8 Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata yang Kendur

Anisha Saktian Putri29 Nov 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 29 Nov 2020, 15:00 WIB
Mata/Unsplash Amanda

Fimela.com, Jakarta Meskipun ada banyak produk di pasaran yang mengklaim dapat membantu masalah kantung mata yang kendur, namun produk tersebut belum tentu cocok dengan diri kita.

Bahan alami yang dapat dibuat dengan bahan-bahan rumahan pun masih menjadi primadona mencerahkan area di bawah mata. Selain murah, bahan alami juga mengurangi risiko iritasi hingga masalah wajah lainnya.

Berikut ini beberapa bahan alami yang ampuh menghilangkan kantung mata, melansir dari bebera sumber.

1. Kantung teh

Kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. Ini juga dikatakan melindungi dari sinar UV dan berpotensi memperlambat proses penuaan.

Teh hijau, khususnya, telah dipuji oleh para peneliti karena potensi efek anti-inflamasi, seperti yang ditunjukkan dalam satu penelitian.

Untuk melakukan ini, seduh dua kantong teh selama 3 sampai 5 menit. Biarkan kantong teh dingin di lemari es selama 20 menit.Kemudian, peras kelebihan cairannya dan oleskan ke area bawah mata ,b iarkan kantong teh di bawah mata selama 15 hingga 30 menit.

Lakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

2. Gunakan kompres dingin

Menerapkan suhu dingin ke area bawah mata, dapat membantu pembuluh darah mengerut dengan cepat. Bisa menggunakan kompres sendok dingin, mentimun dingin, kain dingin, sebelum mengaplikasikannya, bungkus kompresan tersebut dengan kain lembut untuk melindungi kulit agar tidak terlalu dingin. Lalu, tap-tap kompresan di bawah mata selama beberapa menit.

3. Tetap terhidrasi

Para ahli merekomendasikan minum sekitar 13 cangkir cairan sehari untuk pria, dan sekitar 9 cangkir cairan untuk perempuan, per hari. Bisa juga konsumsi buah-buahan dengan kandungan air yang banyak dan teh tanpa kafein.

4. Hapus riasan sebelum tidur

Sebelum tidur ada baiknya tidak boleh malas untuk membersihkan wajah. Ada beberapa alasan mengapa tidak boleh tidur dengan riasan. Misalnya saja, mengalami reaksi alergi, infeksi yang menyebabkan kemerahan, bengkak. Bahkan menyebabkan keriput.

5. Kentang

Kentang
Ilustrasi Masakan Kentang Credit: pexels.com/pixabay

Ambil kentang dan potong sekitar empat hingga enam irisan setengah inci masing-masing harus cukup besar untuk menutupi area mata. Letakkan satu irisan di setiap mata selama 10 menit, ulangi dengan irisan segar di setiap mata sampai bengkak di bawah mata berkurang.

Kentang mengandung enzim anti-inflamasi katekolase, yang dapat meningkatkan kekenyalan dan menghilangkan lingkaran hitam. Cuci area tersebut setelah selesai dan oleskan minyak kelapa.

6. Putih Telur

Ambil telur dari kulkas agar sahabat Fimela bisa mendapatkan sensasi dinginnya, lalu kocok dua putih telur hingga lembut dan oleskan ke area bawah mata dengan jari telunjuk atau jari tengah. Biarkan selama lima hingga 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

7. Aloe Vera

Sediakan aloe vera yang fresh, kemudian oleskan gel tersebut di bawah matamu. Kemudian biarkan mengering selama 8-10 menit, bilas dengan air. Lakukan dua kali sehari.

8. Lemon

Siapkan satu sendok teh jus lemon, sendok makan susu atau krim penuh lemak, kapas. Campurkan lemon dan susu tersebut, lalu rendam kapas dalam capuran tersebut.

Barlah oleskan pada area bawah mata. biarkan mengering dan bilas dengan air dingin. Lakukan dua kali sehari.

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓