9 Manfaat Lemon untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kezia Prasetya Christvidya25 Jan 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 25 Jan 2021, 16:45 WIB
lemon-kezo

Fimela.com, Jakarta Lemon adalah buah yang terkenal dengan rasa asamnya, tetapi memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Buah lemon ini juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

Lemon memiliki kandungan yang kaya akan vitamin B5, vitamin B3, vitamin B1, vitamin C dan antioksidan. Bahkan di dalam lemon juga mengandung kalsium, asam folat, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan masih banyak lagi.

Selain bisa dikonsumsi, buah lemon juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk membuat masker, yang digunakan untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Berikut manfaat lemon untuk kesehatan yang jarang diketahui, dilansir dari Liputan6.com:

Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan

ilustrasi manfaat lemon/Joshua Resnick/shutterstock
ilustrasi manfaat lemon/Joshua Resnick/shutterstock

Menstabilkan Berat Badan

Beberapa ahli dalam dunia kesehatan, meyakini bahwa buah lemon memiliki manfaat untuk membantu melancarkan program diet, agar berat badan selalu stabil, karena kandungan di dalam buah lemon mampu menghancurkan lemak dan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang bisa merenggut nyawa seseorang. Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalam buah lemon, bisa membantu melancarkan aliran darah dan mencegah penumpukkan plak penyebab sakit jantung.

Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan disebabkan karena infeksi virus, yang menyebabkan pembengkakak di area tenggorokan. Mengonsumsi air jeruk nipis hangat secara rutin, bisa membantu membunuh virus yang ada di tenggorokan.

Membantu Fungsi Hati

Hati memiliki fungsi untuk membantu mendetoksifikasi tubuh. Kandungan zat pektin yang ada di dalam buah lemon, bisa membantu mengelmusi minyak. Sedangkan kandungan kolin membantu melancarkan proses detoksifikasi hati.

Menghilangkan Stres

Dengan mencium aroma buah lemon, bisa membantu menghilangkan stres dan meningkatkan mood. Sehingga banyak mengolah lemon menjadi minyak esensial sebagai pengharum ruangan.

Manfaat Lemon yang Lainnya

ilustrasi manfaat lemon/Alexeysun/shutterstock
ilustrasi manfaat lemon/Alexeysun/shutterstock

Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan. Kamu bisa menggunakan air perasan jeruk nipis, sebagai bahan alami untuk membuat masker wajah, untuk mengeringkan jerawat, meredakan peradangan jerawat dan membantu menghilangkan bekas jerawat.

Mencerahkan Wajah

Kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari, biasanya akan mengalami hiperpigmentasi dan menjadi kusam. Kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis, bisa membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam akibat paparan sinar matahari.

Mencegah Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan dini biasanya muncul pada orang yang memasuki usia 20an keatas. Kulit yang mengalami penuaan dini ditandai dengan keriput, munculnya flek hitam dan kantong mata. Antioksidan dan vitamin C bisa membantu melawan radikal bebas, yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Menjaga Kesehatan Mulut

Menggunakan air perasan lemon untuk berkumur, bisa membantu menghilangkan kuman yang ada di dalam mulut, agar tidak mudah sariawan, mencegah gusi berdarah dan menyegarkan bau mulut.

Resep Tuna Saos Lemon

ilustrasi manfaat lemon/Jag_cz/shutterstock
ilustrasi manfaat lemon/Jag_cz/shutterstock

Bahan:

  • 250 gram tuna cuci dengan perasan jeruk.

Bahan tepung:

  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdm tepung maizena
  • 4 sdm tepung beras

Bahan saus lemon:

  • 2 biji lemon air perasan
  • 2 siung Bawang putih
  • 1/2 bombay iris tipis
  • 1/2 ruas jempol jahe
  • 100 ml air
  • Garam
  • Kaldu jamur
  • Gula pasir

Cara memasak:

  1. Baluri tuna dengan adonan tepung. Goreng hingga matang, angkat lalu sisihkan.
  2. Kemudian siapkan saus, dengan menumis bawang putih dan bombay. Masukkan jahe, air, garam, kaldu jamur dan gula pasir.
  3. Masukkan tuna, aduk hingga meresap. Sajikan.
Lanjutkan Membaca ↓