5 Urutan Menggunakan Serum untuk Jerawat

Kezia Prasetya Christvidya25 Feb 2021, 11:35 WIB
Diperbarui 25 Feb 2021, 11:35 WIB
ilustrasi Mengenal perbedaan eye cream, eye gel dan eye serum untuk menjaga kulit area mata/Kamil Macniak/shutterstock

Fimela.com, Jakarta Jerawat yang membandel harus segera diatasi dengan skincare yang tepat. Salah satu produk skincare yang bisa membantu menyembuhkan jerawat adalah serum. Namun sering kali serum dilupakan saat mengaplikasikan skincare.

Serum adalah produk skincare yang bertekstur ringan, dengan konsentrasi kandungan bahan aktif yang tinggi, mudah diserap kulit wajah dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Serum diaplikasikan setelah menggunakan toner dan sebelum pelembap. Agar tidak salah saat mengaplikasikan serum dan agar serum bekerja secara optimal di kulit wajah, berikut urutan menggunakan serum untuk jerawat, dilansir dari berbagai sumber:

Kandungan Serum untuk Jerawat

skincare-kezo
ilustrasi serum/paulynn/shutterstock

Untuk merawat wajah yang berjerawat, perhatikan kandungan bahan aktif yang terdapat di dalam serum tersebut. Berikut kandungan bahan aktif serum untuk jerawat:

1. Salicylic Acid

Kandungan bahan aktif salicylic acid cocok digunakan untuk jerawat, karena termasuk kelompok BHA, yang bisa membantu mengontrol produksi minyak di wajah, membersihkan pori-pori tersumbat dan meredakan iritasi.

2. Niacinamide

Niacinamide adalah bahan aktif yang sering digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Kandungan ini berfungsi untuk menguatkan lapisan kulit wajah, meredakan kemerahan akibat jerawat, membersihkan pori-pori dan mencerahkan bekas jerawat.

3. Retinol

Retinol adalah bahan aktif turunan vitamin A yang terkandung di dalam serum untuk jerawat. Kandungan ini bisa mempercepat penyembuhan jerawat, membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengontrol produksi minyak.

4. Green Tea

Kandungan greentea di dalam serum bisa membantu menenangkan jerawat, meremajakan kulit, mencegah terbentuknya jerawat baru dan mengontrol minyak.

5. Hyaluronic Acid

Walaupun jerawat sering muncul pada kulit yang berminyak, tetapi kulit berminyak juga membutuhkan serum yang bisa melembapkan kulit, yaitu serum yang mengandung hyaluronic acid.

 

Urutan Menggunakan Serum untuk Jerawat

serum-kezo
ilustrasi teknik pengaplikasian serum wajah/shutterstock

Serum wajah digunakan setelah toner dan sebelum pelembap. Tetapi saat mengaplikasikan serum, harus diperhatikan urutan penggunaan serum dengan benar, berikut urutannya:

1. Bersihkan Wajah

Sebelum menggunakan serum, usahakan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu, dengan teknik double cleansing di malam hari, serta menggunakan facial wash bertekstur gentle di pagi hari. Agar kandungan serum dapat diserap maksimal.

2. Gunakan Toner

Agar kandungan serum lebih meresap di kulit, lakukan eksfoliasi dengan toner terlebih dahulu. Selingi juga dengan menggunakan toner hidrasi agar jerawat cepat sembuh.

3. Aplikasikan Serum

Setelah menggunakan toner, biarkan toner meresap ke dalam kulit seama 10 hingga 15 menit. Kemudian aplikasikan serum ke seluruh wajah yang berjerawat.

4. Aplikasikan dengan Tangan

Gunakan serum sebanyak 3 hingga 5 tetes, kemudian aplikasikan serum menggunakan tangan yang bersih. Hindari menggunakan serum di area kulit mata.

5. Pelembap

Setelah serum meresap ke dalam kulit, gunakan pelembap untuk mengunci serum, melembapkan dan mengontrol produksi minyak di wajah berjerawat.

Teknik Layering Bahan Aktif Pada Serum

Serum vitamin C
Serum vitamin C. (Foto: shutterstock.com)

Agar kandungan bahan aktif di dalam serum bisa bekerja secara optimal, kamu bisa memadukan beberapa bahan aktif di malam hari, dengan menggunakan teknik layering. Teknik ini bisa membuat jerawatmu cepat sembuh.

Langkah pertama, gunakan serum yang mengandung hyaluronic acid untuk melembapkan kulit. Kemudian layer dengan serum yang mengandung niacinamide, terakhir gunakan serum yang mengandung retinol.

Teknik layering ini bisa digunakan pada malam hari saja, berikan jeda selama 10 menit untuk layering setiap bahan aktif. Jangan lupa gunakan sunscreen di pagi dan siang hari.

Lanjutkan Membaca ↓