Sukses

Beauty

3 Urutan Membersihkan Wajah Sesuai Jenis Kulit

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan pasti memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kulit kering, kulit berminyak dan kulit berjerawat. Tentu saja urutan membersihkan wajah harus disesuai dengan jenis kulit.

Hal ini dilakukan agar tidak menyebabkan iritasi atau menimbulkan masalah kulit baru. Karena tiap produk pembersih wajah, memiliki kandungan yang disesuaikan dengan jenis kulit. Kulit wajah akan mengalami iritasi, kalau kandungan skincare yang digunakan tidak sesuai dengan jenis kulit.

Lakukan cara membersihkan wajah yang benar. Agar kamu bisa membersihkan wajah secara optimal. Berikut urutan membersihkan wajah sesuai jenis kulit:

1. Urutan Membersihkan Wajah Berjerawat

Double Cleansing

Kalau Sahabat Fimela memiliki jenis kulit yang berjerawat, harus ekstra berhati-hati agar jerawat tidak pecah atau mengiritasi kulit. Untuk wajah yang berjerawat, gunakan micellar water yang tidak mengandung alkohol dan minyak, untuk membersihkan wajah dari sisa makeup. Lalu lanjutkan dengan menggunakan facial wash, yang memiliki label medicated atau mengandung obat jerawat.

Toner

Setelah membersihkan wajah, gunakan toner untuk menyegarkan wajah. Toner yang bisa digunakan untuk wajah berjerawat adalah yang mengandung tea tree atau centella asiatica. Hati-hati saat ingin menggunakan toner yang sifatnya sebagai eksfoliator.

Pelembap

Jika wajah sudah bersih, lanjutkan dengan pemakaian pelembap dan obat totol jerawat. Gunakan produk yang memiliki kandungan retinol atau benzoyl peroxide. Jangan lupa gunakan sunscreen di pagi dan siang hari.

2. Urutan Membersihkan Wajah untuk Kulit Berminyak

Double Cleansing

Kulit yang memproduksi minyak terlalu banyak, bisa disebut dengan kulit berminyak. Kondisi kulit yang berminyak ini bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan membuat wajah menjadi berkomedo. Bagi pemilik wajah berminyak, gunakan milk cleanser untuk mengangkat sisa riasan, kemudian lanjutkan dengan menggunakan face wash yang mengandung salicylic acid.

Toner

Agar pori-pori bersih dari minyak dan wajah bebas komedo, gunakan toner yang memiliki kandungan AHA dan BHA. Kandungan ini juga bisa membantu mengontrol minyak dan meregenerasi kulit. Kandungan bahan aktif ini sedikit keras, kamu bisa mencoba tes alergi terlebih dahulu.

Pelembap

Jangan lupa untuk menggunakan pelembap setelah toner. Pilih pelembap yang mengandung non comedogenicniacinamide, allantoin dan salicylic acid. Lalu gunakan suncreen setelah menggunakan pelembap.

Clay Mask

Untuk membersihkan wajah berminyak setiap minggunya, kamu bisa menggunakan masker wajah yang berbentu clay. Clay mask mampu menyerap produksi minyak berlebih dan membuat kulit tetap lembap. Jangan digunakan terlalu sering, karena bisa membuat kulit wajah menjadi sangat kering.

3. Urutan Membersihkan Wajah untuk Kulit Kering

Double Cleansing

Kulit kering biasanya disebabkan karena kulit dehidrasi, terlalu sering terpapar sinar matahari, mengalami tanda penuaan dini dan kusam. Sahabat Fimela bisa menggunakan cleansing oil atau cleansing balm, yang tidak membuat kulit menjadi iritasi. Setelah itu cuci wajah menggunakan facial wash yang kandungannya gentle.

Toner

Kalau wajah sudah bersih, lanjutkan dengan menggunakan hydrating toner. Toner ini memiliki fungsi untuk melembapkan kulit. Selingi sesekali dengan exfoliating toner, untuk mengangkat sel kulit mati.

Pelembap

Agar tetap terjaga kelembapannya, gunakan pelembap yang mengandung hyaluronic acid dan vitamin C. Selain bisa mengunci cairan di wajah, kandungan ini juga bisa mencerahkan kulit yang kusam. Pastikan menggunakan sunscreen setelahnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading