5 Kesalahan Umum dalam Mengaplikasikan Makeup yang Perlu Diketahui

Imelda Rahma01 Des 2020, 15:35 WIB
Diperbarui 01 Des 2020, 15:35 WIB
Makeup

Fimela.com, Jakarta Saat memakai makeup, terkadang kamu mengalami kesalahan dalam mengaplikasikannya hingga tampilan wajah menjadi kurang menawan. Jika makeup bisa membuat wajah menjadi lebih cantik tetapi tentu hal ini akan menjadi berbeda ketika kamu salah mengaplikasikannya.

Biasanya hal ini sering dialami oleh pemula atau mereka yang baru belajar menggunakan makeup. Kesalahan dalam mengaplikasikan makeup dapat berdampak serus pada kulit wajah, tidak hanya membuat tampilan menjadi menor tetapi juga bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu kesalahan-kesalahan umum apa saja yang biasanya dilakukan oleh orang ketika mengaplikasikan makeup. Semakin kamu tahu banyak, pasti gaya makeup yang kamu pakai akan menjadi lebih baik dan elegan.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 kesalahan umum dalam mengaplikasikan makeup yang perlu diketahui. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnay berikut ini.

Mengaplikasikan Lip Liner Terlalu Tebal

Mengaplikasikan Lip Liner Terlalu Tebal
Ilustrasi Mengaplikasikan Lip Liner Credit: pexels.com/freestocks

Kesalahan umum pertama yang banyak dilakukan oleh perempuan saat mengalikasikan makeup ialah melukiskan lip liner terlalu tebal pada bibir. Meskipun pada awalnya kamu ingin terlihat memiliki bibir penuh, tetapi menggunakannya terlalu tebal bisa membuat bibir terlihat aneh.

Bukannya terlihat cantik dan sensual, justru jika kamu mengaplikasikannya terlalu tebal, maka akan membuat bibir terllihat sangat buruk. Maka dari itu, pilihlah lip liner dengan formula yang ringan dan aplikasikan secara tipis pada bagian bibir.

Penggunaan Jari untuk Mengaplikasikan Makeup

Penggunaan Jari untuk Mengaplikasikan Makeup
Ilustrasi Mengaplikasikan Makeup Credit: pexels.com/Kanoompics

Berikutnya, kesalahan umum kedua yang banyak dilakukan oleh perempuan saat mengalikasikan makeup ialah menggunakan jari tangan untuk mengaplikasikan makeup, terutama cream blusher pada pipi. Sebaiknya mulai sekarang kamu harus menghentikan kebiasaan tersebut.

Para ahli kecantikan mengungkapkan bahwa jari tangan dapat menghapus lebih banyak produk dibandingkan dengan menggunakan brush. Selain itu bakteri yag terdapat pada tangan bisa menyebabkan produk lebih cepat rusak. Gunakanlah brush lembut dan aplikasikan dengan gerakan melingkar pada pipi.

Mengarsir Bentuk Alis Terlalu Tebal

Mengarsir Bentuk Alis Terlalu Tebal
Ilustrasi Mengaplikasikan Makeup Credit: pexels.com/Shiny

Selanjutnya, kesalahan umum ketiga yang banyak dilakukan oleh perempuan saat mengalikasikan makeup ialah mengarsir bentuk alis terlalu tebal hingga terkesan tidak natural. Banyak perempuan yang alisnya terlihat mengerikan karena terlalu tebal, terlalu gelap, terlalu besar, terlalu melengkung, berbentuk kotak di ujungnya.

Menurut Quinn Murphy, penata rias Gigi Hadid, Lily Aldridge, dan Olivia Palermo, cara terbaik untuk membentuk alis adalah dengan mengisi bagian-bagian alis yang kosong dengan sapuan yang lembut menggunakan pensil alis dalam warna yang sedikit lebih muda dari warna rambut. Kepekatan warnanya tak perlu seragam dari ujung ke ujung karena secara alami, warna alis akan sedikit menipis di bagian ujung.

Menggunakan Foundation Terlalu Tebal

Menggunakan Foundation Terlalu Tebal
Ilustrasi Mengaplikasikan Makeup Credit: unsplash.com/Candice

Kesalahan umum keempat yang banyak dilakukan oleh perempuan saat mengalikasikan makeup ialah menggunakan foundation terlalu tebal, sehingga tekstur kulitnya benar-benar tertutup. Selain tidak natural, ini juga membuatnya terlihat lebih tua.

Vincen Quendo, penata rias Uma Thurman dan Ciara menyarankan, gunakan pelembap berwarna seperti BB Cream ataupun CC Cream, dan titikkan foundation dan concealer di bagian noda wajah. Jika kulit berminyak, serap minyaknya dengan kertas penyerap minyak.

Mengaplikasikan Makeup Terlalu Tebal dan Menor

Mengaplikasikan Makeup Terlalu Tebal dan Menor
Ilustrasi Mengaplikasikan Makeup Credit: pexels.com/Tamara

Terakhir, kesalahan umum yang sering dilakukan oleh perempuan saat mengaplikasikan makeup ialah merias wajah terlalu tebal hingga terlihat menor. Menurut Beau Nelson, penata rias Nicole Richie dan Christina Hendricks masih banyak perempuan yang rias wajahnya sangat berlebihan.

Semua warna digunakan di mata, pipi dan bibir sehingga wajahnya terlihat berat. Mungkin ini pengaruh dari tutorial internet, tetapi harus diingat bahwa rias wajah multi warna tersebut biasanya hanya bagus di depan kamera, dan tidak untuk diterapkan untuk riasan sehari-hari.

Lanjutkan Membaca ↓