Sukses

Beauty

5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Merawat Wajah, Agar Terhindar Dari Tanda Penuaan Dini

Fimela.com, Jakarta Jeruk nipis atau yang memiliki nama lain citrus aurantiifolia, merupakan jenis jeruk yang diperkaya dengan kandungan vitamin C dan antioksidan. Jeruk nipis ini tubuh di Asia dan Amerika Tengah, dengan pohon yang tingginya mencapai 3 hingga 6 meter. Jeruk nipis bisa dijadikan minuman yang menyehatkan dan bisa untuk skincare.

Selain vitamin C, jeruk nipis memiliki kandungan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng dan asam sitrat. Kandungan ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan manfaat jeruk nipis bisa berguna untuk merawat wajah.

Merawat wajah dengan jeruk nipis, bisa dilakukan dengan menggunakan jeruk nipis sebagai masker wajah. Masker jeruk nipis ini yang membantu merawat kulit wajah agar terhindar dari tanda-tanda penuaan dini. Berikut manfaat jeruk nipis untuk merawat wajah:

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

1. Mencerahkan Wajah

Menggunakan jeruk nipis sebagai masker wajah, bisa membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam. Karena jeruk nipis diperkaya dengan vitamin C dan mineral, yang menghampat hiperpigmentasi pada kulit. Kandungan jeruk nipis bersifat anti-iritasi dan anti-inflamasi

2. Mencegah Penuaan Dini

Kulit yang mengalami tanda-tanda penuaan dini, biasanya disebabkan karena faktor usia, terlalu sering terpapar debu atau polusi, dan menjalankan pola hidup yang kurang sehat. Kandungan di dalam jeruk nipis, bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini dan membantu meremajakan kulit. Karena jeruk nipis diperkaya dengan antioksidan.

3. Menyembuhkan Jerawat

Jeruk nipis memiliki kandungan yang bersifat sebagai anti inflamasi. Kandungan ini membantu mencegah munculnya jerawat baru, mengeringkan jerawat, dan meredakan peradangan pada area jerawat. Bahkan jeruk nipis mampu menyamarkan bekas jerawat.

4. Membersihkan Pori-Pori

Manfaat jeruk nipis yang selanjutnya, bisa membantu membersihkan pori-pori agar tidak memicu munculnya komedo di kulit wajah. Karena jeruk nipis memiliki kandungan yang bisa mengontrol produksi minyak di kulit. Jeruk nipis juga membantu membersihkan kotoran yang menyumbat di dalam pori-pori.

5. Menghidrasi Kulit

Jeruk nipis bisa digunakan untuk menghidrasi kulit wajah. Karena kandungan di dalam jeruk nipis dapat meningkatkan kadar kolagen di kulit. Hingga membantu menjaga keseimbangan cairan yang ada di kulit wajah.

Cara Membuat Masker Jeruk Nipis

1. Masker Jeruk Nipis

Untuk merawat kulit wajah, kamu bisa memotong jeruk nipis menjadi dua bagian. Kemudian gosokkan secara pelan-pelan ke area kulit wajah, lakukan selama beberapa menit dan bilas dengan air yang dingin. Cara ini boleh dilakukan setiap seminggu sekali, untuk membantu mengangkat sel kulit mati di kulit wajah.

2. Masker Jeruk Nipis dan Putih Telur

Air perasan jeruk nipis dapat dicampurkan dengan putih telur, lalu aplikasikan secara merata ke seluruh wajah, dan lakukan secara rutin seminggu sekali. Kombinasi ini bisa digunakan untuk membantu mencerahkan wajah dan membuat kulit lebih kenyal.

3. Masker Jeruk Nipis dan Madu

Madu adalah bahan alami yang cocok dikombinasikan dengan air perasan jeruk nipis, yang bisa membantu mengatasi kulit berjerawat dan mengontrol minyak berlebih. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan 1 sendok makan madu, lalu aplikasikan pada area kulit wajah dan bilas dengan air bersih.

4. Masker Jeruk Nipis dan Tomat

Jeruk nipis juga bisa dicampurkan dengan tomat, untuk membantu meremajakan kulit, mencerahkan wajah dan mengurangi peradangan pada kulit wajah. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan potongan tomat, kemudian diampkan di kulit wajah selama 20menit, lalu gosok pelan-pelan dan bilas dengan air bersih.

5. Masker Jeruk Nipis dan Susu

Kalau kamu memiliki flek hitam di kulit, gunakan masker jeruk nipis yang dicampur dengan susu. Kombinasi ini bisa membuat kulit wajahmu tampak cerah dan menyamarkan flek hitam. Caranya dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan 5 sendok makan susu bubuk, aplikasikan ke seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 20menit dan bilas dengan air bersih.

Efek Samping Terlalu Sering Menggunakan Masker Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Tetapi masker jeruk nipis ini tidak boleh digunakan terlalu sering. Karena bisa menyebabkan kulit wajah menjadi iritasi dan mengalami over eksfoliasi.

Terlalu sering menggunakan jeruk nipis sebagai masker, juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering, terasa perih, gatal dan mudah mengelupas. Sehingga gunakan masker jeruk nipis setiap seminggu sekali saja, untuk menghindari efek samping yang mengiritasi kulit wajah. Ada baiknya untuk menggunakan sunscreen di pagi hari, setelah melakukan perawatan wajah di malam hari dengan jeruk nipis.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading