Sukses

Beauty

5 Urutan Menggunakan Sunscreen yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Sunscreen adalah skincare yang berfungsi untuk melindungi kulit wajah. Sehingga wajah terhindar dari paparan sinar matahari dan radikal bebas. Sunscreen juga berfungsi untuk mencegah kemerahan di wajah dan mencegah hiperpigmentasi kulit.

Tetapi sering kali saat kita menggunakan sunscreen, tekstur wajah malah menjadi lebih greasy. Apalahgi jika menggunakan sunscreen yang menyebabkan munculnya whitecast. Bahkan kesalahan menggunakan sunscreen dapat menyebabkan wajah bruntusan.

Ternyata ada aturan yang harus diperhatikan saat menggunakan sunscreen. Bahkan urutan menggunakan sunscreen juga harus benar, agar kandungan yang terdapat di dalam sunscreen dapat bekerja secara optimal di kulit. Berikut urutan menggunakan sunscreen yang tepat:

Aturan Menggunakan Sunscreen yang Baik dan Benar

Agar sunscreen tidak menyebabkan kulit menjadi berminyak atau bruntusan, gunakan sunscreen sebanyak 2 jari. Lalu aplikasikan di wajah dan leher secara merata. Diamkan sunscreen selama 30 menit agar meresap ke dalam kulit.

Setelah itu, ulangi pengaplikasian sunscreen setiap 4 jam sekali, jika menggunakan sunscreen dengan SPF 30. Sedangkan saat menggunakan sunscreen yang SPF 50, ulangi penggunaan sunscreen setiap 6 jam sekali. Pengulangan penggunaan sunscreen dapat membuat kulit wajah menjadi lebih terlindungi.

Saat membersihkan sunscreen, usahakan melakukan teknik double cleansing. Teknik ini dilakukan agar sunscreen tidak menyumbat di dalam pori-pori wajah. Karena menggunakan facial wash saja, tidak dapat membersihkan sunscreen dengan maksimal.

Urutan Menggunakan Sunscreen

1. Membersihkan Wajah

Saat bangun tidur, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulitmu. Usahakan untuk menggunakan facial wash yang teksturnya gentle dengan bentuk krim atau gel. Facial wash yang gentle tidak mengiritasi kulit wajah di pagi hari.

2. Toner

Kemudian gunakan toner wajah, yang berfungsi untuk membantu menyegarkan wajah, menghidrasi kulit wajah dan membantu mengontrol produksi minyak di kulit. Hindari penggunaan eksfoliasi toner di pagi hari. Karena toner eksfoliasi hanya boleh digunakan 3 kali seminggu saat malam hari.

3. Serum

Agar kulit wajah lebih lembap, gunakan serum yang memiliki kandungan hyaluronic acid. Kandungan ini juga bisa melindungi lapisan kulit, agar terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas. Serum ini sangat aman digunakan untuk semua jenis kulit.

4. Pelembap

Urutan yang selanjutnya adalah pelembap. Menggunakan pelembap di pagi hari, berfungsi untuk mengontrol produksi minyak di wajah dan membuat kulit wajah tetap lembap. Pelembap juga membuat makeup lebih mudah menempel di kulit wajah.

5. Sunscreen

Sunscreen adalah skincare yang digunakan di tahapan yang paling akhir. Untung mengunci skincare yang lainnya dan di gunakan sebelum menggunakan makeupSunscreen ini memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas.

Cara Membedakan Sunscreen

Jangan sampai salah dalam memilih produk sunscreen. Sunscreen dibedakan menjadi sunscreen organik dan juga sunscreen mineral. Sunscreen ini dibedakan menurut jenis kulit, ada yang bisa digunakan untuk wajah yang berminyak, kering dan normal.

Sunscreen organik sering disebut dengan chemical sunscreen dan sunscreen kimia. Sunscreen ini memiliki kandungan oxybenzone, octinoxate, octisalate dan avobezone. Cara kerja sunscreen ini yaitu dengan mengubah sinar UV menjadi panas, lalu melepaskan panas dari lapisan kulit. Jenis sunscreen ini cocok digunakan untuk kulit wajah yang normal dan tidak berjerawat.

Sedangkan sunscreen mineral atau sunscreen physical, merupakan sunscreen yang kerjanya diatas permukaan kulit untuk memantulkan sinar UV. Sunscreen ini memiliki kandungan titanium dioxide dan zinc oxide. Sunscreen ini cocok digunakan untuk orang yang memiliki masalah kulit, seperti sensitif dan jerawat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading