Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Tubuh dan Wajah

Kezia Prasetya Christvidya01 Des 2020, 18:13 WIB
Diperbarui 01 Des 2020, 20:13 WIB
Masker Kopi

Fimela.com, Jakarta Kopi adalah minuman yang digemari banyak kalangan. Selain bisa diminum dan diola menjadi berbagai macam jenis makanan, ternyata kopi bisa dijadikan masker untuk merawat kulit wajah dan tubuh.

Kopi memiliki kandungan kafein, riboflavin, niasin, magnesium, kalium dan berbagai senyawa antioksidan yang lainnya. Kandungan ini sangat baik untuk menjaga kulit tetap sehat dan cerah.

Masker kopi sangat mudah untuk dibuat dan diolah sendiri di rumah. Kamu hanya perlu menggunakan alat dan bahan yang sederhana saja. Yuk intip manfaat masker kopi untuk kulit tubuh dan wajah, dilansir dari berbagai sumber:

Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Tubuh

Masker kopi
Masker kopi untuk wajah. (Foto: shutterstock.com)

 

Biji kopi yang dihaluskan bisa digunakan sebagai masker tubuh, yang bisa membantu merawat kulit tubuh yang kering. Bubuk kopi yang dicampur dengan minyak, bisa membantu melembapkan kulit tubuh yang kering, dan membantu mengatasi beberapa masalah kulit lainnya. Berikut manfaat masker kopi untuk kulit tubuh:

Menghilangkan Selulit

Selulit adalah timbunan lemak yang berada di bawah kulit. Biasanya selulit ini muncul dikerutan yang terdapat di paha, pinggul, pantat dan perut. Menggunakan masker kopi untuk mengeksfoliasi daerah paha, pinggung, pantat dan perut, bisa membantu menyamarkan selulit dan meratakan warna kulit dibagian tersebut.

Mencegah Kanker Kulit

Masker kopi dipercaya bisa membantu mencegah kanker pada kulit. Masker kopi memiliki kandungan senyawa antioksidan, yang bisa membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang merusak sel kulit.

Membantu Meregenerasi Kulit

Masker kopi berfungsi sebagai eksfoliator. Tekstur masker kopi yang sedikit kasar ini, bisa membantu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses pertumbuhan sel kulit serta membantu mengatasi pertumbuhan sel kulit yang tidak normal.

Mengatasi Ruam

Ruam kulit sering terjadi karena banyak faktor. Salah satunya adalah karena kulit sensitif, alergi dan peradangan pada kulit. Masker kopi memiliki sifat sebagai antiinflamasi, yang membantu mencegah peradangan pada kulit, serta membantu mengatasi ruam.

Membantu Menghaluskan Telapak Kaki

Kaki yang pecah-pecah sering terjadi pada orang dewasa. Masker kopi bisa digunakan sebagai masker untuk kaki, yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit telapak kaki dan membantu menghaluskan telapak kaki.

Manfaat Masker Kopi untuk Wajah

masker
Membuat masker wajah dari kopi. (Adrian Putra/Bintang.com)

Masker kopi bisa digunakan sebagai masker wajah. Karena memiliki banyak kandungan yang baik untuk kulit wajah. Berikut manfaat masker kopi untuk kulit wajah:

Menghilangkan Jerawat

Masker kopi memiliki manfaat untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. Karena kopi memiliki kandungan asam klorogenat dan melanoidin yang bersifat antiinflamasi. Sifat antiinflamasi ini, membantu jerawat cepat kempes dan mengurangi kemerahan akibat peradangan pada jerawat.

Mencegah Penuaan Dini

Kulit seseorang yang berusia 20tahunan keatas, sangat rawan terkena tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, muncul flek hitam, hilangnya elastisitas di kulit wajah, hiperpigmentasi dan kulit kusam. Menggunakan kopi sebagai masker wajah, bisa mencegah penuaan dini di kulit wajah, karena bubuk kopi mengandung kafein dan senyawa antioksidan.

Menyamarkan Mata Panda

Mata panda atau kantong mata yang menggelap, bisa disebabkan karena terlalu sering begadang, mengonsumsi makanan yang kurang bergizi, faktor usia dan masih banyak lagi. Mata panda juga bisa disebabkan karena sirkulasi darah di area mata kurang lancer. Kandungan kafein yang terdapat dalam masker kopi, bisa membantu memperlancar sirkulasi darah yang terdapat pada area mata.

Menghaluskan Wajah

Rutin menggunakan masker kopi bisa membantu mengangkat sel kulit mati, membantu membersihkan pori-pori dan mengangkat komedo. Sehingga kulit akan menjadi bersih dan tekstur menjadi lebih halus.

Mencerahkan Kulit

Kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari, biasanya akan terlihat lebih menggelap dan kusam. Kandungan bubuk kopi bisa membantu mencerahkan kulit wajah dan mempercepat regenerasi kulit.

Cara Membuat Masker Kopi

masker kopi
(foto: awesomenesstv.com)

Masker kopi sangat mudah untuk dibuat dan menggunakan bahan yang sederhana. Perpaduan bubuk kopi, yogurt dan madu bisa digunakan untuk merawat kulit kering maupun berjerawat.

Cara membuatnya adalah mencampurkan 2 sendok makan bubuk kopi, 3 sendok makan yogurt dan 1 sendok makan madu. Setelah itu aplikasikan ke seluruh wajah dan diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Ulangi penggunaan masker ini seminggu sekali.

Lanjutkan Membaca ↓