Sukses

Beauty

3 Urutan Penggunaan Skincare untuk Kulit Normal

Fimela.com, Jakarta Kulit normal adalah jenis kulit yang terhindar dari berbagai macam masalah kulit. Kulit yang normal tidak akan mudah jerawat, berminyak dan kering. Sehingga banyak perempuan ingin memiliki kulit normal.

Walaupung memiliki kulit normal, tetapi kulit wajah juga harus dirawat dengan skincare yang tepat. Karena skincare berfungsi melindungi lapisan kulit agar tetap sehat dan cerah. Sahabat Fimela harus memilih skincare yang khusus untuk kulit normal.

Urutan penggunaan skincare untuk kulit yang normal harus tepat. Sehingga tidak menyebabkan masalah kulit atau membuat wajah menjadi berjerawat. Agar hasil penggunaan skincare pada kulit normal lebih optimal, berikut urutan penggunaan skincare untuk kulit normal:

1. Urutan Penggunaan Skincare di Pagi Hari

1. Mencuci Wajah

Saat bangun tidur, cucilah wajahmu dengan menggunakan facial wash. Pilihlah facial wash yang memiliki tesktur gentle, yang bisa membantu menjaga keseimbangan pH kulit. Facial wash dapat membantu menghilangkan sisa skincare malam.

2. Toner

Setelah mencuci wajah, gunakan hydrating toner yang mampu menghidrasi kulit wajah. Gunakan toner dengan cara menyemprotkan toner ke wajah, atau aplikasikan toner dengan tangan. Sahabar Fimela dapat menggunakan toner yang mengandung hyaluronic acid.

3. Serum

Agar kulit normal terlihat lebih cerah, gunakan serum yang memiliki kandungan vitamin C. Selain mencerahkan, kandungan ini juga bisa mencegah tanda penuaan dini pada kulit. Sifatnya sebagai antioksidan bisa membantu menjaga lapisan kulit wajah agar tidak rusak akibat paparan radikal bebas dan sinar UV.

4. Pelembap

Urutan yang selanjutnya adalah menggunakan pelembap, yang memiliki tekstur krim atau gel, yang mudah meresap ke dalam kulit dan mengunci skincare yang lainnya di dalam lapisan kulit.

5. Sunscreen

Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen pada pagi dan siang hari. Gunakan sunscreen dengan kandungan minimal SPF 30 PA++. Ulangi penggunaan sunscreen setiap 4 jam sekali, dan tetap gunakan sunscreen walaupun hanya di dalam ruangan.

2. Urutan Penggunaan Skincare di Malam Hari

1. Double Cleansing

Setelah beraktivitas seharian, bersihkan kulit wajahmu dengan cara melakukan double cleansing. Langkah pertama, gunakan micellar water untuk mengangkat makeup di wajah. Kemudian facial wash yang teksturnya gentle untuk mengangkat sisa kotoran di wajah dan mengembalikan pH kulit.

2. Toner

Penggunaan toner di malam hari, dapat menggunakan eksfoliasi toner setiap seminggu 2 kali. Gunakan toner yang mengandung AHA dan BHA untuk mengeksfoliasi kulit. Selingi dengan menggunakan hydrating toner setiap seminggu 3 kali.

3. Serum

Gunakan serum yang memiliki kandungan hyaluronic acidretinol, niaciamide atau bakuchiol untuk kulit normal. Serum ini berfungsi untuk membuat kulit tetap cerah, terhindar dari penuaan dini dan meningkatkan produksi kolagen di kulit. Hati-hati saat mengkombinasikan bahan aktif pada serum dengan kandungan skincare lainnya.

4. Pelembap

Sama seperti penggunaan di pagi hari. Pelembap yang digunakan di malam hari adalah pelembap dengan tekstur light yang mudah meresap dikulit. Sehingga dapat membantu mengunci skincare di malam hari.

5. Eye Cream

Urutan yang terakhir adalah menggunakan eye cream di area mata. Eye cream memiliki manfaat untuk menjaga elastisitas kulit di area mata, menghilangkan mata panda dan mencerahkan kantong mata yang menggelap. Oleskan eye cream hanya di bagian kelopak mata saja.

3. Urutan Penggunaan Skincare Mingguan

Setiap seminggu sekali, kulit yang normal harus dirawat dengan menggunakan masker wajah. Masker wajah memiliki fungsi untuk mencerahkan, menjaga kelembapan wajah dan membersihkan komedo. Hindari penggunaan masker terlalu sering, agar tidak terjadi iritasi pada kulit.

Kamu bisa menggunakan peel off mask atau wash off mask setiap seminggu sekali. Masker ini biasanya terbuat dari kandungan yang berbahan alami. Untuk kulit yang normal, gunakan masker alami yang terbuat dari alpukat, saffron, yogurt dan oatmeal.

Sedangkan masker jenis sheet mask dan sleeping mask, dapat digunakan seminggu 2 kali secara bergantian. Masker ini berfungsi untuk membantu mencerahkan kulit wajah dan melembapkan kulit. Gunakan masker yang mengandung hyaluronic acid dan niacinamide.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading