9 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah agar Terlihat Mulus

Annissa Wulan24 Feb 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 24 Feb 2021, 20:30 WIB
9 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah agar Terlihat Mulus

Fimela.com, Jakarta Ukuran dan tampilan pori-pori bergantung pada beberapa faktor, seperti genetika, jenis kulit, paparan sinar matahari, dan usia. Terlepas dari ukurannya, pori-pori sebenarnya memiliki tujuan yang penting, yaitu memungkinkan kulit bernapas dan merupakan jalan masuk antara bagian dalam dan bagian luar tubuh.

Meminimalisir tampilan pori-pori sebenarnya tidak sulit. Dilansir dari teenvogue.com, berikut ini adalah beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus, penasaran?

1. Membersihkan wajah setiap hari

Rutinitas pembersihan harian dan pengelupasan secara teratur adalah cara terbaik untuk menjaga pori-pori tetap bersih. Pori-pori yang bebas dari kotoran akan lebih tidak terlihat.

Bersihkan wajah 2 kali dalam sehari, namun jika kamu hanya bisa membersihkannya sekali dalam sehari, pilih malam hari. Kulit yang menumpuk kotoran sangat penting untuk dibersihkan sebelum tidur.

2. Gunakan scrub pada rutinitas perawatan kulit mingguan

Scrub dalam perawatan kulit juga bermanfaat, namun hati-hati untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Pengelupasan sekali dalam seminggu tidak masalah.

3. Jangan menyentuh wajah dengan tangan

Jauhkan tangan dari wajah. Bakteri di jari dapat berpindah ke kulit wajah dan masuk ke pori-pori.

 

 

4. Gunakan primer dengan SPF

9 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah agar Terlihat Mulus
Ilustrasi/Ini dia beberapa cara manjur untuk mengecilkan pori-pori agar wajah terlihat mulus/copyright shutterstock

Tabir surya wajib digunakan setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. UV dan polusi menyebabkan radikal bebas yang memecah kolagen dan elastin di kulit, membuatnya kurang kencang dan pori-pori terlihat lebih besar.

5 Gunakan krim retinoid

Baik dengan resep atau yang dijual bebas, krim retinoid akan membantu meningkatkan pergantian sel kulit, yang membuat pori-pori lebih cerah dan tampak lebih kecil dalam hitungan minggu.

6. Gunakan clay mask untuk membuka pori-pori

Clay mask adalah senjata rahasia untuk mengecilkan pori-pori, karena masker ini bekerja cepat membuka pori-pori dengan cara menghilangkan semua minyak. Penumpukan minyak dapat membuat pori-pori terlihat 5 kali lebih besar.

7. Mencari produk dengan asam glikolat

9 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah agar Terlihat Mulus
Ilustrasi/Ini dia beberapa cara manjur untuk mengecilkan pori-pori agar wajah terlihat mulus| pexels.com/@olly

Bahan populer untuk merawat pori-pori besar adalah asam glikolat karena asam tersebut bekerja paling baik melarutkan sel-sel kulit mati dan menyerap minyak.

8. Hindari krim berbahan dasar minyak

Minyak kental atau krim berbahan dasar minyak adalah cara untuk membuat pori-pori tersumbat, bahkan jika kamu memiliki kulit kering. Minyak akan bercampur dengan sel kulit mati dan membuat pori-pori tersumbat.

9. Jangan takut dengan pembersih berbahan dasar minyak

Minyak wajah melarutkan lebih baik daripada air. Untuk kulit berminyak dan kombinasi, carilah produk susu pembersih, sedangkan untuk kulit kering, coba gunakan produk berjenis balsen yang menambah kelembapan dan membersihkan pori-pori.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓