3 Sumber Protein yang Membantu Rambut Tumbuh Lebih Lebat

Karla Farhana01 Apr 2021, 20:00 WIB
Diperbarui 01 Apr 2021, 20:00 WIB
Membasmi Kutu Rambut dengan Sisir Serit

Fimela.com, Jakarta Rambut indahmu terbuat dari protein yang disebut keratin. Meski rambut rusak membutuhkan banyak kelembapan, namun rambut rusak juga bisa disebabkan kekurangan protein. Kekurangan protein pada rambut dapat membuat mahkotamu rapuh dan mudah sekali patah. 

Skincraft menulis, ada beberapa tanda kalau rambutku kekurangan protein. Seperti rambut yang lepek, tidak elastis, dan rusak serta rapuh. Untuk memenuhi kebutuhan protein rambut, kamu bisa meningkatkan konsumsi makanan-makanan yang mengandung protein.

Misalnya, telur, beri, udang, ikan berlemak, tahu, polong-polongan, kacang-kacangan dan keju. Tapi, kamu juga bisa mendapatkan protein untuk rambut dari berbagai bahan alami yang dibuat menjadi masker rambut. Apa saja? 

1. Yogurt dan telur

Baik telur dan yogurt merupakan sumbe protein yang sangat baik untuk rambutmu. Kamu bisa mencampurkan satu sendok yogurt dan satu telur. Lalu aplikasikan pada rambut sebelum kamu membersihkannya dengan sampo. 

2. Alpukat dan pisang

Pisang mengandung 1 gram protein dan alpukat mengandung sekitar 2 gram protein. Jumlah protein yang tidak terlalu banyak ini sangat cocok buat rambut yang lebih membutuhkan hidrasi namun ingin menambahkan protein demi keseimbangan hidrasi dan protein pada rambut. 

3. Santan

[Fimela] Rambut Panjang
Ilustrasi Rambut Panjang | unsplash.com/@arnelhasanovic

Terakhir, santan. Pastikan seluruh helai rambutmu terendam dalam air santan dan kemudian diamkan selama 30 menit. Santan mengandung vitamin A dan B. Selain itu, santan juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat menghidrasi rambut. 

Selamat mencoba! 

Lanjutkan Membaca ↓