Sukses

Beauty

5 Tips Sukses Atasi Wajah Kering dan Kusam dari Ahli Kulit

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah kering dan kusam sering menjadi masalah yang kita hadapi. walau banyak produk skincare yang mampu mengatasinya, namun faktanya kulit jah kering dan kusam tak mudah untuk diatasi. Banyak faktor yang harus kamu lakukan.

Seperti yang dilansir dari Vogue.com. pakar kulit berbasis di New York Shari Marchbein, M.D., membagikan tips dan trik untuk merawat dan mengatasi kulit kering dan kusam. Penasaran apa saja?

1. Jaga kelembapan udara di rumah

Semakin kering udara membuat kulit semakin kering juga. Untuk memaksimalkan jumlah air di udara, Marchbein merekomendasikan peletakkan humifidier di tempat kita paling banyak menghabiskan waktu, seperti kamar tidur.

"Humidifier meningkatkan tingkat kelembapan di udara dan membantu melindungi kulit tetap terhidrasi," katanya.

2. Atur pola makan

Dengan hubungan langsung antara sistem pencernaan terutama usus dan kesehatan kulit, meningkatkan asupan lemak harian dapat membantu mengatasi kulit kering. Marchbein merekomendasikan kacang-kacangan seperti kenari, alpukat, dan minyak zaitun.

"Jangan mengonsumsi alkohol berlebihan, kafein, dan kopi. Karena semuanya merupakan diuretik yang akan menyebabkan dehidrasi dan banyak minum air putih," lanjutnya.

3. Lakukan eksfoliasi

Bagi pemilik kulit yang sangat kering, jangan gunakan exfoliator tapi gantilah dengan waslap basah untuk pilihan yang lebih lembut. "Ambil scrub yang lembut dan gosokkan pada wajah. Serum dan pelembap dapat benar-benar meresap dan bekerja saat kulit lembap," tambahnya.

4. Gunakan pelembap

Salah satu langkah yang paling penting dan sering diabaikan dalam mengatasi kulit kering adalah dengan mengganti pelembap yang sangat menghidrasi.

"Carilah krim bukan lotion yang dibuat dengan ceramide dan asam hialuronat," ujar Marchbein. Untuk kamu yang memiliki kulit wajah pecah-pecah parah, boleh menambahkan jumlah pemakaian lebih pada pagi dan malam hari.

5. Gunakan pembersih yang lembut

Pastikan untuk mencuci muka dengan bahan yang mengandung chamomile atau diformulasikan dengan oatmeal yang lembut. Cleanser tersebut sangat direkomendasikan karena tidak akan menghilangkan minyak alami dari kulit yang secara keseluruhan dibutuhkan dalam memberi kelembapan secara keseluruhan.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading