Sukses

Beauty

11 Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah agar Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak ingin memiliki kulit wajah kencang, agar tampak awet muda? Bukan tanpa tantangan, namun kamu masih bisa menyiasati tampilan awet muda dengan beberapa cara.

Dilansir dari allure.com, berikut ini adalah beberapa cara alami mengencangkan kulit wajah agar awet muda. Penasaran?

1. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori membesar saat kotoran menumpuk di dalamnya dan semakin tua usiamu, semakin besar kemungkinan pori-pori terus mengembang. Cobalah beralih menggunakan pembersih dengan kandungan asam salisilat yang melarutkan minyak di pori-pori, yang juga dapat membantu mengelupas kulit mati yang seringkali menyebabkan penyumbatan.

2. Menggunakan strip komedo

Mengecilkan dan membersihkan pori-pori, terutama yang ada di bagian hidung, kamu bisa menggunakan strip komedo, seminggu sekali.

3. Menggunakan tabir surya

Tabir surya harus digunakan secara rutin, minimal yang memiliki spektrum SPF 30. Selain itu, tabir surya juga memiliki jumlah tertentu yang harus diaplikasikan, secara berulang setiap 2 jam pada kulit wajah, terutama jika kamu beraktivitas di luar ruangan.

4. Tidur yang cukup

Pergi tidur 15 menit lebih awal, secara bertahap, selama 4 malam berturut-turut. Ini cara untuk membentuk rutinitas di mana kamu akan mendapatkan 1 jam ekstra untuk istirahat. Saran dari para ahli adalah untuk mendapatkan wkatu tidur setidaknya 8 jam dalam sehari, jadi sebaiknya hentikan asupan kopi setelah jam 3 sore dan hindari aktivitas olahraga 3 jam sebelum waktu tidur, untuk mempertahankan kekencangan kulit wajah agar awet muda.

 

 

5. Menggunakan bahan antioksidan

Antioksidan adalah senjata terbaik untuk melawan polusi dan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Gunakan antioksidan setiap pagi untuk perlindungan kulit sepanjang hari.

6. Menggunakan retinol

Retinol terbukti dapat mengurangi garis halus dalam jangka waktu panjang. Namun, retinol juga meningkatkan sensitivitas kulit terhadap paparan matahari dan beberapa orang mengalami reaksi kulit mengelupas, memerah, dan gatal. Gunakan retinol secara perlahan, aplikasikan sekali dalam 2 malam, dan campurkan dengan produk pelembap biasa.

7. Jangan menyentuh wajah dengan tangan

Setidaknya di sekitar mata, jangan menggosok kulit di area tersebut. Setiap kali melakukannya, kamu berisiko merusak pembuluh darah yang halus, menyebabkan penggelapan, kulit kusah, dan penebalan kulit di sekitarnya.

8. Berhenti minum alkohol dan merokok

Merawat tubuh berarti juga merawat kulit. Merokok dapat menyebabkan kulit cepat keriput, karena menghancurkan kolagen dan elastin.

Sedangkan alkohol dapat meningkatkan peradangan dalam aliran darah yang dapat mempercepat kulit kendur dari waktu ke waktu. Mengonsumsi terlalu banyak gula juga dapat merusak kulit, yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk memperbaiki kolagen yang rusak.

9. Menghilangkan bintik hitam

Kerutan mungkin tanda klasik dari penuaan kulit, namun bintik-bintik gelap di kulit wajah juga bisa memperburuk tampilanmu. Gunakan produk yang mengandung hidrokuinon dan jangan lupa untuk menerapkan tabir surya sebelum beraktivitas sehari-hari.

10. Mencerahkan kulit

Seiring bertambahnya usia, pergantian sel melambat dan sel kulit mati menumpuk di seluruh wajah. Eksfoliasi atau mengelupas kulit 2 kali dalam seminggu menggunakan asam glikolat dapat membantu menghilangkan kulit mati yang ada di permukaan kulit.

11. Jangan lupakan leher dan tangan

Leher dan tangan adalah bagian tubuh yang paling mungkin menunjukkan usiamu. Lakukan perawatan harian yang sama dengan kulit wajah, terhadap kulit di area leher dan tangan, seperti tabir surya, retinol, hidrokuinon, dan eksfoliasi. Selamat mencoba!

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading