7 Cara Mendapatkan dan Mempertahankan Kulit Wajah Glowing

Annissa Wulan25 Jan 2021, 14:30 WIB
Diperbarui 25 Jan 2021, 14:30 WIB
7 Cara Mendapatkan dan Mempertahankan Kulit Wajah Glowing

Fimela.com, Jakarta Ciri utama dari kulit wajah sehat adalah kilau alaminya atau kulit wajah glowing. Sayangnya, beberapa faktor, seperti kurang tidur, stres, usia, dan apa yang kamu makan dapat memengaruhi kondisi kulit.

Dilansir dari goodhousekeeping.com, berikut ini adalah beberapa cara mendapatkan dan mempertahankan kulit wajah glowing. Penasaran?

1. Membersihkan secara teratur

Kunci untuk membuat kulit wajah glowing adalah rutin membersihkan permukaan wajah untuk membuang kotoran, minnyak, dan partikel polusi secara menyeluruh, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit kusam. Cuci wajah di pagi dan malam hari dengan memijat produk pembersih dengan jari dalam gerakan melingkar, dari arah dalam ke luar.

2. Eksfoliasi kulit

Salah satu cara terbaik untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan kilau, baik secara langsung, maupun jangka panjang adalah dengan eksfoliasi. Proses ini menghilangkan lapisan luar sel kulit mati, sehingga permukaannya lebih halus dan cerah.

Eksfoliasi fisik, seperti scrub wajah sebaiknya dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu atau eksfoliasi kimiawi yanng sebaiknya dilakukan seminggu sekali. Untuk mempertahankan kelembapan, lapisi kulit dengan pelembap setelah selesai eksfoliasi.

3. Mencari bahan perawatan kulit yang mencerahkan

Produk perawatan kulit topikal, seperti serum dan pelembap, perhatikan klaim yang ada pada kemasannya, seperti 'mencerahkan.' Produk ini biasanya mengandung vitamin C, jenis antioksidan yang mencerahkan kulit dengan memblokir enzim yang menghasilkan pigmen. Atau niacinamide yang berfungsi memperlambat produksi pigmen untuk mencerahkan bintik-bintik hitam, membuat kulit wajah glowing.

 

 

4. Menghidrasi kulit

7 Cara Mendapatkan dan Mempertahankan Kulit Wajah Glowing
Ilustrasi/Ini dia beberapa cara mendapatkan dan mempertahankan kulit wajah glowing/copyright shutterstock

Kurangnya hidrasi membuat kulit tampak kusam dan bahkan memunculkan kerutan. Oleskan pelembap topikal di pagi dan sore hari untuk menghidrasi kulit.

Menurut pengujian, lotion dan krim wajah umumnya lebih menghidrasi daripada minyak, serum, dan formula lainnya. Ini adalah emulsi yang membawa bahan-bahan pelembap ke lapisan atas kulit untuk membantu menahan kelembapan.

5. Gunakan lotion berkilau

Kamu juga bisa mendapatkan kilau pada kulit secara instan. Kategori baru ini sering disebut glotions yang menggabungkann manfaat pelembap yang menghidrasi dengan efek highlighter untuk meningkatkan kilau wajah.

Formulanya mengandung bahan-bahan humektan, seperti gliserin dan asam hialuronat yang menarik kelembapan ke dalam kulit unuk membuatnya tampak kenyal dan halus. Untuk mengaplikasikannya, lakukan sebelum kamu menggunakan makeup, di beberapa area wajah, seperti bagian atas tulang pipi dan di bawah lengkungan alis.

6. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan

7 Cara Mendapatkan dan Mempertahankan Kulit Wajah Glowing
Ilustrasi/Ini dia beberapa cara mendapatkan dan mempertahankan kulit wajah glowing | pexels.com/@olly

Coba konsumsi anggur, berry, dan kacang-kacangan yang kaya akan polifenol, seperti asam ellagic dan resveratol. Penelitian telah mengaitkan jenis antioksidan di atas ampuh untuk melawan radikal bebas, dan dapat membantu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV, seperti hiperpigmentasi.

7. Ketahui kapan harus menghubungi dokter kulit

Untuk mengatasi masalah kulit yang membandel, sebaiknya kamu menghubungi dokter kulit bersertifikat. Dokter kulit dapat merekomendasikan pilihan terbaik untukmu, mencakup produk topikal berdasarkan resep dan perawatan kulit profesional.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓