5 Urutan Skincare Pagi dan Malam untuk Kulit Jerawat

Kezia Prasetya Christvidya17 Feb 2021, 14:35 WIB
Diperbarui 17 Feb 2021, 14:35 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Bagi seorang perempuan, menggunakan skincare adalah sebuah rutinas untuk merawat kulit, yang tidak boleh terlewatkan setiap urutannya. Urutan pemakaian skincare ini harus dilakukan secara bertahap, agar produk skincare bekerja secara optimal di dalam kulit, terutama bagi pemilik kulit yang berjerawat.

Dalam menggunakan skincare untuk kulit berjerawat, harus diperhatikan kandungan bahan aktifnya agar tidak mengiritasi kulit, saat melakukan layering skincare. Berikut urutan skincare pagi dan malam untuk kulit jerawat, dilansir dari berbagai sumber:

Urutan Skincare Pagi

skincare-kezo
ilustrasi skincare/ Pixel-Shot/pexels

Menggunakan skincare di pagi hari, berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan melindungi kulit dari makeup. Berikut urutan skincare pagi untuk kulit jerawat:

1. Facial Wash

Setelah bangun tidur, cucilah wajahmu menggunakan facial wash yang teksturnya gentle dan tidak mengandung butiran scrub. Mencuci wajah di pagi hari, membantu membersihkan sisa skincare yang digunakan pada malam hari.

2. Toner Wajah

Kemudian gunakan toner untuk menghidrasi kulit yang berjerawat. Hindari penggunaan toner yang bersifat eksfoliasi, yang mengandung retinol, AHA atau BHA.

3. Serum

Urutan yang selanjutnya, yaitu menggunakan serum yang memiliki kandungan hyaluronic acid atau centella asiatica, untuk menjaga kelembapan kulit berjerawat dan mencegah iritasi kulit.

4. Pelembap

Untuk wajah berjerawat, gunakan pelembap atau krim pagi yang teksturnya gel agar mudah diserap oleh kulit yang berminyak. Saat mengoleskan pelembapan, berikan sedikit pijatan kecil dari arah pipi ke atas hingga bagian dahi.

5. Tabir Surya

Tabir surya adalah skincare yang wajib untuk digunakan di pagi dan siang hari. Tabir surya memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Gunakan tabir surya yang mengandung SPF 30 PA++.

Urutan Skincare Malam

skincare-kezo
ilustrasi skincare/itakdalee/pexels

Setelah beraktivitas seharian, kamu harus merawat kulit berjerawat di malam hari. Berikut urutan skincare di malam hari:

1. Double Cleansing

Lakukan double cleansing di malah hari. Langkah pertama, gunakan micellar water yang tidak mengandung alkohol untuk membersihkan riasan, debu dan kotoran yang menempel. Setelah itu cuci wajah dengan facial wash yang memiliki kandungan salicylic acid, untuk mengontrol minyak dan mengembalikan pH kulit.

2. Toner Eksfoliasi

Di malam hari, gunakan toner eksfoliasi yang mengandung AHA, BHA atau retinol, untuk membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati, setelah membersihkan wajah.

3. Serum

Kemudian gunakan serum yang berfungsi untuk menyembuhkan jerawat dan mengurangi peradangan kulit. Serum yang baik untuk kulit jerawat adalah yang mengandung retinol, tea tree oil, green tea extract, centella asiatica extract atau niacinamide.

4. Pelembap

Setelah serum meresap ke dalam kulit, gunakan pelembap atau krim malam, untuk mengunci skincare malam dan mengontrol minyak di malam hari.

5. Acne Spot Treatment

Urutan terakhir, yaitu menggunakan acne spot treatment atau obat totol jerawat, yang mengandung benzoyl peroxide, untuk mengeringkan area kulit yang berjerawat.

Lanjutkan Membaca ↓