3 Tips agar Kulit Tampak Awet Muda

Baiq Nurul Nahdiat24 Feb 2021, 17:05 WIB
Diperbarui 24 Feb 2021, 18:03 WIB
Menghambat Penuaan Dini

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit yang awet muda dan sehat adalah impian bagi semua orang. Namun, rahasia kulit tampak lebih muda bukanlah terletak pada obat-obat anti penuaan, melainkan dari gaya hidup seseorang. Sebenarnya, siapa saja bisa tampak awet muda, asalkan memiliki pola hidup yang sehat, misalnya dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat.

Lalu bagaimana agar mendapatkan kulit yang tampak awet muda? Langsung saja, simak ulasan berikut ini.

 

Mengonsumsi Teh

minum teh
Ilustrasi minum teh./Copyright pexels.com/@thiago-s-fotografias

Kebanyakan orang lebih suka meminum kopi saat sarapa daripada meminum secangkir teh. Bagi Sahabat Fimela yang suka kopi, sebaiknya sekarang mulai beralih untuk rutin meminum teh, karena dengan mengonsumsi teh dapat mengurangi risiko kerutan pada kulit.

Meminum teh, khususnya teh putih memiliki sejumlah manfaat, seperti menurunkan risiko kanker, rheumatoid arthritis dan keriput saat lanjut usia. Hal ini karena enzim dalam teh putih dapat melindungi tubuh dari enzim yang dapat memecah kolagen dan elastin, keduanya ini berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit.

Kurangi Makanan Manis

makan gula
Ilustrasi makan makanan manis./Copyright shutterstock.com/g/wayhome

Membatasi asupan gula akan bermanfaat bagi wajah, karena terlalu banyak gula dapat menyebabkan penuaan dini. Sebuah penelitian menemukan bahwa peningkatan kadar gula darah orang yang berusia antara 50 dan 70 tahun dapat membuat mereka mereka terlihat lebih antara lima hingga tujuh bulan.

Untuk mencegah tanda-tanda penuaan, konsumsilah buah-buahan yang kaya akan senyawa antioksidan, seperti buah beri atau anggur. Hal ini juga dapat memperlambat pertumbuhan kanker tertentu, meningkatkan fungsi otak, kekencangan otot, dan keseimbangan.

Gunakan Tabir Surya

ilustrasi tabir surya/pixabay
ilustrasi tabir surya/pixabay

Penggunaan tabir surya dalam aktivitas sehari-hari (yang mengandung UVA/UVB) dengan SPF 15 atau lebih tinggi dapat membantu mengurangi penuaan kulit yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari. Sinar ultraviolet (UV) dari matahari menyebabkan lebih dari 90 persen tanda penuaan yang terlihat. Ini termasuk kerutan, bercak kasar, kulit kendur, dan perubahan warna kulit.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa tabir surya tidak hanya dapat melindungi dari kanker kulit, tetapi juga membantu mencegah photoaging yang disebabkan oleh matahari. Penggunaan tabir surya setiap hari dapat secara efektif mengurangi penuaan kulit setelah jangka waktu yang lama.

Itulah beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga agar kulit tetap kencang dan awet muda. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓