Sukses

Beauty

10 Cara Membuat Kulit Wajah Glowing Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Kulit glowing alami menjadi indikator utama kulit sehat. Sayangnya banyak faktor gaya hidup yang bisa mempengaruhi kesehatan kulit seperti stres, kurang tidur, pola makan, polusi, sampai merokok dan minum alkohol.

Namun, kita pasti bisa mencegahnya agar glowing alami kulit kita tetap terjaga. Ya, meski kita tidak bisa mempertahankan laju usia, namun kita bisa memperlambat menghilangnya cahaya dan kilau dari wajah kita.

Dari sekian banyak produk skincare yang ada di pasaran, kita juga bisa mencoba alternatif alami. Berikut ini beberapa treatment rumahan untuk mendapatkan kulit glowing bercahaya yang bisa kita ikuti melansir dari stylecraze.com;

1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Yang bisa menghilangkan radikan bebas berbahaya yang merusak kulit serta meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit kenyal dan bercahaya. 

Kita bisa membuatnya menjadi masker. Yang dibutuhkan adalah 1/2 sampai 1 sendok teh bubuk kunyit campurkan dengan 4 sendok makan tepung kacang arab dengan susu atau air hingga membentuk pasta. 

Oleskan masker ke wajah dan leher lalu biarkan selama 15-20 menit. Lakukan perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu.

2. Minyak kelapa

Ramuan ini bekerja paling baik untuk mengatasi kulit kering dan kusam. Sebab minyak kelapa mengunci kelembapan di kulit serta menurtrisi dengan kandungan asam lemak esensialnya. 

Minyak kelapa juga melindungi kulit kita dari radiasi UV dan meningkatkan fungsi pelindung kulit. Yang semua manaatnya bisa membuat kulit kita glowing. 

Cara mengaplikasikannya pada kulit adalah hangatkan minyak kelapa murni lalu oleskan ke wajah dan leher. Pijat selama beberapa menit dengan gerakan memutar yang lembut dan biarkan semalaman.

Kita bisa menambahkan sedikit gula ke dalam minyak dan menggunakannya sebagai scrub untuk mengelupas kulit sekali seminggu. Untuk hasil efektif, gunakan minyak kelapa setiap malam sebelum tidur.

3. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki khasiat menutrisi dan menyembuhkan serta meremajakan kulit untuk memberikan glowing alami. Untuk mendapatkan khasiatnya, campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya, sejumput kunyit, 1 sendok teh madu, dan 1 sendok teh susu.

Oleskan ramuan tersebut pada wajah dan leher secara merata dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan, lakukan treatment ini 1-2 kali seminggu.

4. Baking soda  

Soda kue atau baking soda mengelupas sel kulit mati dan menetralkan pH kulit. Soda kue juga punya sifat antibakteri yang dapat membantu mencegah infeksi. 

Cara membuatnya campurkan 1 sendok teh soda kue, 1 sendok teh minyak zaitun extra virgin, dan 1/2 sendok teh madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan leher yang lembap dengan gerakan memutar dan biarkan selama 10 menit. 

Bilas dengan air dingin dan keringkan. Oleskan ramuan ini seminggu sekali dengan catatan lakukan uji tempel sebelum mencoba pengobatan ini, karena soda kue dapat membuat kulit iritasi.

 

5. Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang mencerahkan dan membuat kulit bercahaya. Dibantu dengan butiran gula yang memberikan efek pengelupasan untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

Campurkan 2 sendok teh jus lemon dan 2 sendok teh gula pasir. Setelahnya oleskan ke wajah dan gosok dengan gerakan memutar lalu biarkan selama 10 menit.

Bilas dengan air hangat untuk melihat kulit glowing alami kita. Lakukan ini 2 minggu sekali dengan catatan efek samping membuat kulit sensitif. Jadi pastikan menggunakan tabir surya jika kita ingin keluar.

6. Pepaya

Pepaya matang mengandung papain, enzim yang berguna sebagai exfoliator ringan dan berfungsi secara lembut menghilangkan lapisan sel kulit mati di wajah untuk membuat kulit bercahaya dan tampak lebih muda. Tambahkan 1 sendok teh tanah Fuller dan 1 sendok teh madu pada beberapa potong buah pepaya untuk mendapatkan ramuan seperti pasta.

Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Lakukan sekali setiap minggu.

 

7. Mentimun

Mentimun mendinginkan kulit serta meremajakan kulit kusam dengan kandungan antioksidannya. Mentimun juga berkhasiat meningkatkan warna kulit dan mengurangi pembengkakan.

Untuk membuat ramuannya parut 1 mentimun kecil dan 2-3 sendok makan yogurt lalu aduk sampai merata. Oleksna ke leher dan wajah selama lima menit sampai kering dan bersihkan dengan air dingin. Bisa diaplikasikan setiap 3-4 hari sekali.

 

8. Madu

Madu punya efek menenangkan dan melembapkan kulit. Yang juga memperlambat pembentukan kerutan serta membuat tampak awet muda.

Yang harus kita lakukan adalah mengoleskan madu secara merata pada kulit yang bersih dan lembap. Pijat selama beberapa menit dan biarkan selama lima menit. Cuci madu dengan air hangat dan ulangi setiap dua hari sekali.

 

9. Ubtan

Perawatan wajah dengan ubtan telah diwariskan dari generasi ke generasi. Biji lentil, beras, oatmeal akan menghilangkan kotoran dan sel-sel mati dari kulit. 

Cara membuatnya adalah haluskan 1 cangkit kacang lentil merah, 1/4 cangkir beras mentah, dan 8-9 kacang almond. Tambahkan 1/2 cangkit oatmeal dan sejumput bubuk kunyit ke dalam campuran tersebut sampai merata dan tambahkan air atau air mawar untuk menghaluskan pasta.

Oleskan pasta secara merata pada wajah dan leher atau bisa juga mengaplikasikannya ke seluruh tubuh. Biarkan mengering dan cuci dengan air biasa, gunakan ubtan sekali dalam 7-10 hari.

 

10. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah pelembap yang baik dan memberi kilau alami pada kulit. Flavonoid dan polifenol yang ada di dalamnya melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah kerusakan serta memperbaiki dan membuat kulit sehat bercahaya.

Cara memakainya adalah teteskan minyak zaitun di ujung jari dan oleskan ke seluruh wajah dan kulit leher. Pijat dengan gerakan melingkar ke atas selama dua hingga tiga menit, terutama bagian pipi, hidung, dan dahi. 

Celupkan handuk ke dalam air hangat, peras, dan letakkan di wajah selama 30-40 detik. Celupkan kembali handuk dalam air hangat dan seka minyak dengan lembut. 

Tepuk-tepuk kulit hingga kering dengan handuk kering. Kita bisa melakukan hal ini setiap malam sebelum tidur.

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading