Pro dan Kontra Silikon dalam Produk Perawatan Rambut

Karla Farhana19 Mar 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 19 Mar 2021, 15:00 WIB
Perawatan Rambut

Fimela.com, Jakarta Silikon merupakan salah satu bahan yang paling umum terkandung dalam produk perawatan rambut. Silikon biasanya digunakan untuk menjaga rambutmu agar tetap terhidrasi, lembut, bersinar, dan lembap. Namun, ternyata ada juga efek samping dari penggunaan silikon. 

Sebelumnya, kamu harus tahu dulu apa sebenarnya silikon itu. Dilansir dari Naturally Curly, silikon biasanya tidak melulu ditulis sebagai silikon pada label. Karena, silikon merupakan nama dari grup berbagai jenis silikon yang masing-masing bekerja dengan cara yang berbeda. 

Namun, umumnya, silikon ditulis dengan nama yang akhirannya "cone," "col," "conol," dan "zane." Silikon bekerja dengan cara melapisi batang rambut. Sehingga meski tujuannya adalah melembapkan, namun air tidak bisa masuk ke dalam kutikula rambut. Akhirnya, rambut menjadi kering dan akhirnya rusak. 

Ada juga beberapa jenis silikon yang sulit untuk dibersihkan dari rambut. Kamu harus menggunakan sampo dengan bahan pembersih yang cukup keras, seperti sulfat. Silikon yang tidak larut air ini antara lain Dimethicone, Cetyl Dimethicone, Cetearyl Methicone, Dimethiconol, dan Stearyl Dimethicone. 

Cara Membersihkannya

Perawatan Rambut
Ilustrasi helaian rambut sehat berkat perawatan dengan produk yang tepat

Tapi bagaimana jika kamu sudah terlanjur sering menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung silikon? Bagaimana cara mencuci dan menghilangkannya? 

Naturally Curly menulis, kamu harus menggunakan clarifying shampoo, paling tidak seminggu sekali. Jenis sampo ini mengandung sulfat yang bisa membersihkan minyak, silikon, dan juga sebum. Namun, jenis sampo ini bikin kulit kepala dan rambut jadi kering. 

Makanya, jangan lupa untuk menggunakan masker rambut setelahnya! Selain itu, jika kamu tidak ingin menggunakan sulfat, cobalah untuk menggunakan produk tanpa silikon atau silikon yang bisa larut dalam air seperti Stearoxy Dimethicone dan Behenoxy Dimethicone. 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓