5 Bahan Alami untuk Perawatan Rambut Rontok

Imelda Rahma01 Feb 2021, 10:35 WIB
Diperbarui 01 Feb 2021, 10:35 WIB
Rambut

Rambut adalah mahkota bagi setia perempuan, karena itu perlu dijaga dan dirawat agar tetap bersih dan sehat. Namun, jika saat ini kondisi rambutmu mudah rontok dan kusam, pastinya itu bukan kondisi rambut yang sehat.

Selain ketombe dan lepek, masalah rambut rontok juga kerap menghampiri banyak perempuan. Alhasil, rambut pun mudah berjatuhan dan menjadi semakin tipis. Tentu kamu juga akan merasa tidak nyaman jika rambutmu rontok dan berserakan di lantai. Jika begitu, kamu perlu tahu cara untuk merawatnya.

Perawatan rambut rontok bisa kamu lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Sudah sejak dulu, perempuan banyak memanfaatkan bahan alami untuk merawat rambut mereka agar terlihat sehat, tebal, dan berkilau. Tidak ada salahnya jika kamu juga mencoba perawatan rambut rontok dengan bahan alami.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 bahan alami untuk perawatan rambut rontok. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Lidah Buaya

Lidah Buaya
Ilustrasi Lidah Buaya Credit: pexels.com/Olive

Bahan alami untuk perawatan rambut rontok yang pertama ialah lidah buaya. Kandungan dalam lidah buaya ternyata tak hanya mampu membuat rambut menjadi lebih sehat, tetapi juga lebih kuat dan mampu merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala kamu.

Cara merawat rambut rontok dengan lidah buaya adalah, sebelum menerapkan cara ini basahi dulu rambut anda dan tunggu sampai setengah kering. Setelah itu usapkan lendir yang terdapat pada bagian daging lidah buaya. Usapkan pada rambut dan kulit kepala kamu, biarkan 15 hingga 20 menit. Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

Minyak Kemiri

Minyak Kemiri
Ilustrasi Minyak Kemiri Credit: pexels.com/Ben

Bahan alami untuk perawatan rambut rontok yang kedua ialah minyak kemiri. Kandungan minyak kemiri mampu membuat rambut menjadi lebih hitam, sehat dan mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Kandungan minyak kemiri mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat, dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kulit kepala.

Cara merawat rambut rontok yakni dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Setelah disangrai kemudian tumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak. Selanjutnya usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut. Langkah terakhir yakni keramas dengan shampo agar rambut kamu bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin.

Minyak Essensial

Minyak Essensial
Ilustrasi Minyak Essensial Credit: pexels.com/Dids

Bahan alami untuk perawatan rambut rontok yang ketiga ialah minyak essensial. Salah satu minyak esensial terbaik yang dapat merangsang pertumbuhan rambut adalah minyak rosemary. Minyak ini dipercaya bisa meningkatkan metabolisme sel yang dapat menstimulasi pertumbuhan rambut sehingga menjadi lebih tebal.

Cara merawat rambut rontok dengan minyak essensial terlebih dahulu pastikan untuk menguji reaksi alergi sebelum mengaplikasikannya di kepala. Teteskan sedikit minyak di lengan atau belakang telinga. Jika dalam waktu 24 jam kulit tidak menunjukkan reaksi alergi yang ditandai dengan kemerahan dan gatal-gatal, maka kamu bisa melanjutkan pemakaiannya di kulit kepala.

Perlu diingat, minyak esensial wajib diencerkan dengan minyak lainnya seperti minyak zaitun atau minyak jojoba. Gunakan minyak minyak essensial tersebut sebagai masker rambut.

Buah Alpukat

Buah Alpukat
Ilustrasi Buah Alpukat Credit: pexels.com/Daria

Bahan alami untuk perawatan rambut rontok yang keempat ialah buah alpukat. Pasalnya kandungan protein yang terdapat pada buah yang satu ini sangat effektif untuk menguatkan rambut dan mampu memberi nutrisi pada rambut kamu. Selain mampu menguatkan rambut, buah ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut kamu.

Cara merawat rambut rontok yakni cukup dengan menghaluskan buah alpukat kemudian balurkan pada rambut serta kulit kepala kamu. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan shampo agar bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin.

Masker Aloe Vera dan Jeruk Nipis

Masker Aloe Vera dan Jeruk Nipis
Ilustrasi Masker Aloe Vera dan Jeruk Nipis Credit: pexels.com/Dries

Bahan alami untuk perawatan rambut rontok yang kelima ialah masker aloe vera dan jeruk nipis. Aloe vera bersifat anti-septik dan menyuburkan rambut. Padukan dengan sari lemon agar kulit kepala sehat.

Cara merawat rambut rontok dengan bahan ini yakni, sediakan gel aloe vera secukupnya kemudian campurkan dengan perasan jeruk nipis. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala. Diamkan lebih kurang selama 30 menit. Kemudian bilas dengan bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

Lanjutkan Membaca ↓