3 Cara Mudah dan Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat

Anisha Saktian Putri21 Jan 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 21 Jan 2021, 13:00 WIB
Jerawat/mlg

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak pernah berurusan dengan jerawat.  Setelah berjuang menangani jerawat, ada satu masalah lagi yang munculnya yaitu menghilangkan bekasnya.

Bekas luka tentu sangat mengganggu, dan yang menyedihkannya membutuhkan waktu lama untuk menghilangkannya. Tapi tak perlu khawatir, di bawah ini langkah-langkah  mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat.

1.  Jangan lewatkan menggunakan tabir surya

Melansir timesofindia.com, paparan sinar matahari membuat bekas jerawat bisa membandel. Oleh karenanya, pastikan menerapkan SPF untuk menghindari noda permanen.  Bekas luka baru rentan terhadap lebih banyak kerusakan akibat sinar matahari. 

Tanpa perlindungan matahari, warna bekas luka dapat dengan mudah berubah menjadi coklat dari tanda merah atau coklat muda.

2. Pilih produk yang sesuai dengan kulit 

Efektif Mengatasi Jerawat
Ilustrasi Masalah Jerawat Pada Kulit Wajah Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Cari produk perawatan kulit dengan AHA (alpha hydroxy acid), glycolic acid, BHA (beta hydroxy acid) dan asam salisilat.  Dari pembersih hingga eksfoliator, penggunaan rutin bahan-bahan ini akan membantu meremajakan kulit  dan memudarkan bekas luka yang membandel.

Konsumsi vitamin c dalam jumlah banyakAsam askorbat, Vitamin C melakukan keajaiban untuk meningkatkan kejernihan kulit.  Ini membantu melawan radikal bebas dan memudarkan bintik-bintik berpigmen pada kulit. Dapat mencari serum terkonsentrasi tinggi atau bahkan mencoba membuat serum Vitamin C sendiri di rumah.

3. Kunjungi dokter kulit

Jika mengalami bekas jerawat yang sulit hilang  dan tidak perawatan wajah tidak ada yang berhasil, konsultasikan dengan dokter kulit.  Ada banyak perawatan seperti Intense Pulsed Light (IPL), mikrodermabrasi hingga chemical peeling yang telah berhasil menghilangkan bekas luka.  Bergantung pada intensitas bekas luka,  dapat memilih perawatan dan menghilangkan bekas luka.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓