Sukses

Beauty

5 Manfaat Alpha Arbutin untuk Mencerahkan Wajah dan Efek Sampingnya

Fimela.com, Jakarta Di dalam produk skincare terdapat banyak sekali kandungan bahan aktif. Kandungan dalam skincare memiliki berbagai macam fungsi untuk mengatasi masalah kulit. Salah satu bahan aktif di dalam skincare adalah alpha arbutin. Alpha arbutin adalah turunan dari hydroquinone, yang diekstrak dari bahan alami seperti blueberry, beatberry, cranberry dan kulit buah pir.

Alpha arbutin adalah bahan aktif yang termasuk kedalam agen pencerah wajah. Kandungan ini mampu mencerahkan kulit wajah, memudarkan bekas jerawat dan mencegah hiperpigmentasi karena paparan sinar matahari. Alpha arbutin adalah bahan aktif di dalam skincare, yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit, karena bahan aktif ini memiliki konsentrasi yang lembut, yang dapat digunakan sehari 2 kali.

Kandungan bahan aktif ini biasanya terdapat di dalam produk toner, serum, pelembap dan facial wash. Ada baiknya untuk konsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan produk dengan kandungan alpha arbutin. Berikut manfaat alpha arbutin untuk wajah:

Manfaat Alpha Arbutin

1. Mencerahkan Kulit

Kandungan alpha arbutin sangat cocok digunakan untuk mencerahkan wajah, yang kusam dan mengalami hiperpigmentasi, karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Walaupun bahan aktif ini merupakan zat pencerah, tetapi aman untuk digunakan dan tidak mengiritasi kulit.

2. Memudarkan Bekas Jerawat

Bahan aktif ini juga mampu memudarkan bekas jerawat, flek hitam dan kulit yang belang. Karena alpha arbutin bisa membantu menghambat tirosinase di dalam lapisan kulit.

3. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Manfaat alpha arbutin yang selanjutnya, yaitu bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Penggunaan skincare yang mengandung alpha arbutin, mampu melindungi lapisan kulit agar tidak mudah rusak karena paparan sinar matahari.

4. Mengeksfoliasi Kulit

Kandungan alpha arbutin cocok dipadukan dengan bahan aktif AHA dan BHA, yang mampu mengeksfoliasi kulit kusam, dengan mengangkat sel kulit mati dan mempercepat pembaruan sel kulit.

5. Melembapkan Kulit

Manfaat yang terakhir adalah membantu menjaga kelembapan kulit wajah. Kandungan ini bisa membantu menjaga kadar air di dalam kulit, sehingga mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Efek Samping Alpha Arbutin

Walaupun memiliki klaim yang aman digunakan untuk semua jenis kulit, tetapi skincare yang memiliki kandungan bahan aktif alpha arbutin ini, dapat menyebabkan efek samping jika penggunaannya tidak tepat.

Beberapa orang yang memiliki kondisi kulit yang sangat sensitif, akan mudah bereaksi terhadap bahan aktif di dalam produk skincare. Efek samping yang akan dialami seseorang, jika salah menggunakan alpha arbutin adalah kulit menjadi iritasi, muncul kemerahan dan breakout.

Untuk menghindari efek samping kandungan alpha arbutin ini, lakukan tes pemakaian skincare di area belakang telinga, jika tidak menimbulkan rasa panas dan kemerahan, berarti kulitmu tidak akan masalah jika menggunakan bahan aktif alpha arbutin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading