5 Rekomendasi Sabun Mandi untuk Menghilangkan Jerawat Punggung

Kezia Prasetya Christvidya19 Feb 2021, 15:35 WIB
Diperbarui 19 Feb 2021, 15:35 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang muncul karena pori-pori tersumbat. Jerawat tidak hanya muncul di wajah saja, tetapi juga bisa muncul di area punggung.

Jerawat yang muncul di punggung, dapat menyebabkan rasa sakit saat tidur, menimbulkan rasa gatal dan membuat penderitanya tidak nyaman saat menggunakan pakaian.

Jerawat di punggung ini, dapat diatasi dengan menggunakan sabun mandi yang cocok untuk kulit berjerawat, berikut rekomendasi sabun mandi untuk menghilangkan jerawat punggung, dilansir dari berbagai sumber:

Penyebab Jerawat Punggung

Ilustrasi jerawat di punggung/pixabay whitesession
Ilustrasi jerawat di punggung/pixabay whitesession

Sama seperti jerawat yang muncul di wajah, jerawat punggung muncul akibat adanya penumpukan minyak berlebih, sel kulit mati, debu dan kotoran di dalam pori-pori.

Tubuh yang berkeringat dapat menyebabkan area punggung menjadi lembap. Jika tidak sering mengganti pakaian atau jarang mandi, jerawat di punggung bisa muncul dan meradang.

Munculnya jerawat di punggung juga bisa disebabkan karena terlalu stres, perubahan hormon, faktor genetika, mengonsumsi makanan berlemak atau mengonsumsi obat-obatan.

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung
Foto: Cosmopolitan.com

Jerawat di punggung dapat dihilangkan dengan rutin membersihkan tubuh, seperti rajin mandi sehari 2 kali dan rajin mengganti pakaian. Pakaian yang aman digunakan adalah yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat, seperti kain katun.

Kamu juga bisa mengompres jerawat di punggung dengan air hangat, hindari menggunakan produk scrub badan, serta ikat rambutmu agar tidak menempel di kulit punggung.

Produk sabun mandi yang bisa kamu gunakan adalah sabun yang tidak mengandung alkohol dan parfum. Gunakan sabun mandi yang mengandung tea tree oil, greentea extract, aloe vera extract dan bahan alami lainnya, yang tidak mengiritasi kulit berjerawat.

Jangan lupa untuk sering mengganti handuk setiap seminggu sekali. Gunakan handuk yang bertekstur lembut, lalu jemurlah handuk yang sudah digunakan di bawah sinar matahari.

Rekomendasi Sabun untuk Jerawat Punggung

ilustrasi sabun jerawat punggung/ Karolina Grabowska/pexels
ilustrasi sabun jerawat punggung/ Karolina Grabowska/pexels

1. JF Anti Acne Cleansing Bar

Rekomendasi sabun untuk menyembuhkan jerawat punggung yang pertama, yaitu JF Anti Acne Cleansing Bar. Sabun ini memiliki kandungan sulfur, yang mampu mengeringkan jerawat dan mengontrol produksi minyak. Sabun ini dijual dengan harga sekitar Rp 30ribuan.

2. Acnes Washing Bar

Sabun yang selanjutnya adalah Acnes Washing Bar. Produk ini memiliki kandungan yang bersifat sebagai anti bakteri, yang mampu mengurangi peradangan jerawat, mengeringkan jerawat dan membunuh bakteri dan jamur penyebab jerawat. Produk ini dijual dengan harga Rp 20ribuan.

3. The Body Shop Tea Tree Body Wash

Produk sabun mandi yang kedua yaitu The Body Shop Tea Tree Body Wash. Sabun mandi ini memiliki tekstur cair dan memiliki sedikit busa. Dengan kandungan tea tree, sabun mandi ini membantu mempercepat penyembuhan jerawat di punggung. Produk ini dijual dengan harga Rp 100ribuan.

4. Love Beauty And Planet tea tree & vetiver body wash

Sabun mandi dari Love Beauty And Planet tea tree & vetiver body wash, juga bisa membantu mengatasi jerawat yang muncul di punggung. Produk ini memiliki kandungan tea tree yang bersifat sebagai antioksidan, antiinflamasi dan anti bakteri. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 50ribuan.

5. Sebamed Liquid Face and Body Wash

Rekomendasi sabun mandi yang terakhir adalah Sebamed Liquid Face and Body Wash. Produk ini bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat di punggung dan di wajah. Harga produk ini sekitar Rp 30ribuan.

Lanjutkan Membaca ↓