5 Rekomendasi Sampo Anti Ketombe Dibawah 30ribuan dan Kenali Penyebab Munculnya Ketombe di Rambut

Kezia Prasetya Christvidya22 Jan 2021, 09:50 WIB
Diperbarui 22 Jan 2021, 09:50 WIB
hair-kezo

Fimela.com, Jakarta Setelah sehabis keramas tetapi kulit kepala terasa gatal dan kering, bisa saja kamu mengalami masalah rambut berketombe. Tentu saja ketombe bisa mengganggu penampilan, karena muncul serpihan kulit berwarna putih dan kuning yang terlihat di rambut.

Ketombe ini disebabkan karena salah memilih produk sampo, memiliki alergi, kurang bersih saat keramas dan masih banyak lagi penyebabnya.

Ada beberapa produk sampo yang bisa digunakan, untuk membantu menghilangkan ketombe. Berikut rekomendasi sampo anti ketombe dengan harga dibawah 30ribuan, dan beberapa penyebab ketombe, dilansir dari berbagai sumber:

 

Penyebab Ketombe

[Fimela] ketombe
ilustrasi kulit kepala berketombe | pexels.com/@bennielbester

Ketombe adalah masalah rambut yang sering dialami oleh perempuan atau laki-laki. Munculnya ketombe di rambut ditandai dengan ditemukannya serpihan kulit kepala yang kering, berwarna putih keabu-abuan atau kekuningan. Berikut beberapa penyebab ketombe:

Dermatitis Seboroik

Penyebab paling utama ketombe adalah dermatitis seboroik, yang merupakan peradangan pada kulit kepala, yang menyebabkan kulit kepala kering, kemerahan dan mengakibatkan munculnya ketombe.

Tidak Bersih Saat Mencuci Rambut

Munculnya ketombe juga bisa disebabkan karena kurang bersih saat membilas sampo, atau karena terlalu jarang mencuci rambut, sehingga menyebabkan penumpukan kotoran dan sel kulit mati di rambut yang mengakibatkan ketombe.

Malassezia sp

Ketombe di rambut juga bisa disebabkan karena adanya malassezia sp, yang merupakan salah satu jamur hidupnya di kulit kepala. Jamur ini bisa tumbuh di kulit kepala, saat kondisi kulit kepala sangat lembap, lalu kulit mengalami peradangan dan membuat kulit menjadi bersisik, sehingga menyebabkan ketombe.

Kulit Kering

Kondisi kulit kepala kering, bisa menyebabkan munculnya ketombe di rambut, karena sel kulit mati di kulit kepala mengelupas akibat peradangan dan gatal.

Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah penyebab ketombe, yang disebabkan karena kulit kepala terlalu sensitif, dan tidak cocok dengan kandungan beberapa produk perawatan rambut.

 

 

Cara Memilih Sampo Anti Ketombe

ilustrasi sampo anti ketombe/Tim Mossholder/unsplash
ilustrasi sampo anti ketombe/Tim Mossholder/unsplash

Beberapa produk sampo memiliki kandungan yang bisa menghilangkan ketombe. Namun ada juga kandungan yang justru akan memicu munculnya ketombe, peradangan di kulit kepala dan mengakibatkan masalah rambut lainnya.

Untuk mengatasi ketombe di kulit kepala dan rambut, kamu bisa menggunakan sampo yang memiliki kandungan amino acid, piroctone olamine salicylate, glycyrrhizic acid, ketoconazole, cyclopirox dan pyrithione, yang bisa melawan jamur dan penyebab ketombe lainnya.

Hindari penggunaan sampo yang mengandung alkohol, parfum, silikon dan kadar detergen yang tinggi. Karena bisa menyebabkan iritasi kulit dan menimbulkan ketombe.

Rekomendasi Sampo Anti Ketombe

ilustrasi sampo anti ketombe/Mathilde Langevin/pexels
ilustrasi sampo anti ketombe/Mathilde Langevin/pexels

Agar tidak bingung dalam memilih sampo anti ketombe, kamu bisa menggunakan beberapa produk sampo rekomendasi dari Fimela, yang harganya sangat ekonomis dan dibawah 30ribuan. Berikut rekomendasi sampo anti ketombe:

Head & Shoulders Menthol Dingin

Rekomendasi sampo yang pertama adalah Head & Shoulders Menthol Dingin, yang dijual dengan harga sekitar Rp 30ribuan, yang memiliki kandungan asam amino. Kandungan mentol yang terdapat di dalam sampo ini, bisa membuat kulit kepala dingin dan aman digunakan untuk kulit berminyak.

Sunsilk Hijab Recharge Refresh & Anti Dandruff Shampoo

Bagi pengguna hijab, sering kali mengalami masalah ketombe karena kulit kepala lembap. Untuk mencegah ketombe, gunakan sampo Sunsilk Hijab Recharge Refresh & Anti Dandruff Shampoo, yang diperkaya dengan kandungan ZPTO (zinc pyrithione), untuk mencegah perkembangan jamur di kulit kepala. Sampo ini dijual dengan harga sekitar Rp 20ribu.

TRESemme Scalp Care Shampoo

Rekomendasi sampo anti ketombe yang selanjutnya yaitu TRESemme Scalp Care Shampoo, yang diperkaya dengan vitamin E dan antioksidan. Sehingga membuat rambut tetap sehat, berkilau dan lembut. Sampo ini termasuk dalam sampo medicated yang bisa membasmi jamur. Harga sampo ini sekitar Rp 26ribu.

Pantene Shampo Anti Dandruff

Pro-vitamin dan asam amino yang terdapat di dalam produk Pantene Shampo Anti Dandruff, sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya ketombe di kulit kepala. Sampo yang dijual dengan harga sekitar Rp 25ribu ini juga bisa digunakan untuk mencegah rambut rontok.

Dove Dandruff Care Shampoo

Rekomendasi sampo yang terakhir adalah Dove Dandruff Care Shampoo, yang diperkaya dengan kandungan zinc pyrithione dan micro moisture serum, yang membuat rambut bebas ketombe dan tetap lembut. Sampo ini dijual dengan harga sekitar Rp 15ribu.

Lanjutkan Membaca ↓