Sukses

Beauty

7 Urutan Makeup untuk Kulit Wajah Berjerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan. Tak hanya diusia remaja saja, jerawat juga bisa muncul di segala usia. Karena ada banyak faktor yang memicu munculnya jerawat di kulit wajah.

Memiliki wajah berjerawat, membuat perempuan merasa insecure. Jerawat juga akan membuat seseorang susah menggunakan makeup. Karena ada beberapa produk makeup yang tidak disarankan untuk digunakan kulit berjerawat.

Seseorang yang memiliki kulit berjerawat, cenderung akan memiliki kulit yang berminyak dan berkomedo. Minyak berlebih pada wajah ini yang membuat makeup menjadi mudah luntur dan tidak bisa menempel. Berikut urutan makeup untuk kulit wajah berjerawat:

Kandungan Makeup yang Bisa Digunakan Kulit Berjerawat

Produksi minyak di kulit wajah yang berlebihan, bisa membuat kulit wajah menjadi lebih berminyak. Minyak yang berlebihan bisa menyumbat pori-pori, memicu munculnya komedo dan membuat kulit menjadi berjerawat. Pemilik kulit berjerawat tidak boleh sembarangan dalam memilih kandungan pada produk makeup.

Salah memilih kandungan di dalam makeup, bisa memicu munculnya jerawat baru, menyebabkan peradangan dan mengiritasi lapisan kulit wajah. Kandungan makeup yang aman digunakan oleh kulit berjerawat adalah kandungan yang bersifat antibakterial seperti salicylic acid, zinc, kaolin dan clay. Selain itu, gunakan produk makeup yang mengandung non comedogenic dan oil free.

Untuk mencegah timbulnya jerawat di kulit, hindari penggunaan makeup yang memiliki kandungan parfum atau alkohol, serta hindari terlalu sering mengganti produk makeup dalam jangka waktu singkat. Kurangi mengonsumsi makanan yang berlemak dan mengandung gula tambahan agar tidak menyebabkan jerawat. Jangan lupa juga untuk rajin membersihkan makeup.

Urutan Makeup untuk Wajah Berjerawat

1. Gunakan Skincare

Pemilik kulit berjerawat tidak boleh salah pilih produk makeup, agar tidak memicu munculnya jerawat baru di kulit. Untuk melindungi kulit yang jerawatan, gunakan skincare yang dikhususkan untuk kulit jerawat dan gunakan tabir surya. Produk skincare bisa membantu memperkuat lapisan kulit, membuat kulit tetap lembap dan membuat makeup menempel lebih lama.

2. Gunakan Cushion atau BB Cream

Ada baiknya saat kulit sedang berjerawat hindari penggunaan foundation. Karena kandungannya terlalu berat untuk kulit jerawat. Sebagai pengganti foundation, gunakan cushion atau BB cream yang teksturnya watery dan semi-matte.

3. Gunakan Bedak Tabur

Karena kulit berjerawat adalah kulit yang berminyak, gunakan bedak tabur yang mengandung salicylic acid dan non comedogenic. Karena memiliki manfaat untuk membantu mengontrol produksi minyak dan mempercepat keringnya jerawat. Produk ini akan sangat aman untuk kulit jerawat.

 

Urutan Makeup untuk Wajah Berjerawat

4. Hindari Blush On dan Highlighter

Penggunaan blush on dan highlighter berfungsi untuk membuat kulit wajah lebih merona dan bercahaya. Kedua produk ini harus dihindari pemilik kulit yang berjerawat. Karena produk ini bisa membuat jerawatmu terlihat lebih jelas.

5. Gunakan Eye Makeup Natural

Agar penampilanmu terlihat lebih alami, gunakan warna eye makeup yang natural seperti cokelat, pink atau peach. Warna-warna ini membuat wajahmu tampak lebih cerah dan segar. Jangan lupa untuk menggunakan alis, maskara dan eyeliner untuk mempertegas riasan mata.

6. Gunakan Lipstik

Lipstik adalah produk makeup yang tidak boleh dilupakan. Karena lipstik bisa membuat riasanmu lebih berwarna dan tidak pucat. Gunakan lipstik yang glossy untuk membuat kesan bibir lebih sehat, atau gunakan teknik ombre lips untuk membuat bibir lebih segar.

7. Gunakan Setting Spray

Urutan yang terakhir adalah menggunakan setting spray. Produk ini berfungsi untuk mengunci riasanmu agar tidak mudah luntur. Gunakan setting spray yang tidak memiliki kandungan alkohol dan parfum.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading