5 Ramuan Rumahan untuk Meratakan Warna Kulit Leher yang Menggelap

Novi Nadya27 Nov 2020, 18:30 WIB
Diperbarui 27 Nov 2020, 18:30 WIB
Krim Leher

Fimela.com, Jakarta Kesal dengan perbedaan besar antara warna kulit wajah dan leher? Ini menjadi masalah yang sangat umum dalam perwatan kulit kita.

Sebelumnya, cari tahu dulu penyebab leher menggelap. Apakah terlalu banyak paparan sinar matahari dan paparan polutan? Atau penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia bisa juga menjadi penyebab leher terlihat kusam dan berpigmen.

 

Perawatan kulit leher yang biasa dilakukan banyak orang adalah menggosok dengan scrub atau lulur lalu melembapkannya. Nah, jika penyebabnya adalah kurang merawat dan memberishkannya dengan baik, berikut 5 cara yang bisa kita coba untuk meratakan warna kulit leher dari bahan-bahan yang bisa ditemukan di rumah melansir dari food.ndtv

 

1. Cuka Sari Apel

cuka apel
ilustrasi cuka apel/copyright Rawpixel

Pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap cuka sari apel dan konsultasikan dulu ke dokter kulit jika memiliki kulit sensitif. Cuka sari apel cenderung menyeimbangkan tingkat pH kulit yang membuatnya nampak bercahaya alami.

Fungsi lainnya adalah menghilangkan sel kulit mati. Asam malat dalam kandungannya juga membuat cuka sari apel menjadi eksfoliator yang dapat diandalkan.

Cara buatnya adalah ambil 2 sendok makan cuka sari apel dan 4 sendok makan air lalu aduk rata. Oleskan ramuan tersebut dengan bola kapas, biarkan selama 10 menit, setelah selesai bilas dengan air. 

Ulangi proses ini setiap dua hari sekali. Pastikan juga kulit mendapat kelembapan setelahnya karena ramuan ini dapat membuat kulit kamu kering.

 

2. Baking Soda

soda kue-kezo
ilustrasi manfaat soda kue selain digunakan untuk bahan makanan/Maderla/shutterstock

Soda kue sangat membantu kita dalam menghilangkan kotoran dan sel kulit mati serta meningkatkan sirkulasi. Selain itu, baking soda juga menutrisi kulit dari dalam. 

Cara buatnya ambil 2-3 sendok makan soda kue dan air secukupnya untuk membuat pasta yang halus. Oleskan pasta ini pada leher dan biarkan mengering.

Setelah benar-benar kering, gosok dengan jari tangan yang sudah dibasahi lalu bilas dengan air. Lembapkan kulit dengan baik setelahnya, kita bisa mengulanginya setiap dua hari sekali.

 

 

3. Jus Kentang

Rajin Mengonsumsi Kentang
Ilustrasi Kentang Credit: pexels.com/Daisy

Kentang memiliki khasiat pemutih yang dapat membantu mencerahkan warna kulit sampai batas tertentu. Selain itu kentang juga membantu menghilangkan bercak gelap dan membuat warna kulit merata. 

Cara buatnya, ambil kentang ukuran kecil dan parut. Lalu peras parutan hingga menjadi jus.

Oleskan pada leher dan biarkan mengering sempurna sebelum dibilas dengan air hangat. Kita bisa mengulanginya dua kali setiap hari.

 

 

4. Ubtan

kunyit
ilustrasi kunyit/copyright by Anna_Pustynnikova (Shutterstock)

Ubtan adalah masker tradisional India yang dibuat dari kunyit dan bahan-bahan dasar makanan. Ubtan dipercaya memiliki senyawa di dalamnya yang membantu mengurangi pigmentasi dan membuat kulit leher cerah bersinar.

Campurang tepung di dalam ubtan juga membantu mengelupas kulit. Serta menyerap kotoran dan mengencangkan pori-pori.

Cara buatnya ambil sekitar 2 sendok makan, sejumput kunyit, setengah sendok jus lemon, dan air mawar. Campur semua bahan dalam mangkuk untuk mendapatkan pasta dengan konsistensi sedang.

Oleskan pasta di leher dan biarkan selama 15 menit sampai mengering. Bilas dan bersihkan dengan air hangat, lakukan setidaknya dua kali seminggu.

 

 

5. Yogurt

Yogurt
Khasiat yogurt untuk masker. (Foto: unsplash.com/Stage 7 Photography)

Yogurt memiliki enzim alami yang bekerja dengan asam dalam lemon untuk memberikan hasil yang diinginkan. Yogurt juga berfungsi menutrisi kulit dan membuatnya halus. 

Cara buatnya ambil 2 sendok makan yogurt dan satu sendok teh jus lemon. Campur kedua bahan tersebut dan oleskan pada leher. Biarkan selama sekitar 20 menit sebelum dibilas dengan air.

Simak video berikut ini

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓