Sukses

Beauty

3 Cara Menggunakan Lip Care untuk Bibir Kering

Fimela.com, Jakarta Perawatan wajah memang harus dilakukan setiap hari. Hal ni dilakukan untuk menjaga kecantikan kulit dan mencegah munculnya masalah kulit. Selain merawat kulit, Sahabat Fimela juga harus merawat bibir agar lebih indah dan cantik.

Lip care atau perawatan bibir juga harus dilakukan secara rutin. Manfaatnya untuk mencegah bibir kering akibat reaksi kimia yang disebabkan karena terlalu sering menggunakan lipstik. Merawat bibir secara rutin bisa membantu mengembalikan kelembapan bibir dan mencegah bibir menjadi menggelap.

Saat menggunakan lip care harus diurutkan dengan benar. Agar hasilnya sangat optimal di bibir yang kering. Berikut urutan menggunakan lip care untuk bibir kering, dilansir dari berbagai sumber:

Penyebab Bibir Kering

Kulit yang menempel pada bibir memiliki lapisan yang tipis dan halus, jika dibandingkan dengan lapisan kulit yang lainnya. Uniknya, kulit yang ada di bibir tidak memiliki pori-pori. Sehingga bibir tidak memiliki kelenjar minyak yang bisa melembapkan bibir secara alami.

Karena tidak ada kelenjar minyak di bibir, maka bibir lebih mudah kering dan keriput. Bibir kering ini bisa disebabkan karena berbagai macam hal, seperti faktor cuaca yang berubah-ubah dan terlalu sering terpapas sinar matahari. Penyebab lainnya yaitu sering mengonsumsi air panas, dehidrasi dan terlalu sering mengonsumsi makanan pedas.

Kesalahan dalam menggunakan produk kosmetik juga bisa menyebabkan bibir menjadi kering. Seperti saat bibir sering kering, kamu menggunakan lipstik matte tanpa menggunakan pelembap sebelumnya, sehingga bibir akan semakin kering. Bibir kering juga bisa disebabkan karena mengonsumsi obat-obatan dan kondisi medis tertentu.

Cara Menggunakan Lip Care

1. Mengeksfoliasi Bibir

Urutan pertama menggunakan lip care untuk bibir kering, yaitu mengeksfoliasi bibir dengan produk eksfoliasi yang khusus untuk bibir, seperti lip scrub yang memiliki kandungan moisturizer. Mengeksfoliasi bibir bisa membantu mengangkat sel kulit mati, mengembalikan tekstur bibir, melembapkan dan mencerahkan bibir yang menggelap. Untuk mengeksfoliasi bibir, lakukan setiap 1 hingga 2 kali saja dalam satu minggu. Gunakan lip scrub yang memiliki tekstur lembut dan diperkaya dengan minyak esensial.

2. Menghidrasi Bibir Kering

Kamu bisa menggunakan produk lip care yang berfungsi untuk menghidrasi bibir, seperti lip balm atau lip mask. Produk lip balm dan lip mask dapat digunakan setiap hari untuk merawat bibir kering. Penggunaan lip balm bisa diaplikasikan saat kamu hendak menggunakan lipstik, atau setelah menghapus lipstik dengan micellar water. Gunakan lip care yang memiliki kandungan SPF untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari. Sedangan produk lip mask bisa digunakan setiap malam hari saat tidur.

3. Mengubah Gaya Hidup

Urutan yang terakhir, yaitu dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A dan vitamin C. Perbanyaklah mengonsumsi air putih, untuk mencegah dehidrasi yang menyebabkan lapisan bibir menjadi kering. Minumlah air putih minimal 8 gelas dalam sehari atau 2 liter sehari. Hindari kebiasaan meminum alkohol, merokok, membersihkan bibir dengan micellar water dan terlalu sering menggunakan produk lipstik yang matte. Kalau ingin membersihkan lipstik, gunakan cleansing oil atau cleansing balm untuk menjaga kelembapan bibir.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading