di kulit wajah, mengeringkan beruntusan dan menetralisir kemerahan di wajah. Berikut rekomendasi pelembapnya:

1. Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel

Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel adalah produk asal Korea Selatan, yang memiliki fungsi untuk menenangkan kulit wajah yang beruntusan. Produk dengan ekstrak lidah buaya ini dijual dengan harga sekitar Rp 90.000,00.

2. Wardah Pure Olive Oil

Produk Wardah Pure Olive Oil dari wardah ini berfungsi untuk melembapkan kulit wajah yang beruntusan. Karena ekstrak minyak zaitun dari produk ini, bisa membantu mengatasi iritasi akibat beruntusan di wajah. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 37.000,00.

3. Emina Ms. Pimple Moisturizing Gel

Produk pelembap yang selanjutnya adalah Emina Ms. Pimple Moisturizing Gel. Produk ini memiliki formula ringan yang bisa membantu mengatasi beruntusan, jerawat dan bisa mengontrol minyak di kulit wajah. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 20.000,00.

4. Erha 21 Acne Care Lab Gentle Acne Moisturizer

Produk yang selanjutnya yaitu Erha 21 Acne Care Lab Gentle Acne Moisturizer. Produk ini mengandung ceramide complex, PHA, betain, zinc gluconate dan niacinamide. Produk ini dijual dengan harga Rp 130.000,00.

5. OXY Acne Control Moisturizer

Rekomendasi pelembap yang terakhir adalah OXY Acne Control Moisturizer. Produk ini memiliki kandungan ekstrak chamomile, apel, dan lidah buaya yang bisa melembapkan dan menenangkan kulit beruntusan. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 85.000,00.

Lanjutkan Membaca ↓