Sukses

Beauty

3 Cara Menggunakan Masker Lidah Buaya untuk Rambut Kusam dan Kering

Fimela.com, Jakarta Lidah buaya adalah tanaman herbal yang sangat populer di dunia kecantikan maupun kesehatan. Lidah buaya adalah tumbuhan yang memiliki ciri-ciri daun dengan daging yang tebal. Tumbuhan ini memiliki sifat yang menahun, dan dapat tumbuh di iklim tropis, kering dan semi tropis.

Lidah buaya berasal dari Jazirah Arab dan tumbuh di negara Indonesia. Tumbuhan ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B12, asam amino esensial, asam lemak, mineral dan zinc. Kandungan tersebut bermanfaat untuk kecantikan maupun kesehatan.

Lidah buaya dapat dikonsumsi secara langsung, dan bisa diolah menjadi masker wajah maupun masker rambut. Pemilik rambut kusam dan kering, bisa menggunakan masker lidah buaya untuk perawatan rambut. Berikut cara menggunakan masker dan manfaat lidah buaya untuk rambut:

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

1. Mengurangi Gatal di Kulit Kepala

Kulit kepala yang terasa gatal, biasanya disebabkan karena kulit kepala kering, yang memicu munculnya ketombe di rambut. Kondisi ini juga bisa disebut dengan dermatitis seboroik, yang merupakan kondisi kulit kepala meradang dan mengelupas. Kandungan lidah buaya ini, bisa membantu mencegah peradangan di kulit kepala dan mengurangi rasa gatal.

2. Memperbaiki Kerusakan Rambut

Rambut rusak bisa disebabkan karena terlalu sering menggunakan pengering rambut, menggunakan bahan kimia dan terpapar sinar matahari. Kerusakan rambut ditandai dengan munculnya cabang di rambut dan tekstur rambut yang kasar. Kandungan kolagen dan antioksidan di dalam lidah buaya, bisa membantu memperbaiki kerusakan rambut, dengan melembapkan rambut yang kering.

3. Mengontrol Minyak

Produksi minyak di rambut yang berlebih, bisa menyebabkan rambut menjadi lepek, gatal dan berketombe. Menggunakan lidah buaya sebagai masker rambut, bisa membantu mengontrol produksi minyak di rambut, mencegah rambut lepek dan membantu melembutkan rambut.

4. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut yang rontok bisa menyebabkan kebotakan. Lidah buaya diperkaya dengan kandungan vitamin dan antioksidan, yang bisa membantu memperkuat helai rambut. Sehingga rambut tidak mudah rontok dan patah.

5. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Selain membantu memperkuat helai rambut, agar tidak mudah patah dan rontok, masker lidah buaya juga bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Masker lidah buaya ini sangat dicocok untuk usia lebih lanjut. Sehingga terhindar dari kebotakan rambut.

Manfaat Lidah Buaya yang Lainnya

Selain membantu menjaga kecantikan rambut, gel dari lidah buaya bisa diolah menjadi masker wajah. Lidah buaya bisa membantu menjaga kecantikan kulit wajah dan mengatasi berbagai masalah kulit. Banyak sekali produk kecantikan yang memiliki kandungan lidah buaya.

Manfaat lidah buaya untuk kulit wajah adalah membantu mencegah tanda penuaan dini pada kulit. Kandungan lidah biaya ini dapat membantu menyamarkan noda hitam, mencerahkan kulit wajah, menenangkan kulit yang iritasi dan menyembuhkan luka bakar. Bahkan lidah buaya bisa membantu mengatasi iritasi akibat jerawat.

Tak hanya dijadikan masker saja. Lidah buaya bisa dikonsumsi secara langsung, yang bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, mengurangi peradangan gusi, mencegah asam lambung, mengontrol kadar gula darah dan lain sebagainya. Lidah buaya juga dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Cara Membuat Masker Lidah Buaya

1. Masker Lidah Buaya

Untuk mengatasi rambut rontok, kamu bisa menggunakan getah atau gel lidah buaya sebagai masker rambut. Caranya dengan mengaplikasikan gel lidah buaya ke rambut yang sudah dibasahi. Usapkan dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan metode ini secara rutin setiap seminggu 3 kali.

2. Masker Lidah Buaya dan Santan

Kombinasi lidah buaya dengan santan, bisa membantu menutrisi rambut dari akar hingga ujung kepala, untuk membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Blender lidah buaya dengan santan, lalu oleskan masker ini ke rambut yang setengah basah, tutup rambut dan diamkan selama 30 menit dan bilas dengan sampo. Ulangi cara ini setiap seminggu dua kali.

3. Masker Lidah Buaya dengan Yogurt

Perpaduan lidah buaya dengan yogurt, bisa membantu melembapkan rambut dan membuat rambut tampak berkilau secara alami. Caranya dengan mencampurkan lidah buaya dengan yogurt, lalu pijat-pijat rambut dan diamkan selama 20menit. Kemudian bilas rambut hingga bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading