Sukses

Beauty

Kenali Jangka Waktu Kandungan Bahan Aktif Bekerja Optimal di Kulit

Fimela.com, Jakarta Di dalam produk skincare, terdapat beberapa kandungan bahan aktif yang berfungsi untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit, seperti menghidrasi kulit kering, menyembuhkan jerawat, mencegah tanda-tanda penuaan dini dan membantu mencerahkan kulit wajah.

Sering kali kita berharap saat menggunakan produk skincare, akan melihat perubahan kulit wajah dengan cepat. Saat efek skincare belum terlihat di wajah, sebaiknya jangan terburu-buru untuk mengganti skincare yang lainnya, karena kandungan bahan aktif skincare memerlukan waktu untuk bekerja dengan optimal.

Menurut Dr. Vlada yang merupakan doktor dari The Dermatology Specialists, efek dari penggunaan skincare dapat terlihat minimal 2 hingga 3 bulan. Bisa saja efek dari skincare ini belum terlihat, karena sering mengganti produk skincare dengan terburu-buru. Yuk kenali jangka waktu lamanya kandungan bahan aktif bekerja optimal di kulit, dilansir dari berbagai sumber:

 

Retinol

Produk skincare biasanya memiliki kandungan bahan aktif yang bernama retinol. Kandungan bahan aktif ini merupakan turunan dari vitamin A. Kandungan ini aman digunakan untuk kulit berjerawat dan kulit yang mengalami proses penuaan dini.

Manfaat utama dari retinol adalah membantu merangsang produksi kolagen di kulit. Sehingga kerutan di kulit menjadi tersamarkan, kulit menjadi lebih elastis, memudarkan flek hitam dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Retinol juga bisa membantu membersihkan pori-pori, mengeringkan jerawat, meredakan kemerahan dan mempercepat regenerasi sel kulit. Kandungan bahan aktif retinol ini, memerlukan waktu 3 hingga 6 bulan agar hasilnya terlihat lebih maksimal.

 

Alpha Hydroxy Acids (AHA)

Kandungan bahan aktif yang selanjutnya adalah Alpha Hydroxy Acids atau AHA. Kandungan ini terbuat dari asam tartarat yang ditemukan pada buah anggur, asam malat yang terdapat dalam apel, asam laktat yang terdapat pada susu, asam glikolat yang terdapat dalam tebu dan asam sitrat dalam buah sitrus.

Kandungan ini memiliki sifat sebagai eksfoliator, yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori, menghilangkan komedo dan mempercepat regenerasi kulit.

Kandungan ini bagus digunakan untuk kulit yang berjerawat dan mencerahkan kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Tetapi agar kandungan ini terlihat bekerja lebih optimal, kamu harus menggunakan produk ini selama 2 hingga 6 bulan.

 

Beta Hydroxy Acids (BHA)

Hampir sama dengan AHA, Beta Hydroxy Acids atau yang disingkat dengan BHA, merupakan kandungan aktif pada skincare yang bersifat sebagai eksfoliator.

Sehingga kandungan bahan aktif ini mampu membersihkan pori-pori dari kotoran, minyak yang menumpuk dan juga tumpukan sel kulit mati. Selain itu, kandungan bahan aktif ini bisa membantu mengatasi jerawat, mengangkat komedo, memperbaiki tekstur kulit dan mencerahkan bekas jerawat.

Produk skincare yang memiliki kandungan BHA ini, biasanya efek dari bahan aktifnya akan terlihat setelah 3 bulan. Tetapi harus berhati-hati dalam menggunakan kandungan ini, karena bisa membuat kulit kering.

Vitamin C

Kandungan bahan aktif yang selanjutnya adalah vitamin C. Kandungan ini sangat bagus untuk merawat kulit yang mengalami hiperpigmentasi, mengalami tanda-tanda penuaan dini dan mengatasi kulit yang kering.

Kandungan ini bisa membantu merangsang produksi kolagen di kulit, sehingga kulit wajah lebih elastis dan terhindar dari kerutan atau garis halus. Kandungan ini juga bisa membantu menyamarkan bekas jerawat dan melembapkan kulit yang kering.

Hasil dari menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan bahan aktif vitamin C, yaitu jika menggunakan produk sekitar 2 hingga 4 minggu. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setelah menggunakan vitamin C.

Niacinamide

Kandungan bahan aktif yang terakhir adalah niacinamide. Kandungan bahan aktif ini merupakan turunan dari vitamin B3. Kandungan bahan aktif ini sangat bagus digunakan untuk merawat kesehatan kulit.

Kandungan ini berfungsi untuk melembapkan kulit wajah, mengobati kulit berjerawat, mengatasi peradangan kulit, mencerahkan flek hitam, menghilangkan bekas jerawat dan membantu mengontrol produksi minyak di kulit wajah.

Kandungan bahan aktif ini bisa terlihat secara efektif di kulit wajah, setelah kamu gunakan secara rutin sekitar 8 hingga 12 minggu. Kandungan ini juga bagus untuk mengatasi tanda penuaan dini pada kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading