11 Parfum Ikonik Sepanjang Masa, Wajib Dicoba!

Fimela Editor22 Feb 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 22 Feb 2021, 19:00 WIB
Berikut 11 parfum ikonik yang wajib dilirik.

Fimela.com, Jakarta Fashion mungkin menjadi bentuk seni visual yang sering menarik perhatian dengan desain yang memukau dan berani. Tetapi terkadang detailnya yang lebih kecil dan bahkan tak terlihat seperti parfum bisa melengkapinya dengan sempurna.

Seperti yang pernah dikatakan oleh Coco Chanel, "Tidak ada keanggunan tanpa parfum. Itu adalah aksesori fashion yang tak terlihat dan tak terlupakan," ujarnya, dikutip Departures. "Dan jika ada satu orang yang tahu tentang parfum, itu pasti Chanel." tambahnya.

Karena bagaimana pun, Chanel meluncurkan wewangian paling ikonik. Sebut saja Chanel N5 yang dibuat tahun 1921 oleh Ernest Beaux yang tetap eksis hingga saat ini.

Selain Chanel N5, beberapa parfum lainnya juga masih populer dan menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia. Secara lebih lanjut, berikut 11 parfum ikonik sepanjang masa yang harus Anda coba setidaknya sekali dalam hidup.

1. Giorgio Armani Acqua di Giò

Terinspirasi dari pulau kecil Pantelleria, parfum Giorgio Armani Acqua di Giò ini dibuat oleh ahli parfum Alberto Morillas, yang memadukan aroma melati, rosemary, serta nilam yang hangat.

Aromanya yang alami telah membuatnya menjadi parfum top seller di dunia. Pada tahun 2016 silam, beberapa perusahaan mengatakan telah menjual lebih dari 25 juta botol sejak wewangian ini diperkenalkan tahun 1996 yang menjadikannya parfum paling ikonik sepanjang masa. Untuk membelinya, Anda harus merogoh kocek senilai US$ 88 atau setara dengan Rp 1,2 juta.

2. Kenzo Flower by Kenzo

Meski parfum ini bukan salah satu wewangian paling ikonik dan terlaris, tetapi berkat botolnya yang ramping dan melengkung yang dibuat oleh ahli flacon dan pematung Serge Manseau dengan bunga poppy terukir di atasnya, menjadikan parfum dengan desain paling terkenal yang pernah ada.

Kenzo Flower by Kenzo identik dengan aroma hawthorn liar, mawar Bulgaria, Parma violet, cassia, white musk, dan vanila. Campuran wewangian tersebut menghasilkan aroma yang sangat alami, namun tetap terkesan modern. Harganya sendiri ditaksir senilai US$ 62 atau berkisar Rp 867 ribu.

3. Chanel No.5 Eau de Parfum

Hampir semua orang mengenal parfum fenomenal yang satu ini. Chanel No.5 Eau de diluncurkan oleh seorang perancang busana Perancis ternama sekaligus pemilik brand Chanel, Coco Chanel.

Chanel membuat parfum tersebut untuk merayakan kesuksesannya bangkit dari kemiskinan. Parfum ini dibuat pada tahun 1921 oleh Ernest Beaux yang menawarkan 80 varian wewangian. Namun Chanel paling menyukai nomor 5 yang menampilkan aroma mawar, melati, sitrus, serta aldehida.

Hampir seabad kemudian, komposisi wewangian ini hampir tidak berubah dan menjadi salah satu parfum paling populer di seluruh dunia. Bahkan, Marilyn Monroe adalah salah satu orang yang memakainya lho. Untuk harganya sendiri, kamu harus merogoh kocek sebesar US$ 80 atau Rp 1,1 juta.

 

4. Yves Saint Laurent Opium Eau de Parfum Spray

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by YSL Beauty Official (@yslbeauty)

 

Perpaduan eksotis antara nilam, mur, dan vanila, yang terinspirasi oleh China dan Timur, membuat wewangian ini langsung sukses di tahun 1977 hingga saat ini.

Yves Saint Laurent sendiri memainkan peran utama dalam setiap langkah prosesnya, mulai dari pengembangan aroma hingga kampanye periklanan yang telah menjadi ikon dalam dirinya sendiri. Untuk mendapatkan Yves Saint Laurent Opium Eau de Parfum Spray, kamu harus merogoh kocek sebesar US$ 67 atau setara dengan Rp 941 ribu.

5. Thierry Mugler Angel

Mugler pertama kali menciptakan parfum pertamanya pada tahun 1993, dan menghasilkan ide yang out of the box. Baik dalam hal aromanya, maupun botol berbentuk bintangnya yang ikonik.

Ciri khas Thierry Mugler Angel identik dengan aroma nilam yang dilapisi cokelat, madu, karamel, dan vanilla yang nikmat. Dengan aromanya yang lembut, tak heran wewangian ini disukai wanita manapun.

Dan kabar baiknya, botolnya ternyata bisa diisi ulang lho. Harganya sendiri mencapai US$ 120 atau senilai Rp 1,6 juta.

6. Calvin Klein CK One

CK One adalah wewangian pertama yang dipasarkan sebagai "unisex" dan membuat sejarah pada tahun 90-an. Pasalnya, Calvin Klein CK One memiliki aroma buah segar pepaya dan nanas dipadukan dengan aroma mawar, musk, dan bergamot.

Wewangian ini akan menghasilkan aroma yang ringan namun sensual. Untuk membeli, kamu harus mengeluarkan uang sebesar US$ 64 atau setara dengan Rp 895 ribu.

 

7. Christian Dior Miss Dior Eau de Parfum

Christian Dior Miss Dior Eau de Parfum
Christian Dior Miss Dior Eau de Parfum

Pada tahun 1947, ketika Christian Dior memulai debutnya yang inovatif dengan look yang baru, sang desainer tersebut juga memperkenalkan wewangian pertamanya yang diberi nama Miss Dior. Parfum ini disemprotkan setiap hari di rumah butiknya di Avenue Montaigne, Paris.

Parfum ini identik dengan aroma kalsik Mandarin Sisilia, Grasse Rose, dan Patchoulli. Hingga kini, Miss Dior terus menjadi primadona oleh para perempuan dari segala usia. Harganya sendiri ditaksir senilai US$ 100 atau berkisar Rp 1,3 juta.

8. Guerlain Shalimar

Kisah menarik dari Guerlain Shalimar adalah terinspirasi oleh cinta Kaisar Shah Jahan untuk Putri Mumtaz Mahal, yang membangun Taman Shalimar dan Taj Mahal.

Untuk menghormatinya, desainer Jacques Guerlain menciptakan Shalimar pada tahun 1925. Menurut merek tersebut, wewangian ini "Melambangkan janji cinta abadi selamanya. Dan aroma harapan"

Wewangian sensualnya, menonjolkan aroma iris, melati, dan mawar, yang dipadukan dnegan bergamot dan vanilla. Untuk membelinya, perkiraan uang yan harus dikeluarkan ialah sebesar US$ 107 atau senilai Rp 1,4 juta.

9. Created e Givenchy L’Interdit Eau de Perfume

Dibuat khusus untuk Audrey Hepburn di tahun 50-an, L'Interdit melambangkan persahabatan antara bintang Hollywood tersebut yang juga menjadi wajah kampanye iklannya di tahun 1958 dan desainer Hubert de Givenchy.

Kemudian di tahun 2018, perusahaan induk dari Givenchy, LVMH, meluncurkan kembali wewangian yang terdiri dari aroma bunga jeruk, melati, tuberose, nilam, dan vetiver tersebut. Parfum ini dihargai senilai US$ 110 atau sebesar Rp 1,5 juta.

10. Robert Piguet Fracas

Aroma seksinya yang tak malu-malu, menjadikan Fracas sebagai parfum favorit para seleb papan atas seperti Madonna dan Kim Basinger. Dibuat pada tahun 1984 oleh Germainer Cellier, wewangian ini memancarkan feminitas dan sensualitas yang abadi.

Wewangian ini menonjolkan aroma bergamot dan mandarin, diikuti oleh tuberose, melati, lily lembah, dan iris putih. Pada dasarnya, parfum ini termasuk aroma sandalwood, musk, dan cedar, yang menenangkan. Untuk harganya, kamu harus merogoh kocek senilai US$ 110 atau 1,5 juta.

11. Nina Ricci L’Air du Temps

Wewangian diluncurkan pada tahun 1948, ketika perang dunia II masih belum pulih. Aroma harum, dan botolnya yang menampilkan dua burung merpati, dipandang sebagai simbol optimisme dan ringan yang sangat dibutuhkan setelah tahun-tahun perang yang sulit.

Parfum ini identik dengan aroma bunga anyelir yang pedas berada di tengah-tengah, dipadukan oleh aroma bergamot dan rosewood. Harganya sendiri mencapai US$ 77 atau senilai Rp 1,07 juta.

Penulis: Hilda

Lanjutkan Membaca ↓