Sukses

Beauty

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Bersisik agar Lebih Lembap

Fimela.com, Jakarta Kulit bersisik adalah kondisi kulit kering yang kekurangan cairan. Kulit yang bersisik ditandai dengan kulit yang terlihat kusam, tekstur kulit kasar, pecah-pecah dan mudah terkelupas. Kondisi ini bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Kondisi kulit bersisik harus diwaspadai. Kulit bersisik ini sangat sensitif, sehingga sangat mudah bereaksi terhadap pemicu alergi seperti debu, suhu dingin, suhu panas, bahan kimia dan pemicu alergi lainnya. Sebaiknya hindari pemicu alergi, agar kulit tidak bersisik dan iritasi.

Kulit bersisik ini bisa disebabkan karena faktor keturunan atau pola hidup yang kurang sehat. Kulit bersisik membutuhkan perawatan kulit yang khusus, untuk mengembalikan kelembapan kulit dan terlihat lebih cerah. Berikut penyebab dan cara mengatasi kulit bersisik:

Penyebab Kulit Bersisik

Kulit bersisik disebabkan karena kulit yang dehidrasi, karena kekurangan cairan atau minyak alami di dalam kulit. Dehidrasi di dalam tubuh dapat menyebabkan lapisan kulit paling luar menjadi kasar dan mudah terkelupas. Bahkan hal ini akan membuat kulit sangat kering hingga iritasi.

Kulit bersisik ini juga bisa disebabkan karena kulit terlalu sering terpapar sinar matahari. Radiasi sinar matahari akan membuat kulit kering, lalu kemerahan dan teksturnya kasar. Bahkan kulit bersisik juga bisa disebabkan karena adanya pengaruh perubahan cuaca yang cepat berubah-ubah.

Jika Sahabat Fimela jarang merawat kulit, maka akan menyebabkan kulit bersisik dan banyak komedo. Sering mengonsumsi alkohol dan pola hidup yang kurang sehat juga berisiko menjadi penyebab kulit bersisik. Saat kulit bersisik, kondisi kulit akan lebih sensitif, yang menyebabkan kulit terasa gatal dan perih. Kulit bersisik biasanya mudah iritasi dan muncul kemerahan.

Cara Mengatasi Kulit Bersisik

1. Gunakan Pelembap

Cara pertama mencegah kulit bersisik adalah dengan menggunakan pelembap. Pelembap memiliki fungsi untuk membantu mengembalikan kelembapan kulit, mengontrol produksi minyak, memperbaiki tekstur kulit dan membuat kulit menjadi lebih cerah. Pelembap atau body lotion bisa digunakan setelah mandi dan sebelum tidur.

2. Gunakan Scrub

Kulit bersisik disebabkan karena adanya penumpukan sel kulit mati di kulit. Hal ini bisa dicegah dengan rutin menggunakan scrub badan. Scrub adalah salah satu perawatan kulit yang bersifat sebagai eksfoliator, yang mampu mengangkat sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan kulit baru.

3. Gunakan Air Dingin

Saat kulitmu kering dan bersisik, gunakan air dingin pada saat mandi. Penggunaan air panas saat mandi, bisa menyebabkan minyak alami hilang dan kulit menjadi sangat kering. Usahakan mandi tidak lebih dari 10 menit agar kulit tidak keriput.

4. Konsumsi Air Putih

Karena kulit bersisik disebabkan karena kulit kekurangan cairan, usahakan untuk mengonsumsi air putih minimal sebanyak 8 gelas dalam sehari. Hindari mengonsumsi alkohol, minuman berkafein dan yang terlalu manis. Karena bisa membuat kulit menjadi kering.

5. Gunakan Handuk Lembut

Untuk menjaga kondisi tekstur kulit tetap lembap dan halus, gunakan handuk yang teksturnya lembut setelah mandi, agar tidak melukai kulit yang sedang bersisik. Handuk dengan tekstur kasar bisa membuat kulit mudah mengelupas dan menyebabkan iritasi.

Cara Mengatasi Kulit Bersisik dengan Bahan Alami

1. Minyak Zaitun

Kulit bersisik bisa diatasi dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya dengan mengaplikasikan minyak zaitun ke area kulit yang bersisik, kira-kira satu jam sebelum mandi. Pijatlah bagian kulit yang bersisik dan bilas dengan air dingin.

2. Madu

Madu adalah bahan alami yang bisa membantu mengatasi kulit bersisik. Kamu bisa mengaplikasikan madu ke area kulit yang bersisik, diamkan selama 10menit sebelum mandi. Lalu bilas madu hingga bersih saat kamu mandi.

3. Minyak Kelapa

Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa, yang diaplikasikan diseluruh kulit yang bersisik saat malam hari. Biarkan minyak kelapa meresap di dalam kulit, lalu bilas keesokan harinya dengan air dingin.

4. Lidah Buaya

Cara mengatasi kulit bersisik yang selanjutnya, gunakan gel lidah buaya dan oleskan di area kulit yang bersisik. Kemudian biarkan gel lidah buaya meresap ke dalam kulit, selama 15 menit sebelum mandi. Cara ini bisa dilakukan setiap hari sebelum mandi.

5. Susu

Cara yang terakhir adalah menggunakan susu, untuk mengatasi kulit yang bersisik. Caranya yaitu mencampur susu dengan beberapa tetes air mawar dan perasan air lemon. Lalu aplikasikan ke seluruh tubuhmu. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading