Khasiat Minyak Peppermint untuk Merangsang Pertumbuhan Rambut Lebih Cepat

Vinsensia Dianawanti25 Jan 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 25 Jan 2021, 07:30 WIB
Ilustrasi Daun Peppermint

Fimela.com, Jakarta Peppermint mudah ditemukan pada permen karet atau pasta gigi. Umummnya peppermint digunakan sebagai pereda sakit perut. Namun ternyata peppermint juga memiliki manfaat dalam merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Sehingga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang mengalami rambut rontok.

Peppermint sebenarnya adalah ramuan aromatik dalam keluarga mint. Minyak peppermint diekstraksi dari daun tanaman peppermint dan digunakan dengan berbagai cara. Ia sangat terkenal dengan rasa, bau, dan sensasi sejuk dari senyawa mentol.

Sebuah penelitian di Korea pada 2014 menunjukkan bahwa minyak peppermint menyebabkan lebih banyak pertumbuhan rambut. Ia juga dapat membersihkan dan menyeimbangkan produksi sebum di kulit kepala tanpa membuatnya menjadi kering.

 

Jangan digunakan secara murni

ilustrasi peppermint bisa membantu merawat rambut/pexels
ilustrasi peppermint bisa membantu merawat rambut/pexels

Namun perlu diperhatikan saat menggunakan minyak peppermint pada rambut. Ia bisa menjadi sangat keras dan menyebabkan sensasi terbakar bila digunakan secara murni. Kamu bisa mencampurkannya dengan minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak alpukat.

Rambut kita pada dasarnya membutuhkan minyak untuk tetap sehat dan kuat. Minyak alami mengandung vitamin, asam lemak, dan antioksidan yang membantu memperkuat, melembapkan, dan menutrisi rambut.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓