10 Urutan Makeup yang Benar Agar Terlihat Flawless dan Tidak Mudah Luntur

Kezia Prasetya Christvidya28 Nov 2020, 15:35 WIB
Diperbarui 28 Nov 2020, 15:35 WIB
makeup-kezo

Fimela.com, Jakarta Merias diri atau menggunakan makeup, bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri pada seorang perempuan. Makeup bisa membantu menutupi kekurangan yang terdapat pada wajah seseorang, seperti flek hitam atau bekas jerawat.

Urutan menggunakan makeup harus benar, karena jika urutannya salah bisa membuat makeup mudah luntur, terlihat cakey, makeup tidak menempel dan tidak rata di bagian kulit wajah.

Menggunakan makeup dengan urutan pemakaian yang benar, bisa membuat wajah menjadi terlihat lebih cantik, natural dan makeup tahan lama. Berikut urutan makeup yang benar agar terlihat flawless dan tidak mudah luntur, dilansir dari Dream.co.id:

Urutan Pertama Menggunakan Makeup

ilustrasi urutan makeup/ Andrea Piacquadio/pexels
ilustrasi urutan makeup/ Andrea Piacquadio/pexels

Kunci utama agar makeup menempel di kulit wajah, yaitu menggunakan skincare terlebih dahulu, dengan menyesuaikan jenis kulit. Jika kulitmu kering, gunakan skincare yang memiliki kandungan hyaluronic acid agar lembap. Berikut urutan pertama menggunakan makeup dengan skincare:

1. Membersihkan Wajah

Sebelum menggunakan makeup, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan micellar water atau facial wash. Setelah wajah bersih, berikan penyegar yang memiliki kandungan yang berfungsi melembapkan wajah, seperti hyaluronic acid.

2. Menggunakan Pelembap

Setelah itu, gunakan pelembap wajah yang bisa membantu mengontrol produksi minyak di wajah, tetapi tetap membuat kulit wajah lembap. Penggunaan pelembap sebelum makeup ini, bisa membantu makeup lebih menempel dan flawless.

3. Menggunakan Tabir Surya

Tahapan skincare terakhir adalah menggunakan tabir surya. Tabir surya ini memiliki kandungan yang bisa membantu menangkal radikal bebas dan melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Tabir surya juga membantu menjaga kadar air dan kelembapan kulit wajah, agar tidak iritasi saat menggunakan makeup.

Urutan Selanjutnya Menggunakan Complexion

ilustrasi urutan makeup/pexels
ilustrasi urutan makeup/pexels

Setelah menggunakan produk skincare, berikan jeda kurang lebih 30 menit, lalu aplikasikan complexion ke wajah. Complexion adalah sebuah istilah yang sering kali disebut di dunia kecantikan, untuk menyebut tentang produk yang bisa menyamarkan warna kulit, tekstur kulit dan tampilan kulit seseorang. Berikut urutan makeup yang selanjutnya:

4. Menggunakan Foundation

Complexion yang pertama digunakan adalah foundation atau alas bedak. Pilihlah warna satu tingkat lebih terang daripada warna kulit aslimu. Karena semakin lama, warna foundation akan teroksidasi dan menyatu dengan warna kulit aslimu. Untuk makeup yang natural, penggunaan foundation dapat diganti dengan BB Cream atau Cushion.

5. Menggunakan Concelear

Setelah kulit wajah tertutup oleh foundation, aplikasikan concelear dengan warna dua tingkat lebih terang dari warna kulit, untuk menutup area yang gelap di sekitar area mata, area hidung atau menutup bekas jerawat dan flek hitam.

6. Menggunakan Bedak Tabur

Complexion yang terakhir adalah menggunakan bedak tabur. Fungsi dari bedak tabur ini bisa membantu menjaga foundation agar tidak geser atau luntur, serta membantu mengontrol produksi minyak di wajah.

Urutan Makeup Terakhir

ilustrasi urutan makeup/cottonbro/pexels
ilustrasi urutan makeup/cottonbro/pexels

Urutan penggunaan makeup yang terakhir adalah memberikan warna warni di wajah, seperti blush on, eyeshadow dan lipstik, sesuai dengan warna pakaian yang kamu gunakan atau sesuai dengan acara yang akan kamu datangi. Berikut urutan makeup yang terakhir:

7. Menggunakan Eyeshadow

Eyeshadow adalah kunci utama untuk membuat makeup terlihat lebih hidup. Kamu bisa memilih warna eyeshadow sesuai dengan warna pakaianmu. Untuk makeup yang natural, kamu bisa menggunakan eyeshadow matte warna peach, pink atau cokelat dengan sedikit tambahan eyeshadow glitter yang membuat mata terlihat lebih cantik dan menonjol.

8. Menggunakan Alis, Eyeliner dan Maskara

Setelah eyeshadow sudah diaplikasikan, gunakan eyeliner dan maskara untuk mempertegas area mata. Jangan lupa juga untuk menggambar alis, agar bentuk wajahmu terlihat lebih tegas.

9. Menggunakan Blush On dan Highlighter

Gunakan blush on berwarna pink atau peach, untuk membuat area pipi terlihat lebih merona dan berseri. Kemudian gunakan hightlight untuk mempertegas tulang pipi, hidung dan bibir.

10. Menggunakan Lipstik

Urutan terakhir adalah menggunakan lipstik. Lipstik memiliki fungsi untuk mempercantik bibir dan membuat tampilanmu tidak pucat. Kamu bisa memilih menggunakan lipstik matte atau glossy. Tetapi jangan lupa gunakan pelembap terlebih dahulu.

Lanjutkan Membaca ↓