5 Cara Menghilangkan Daki yang Sudah Menghitam dengan Bahan Alami

Vinsensia Dianawanti28 Feb 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 28 Feb 2021, 10:00 WIB
cara menghilangkan daki yang sudah menghitam

Fimela.com, Jakarta Proses regenerasi kulit yang tidak maksimal membuat penumpukan sel kulit atau daki di permukaan kulit. Mengubah area kulit menjadi lebih hitam. Untuk mengurangi penumpukan daki, kamu hanya perlu rajin eksfoliasi.

Namun jika eksfoliasi tetap tidak membantu menghilangkan daki, jangan putus asa. Kamu bisa menggunakan sejumlah bahan alami untuk menghilangkan daki yang sudah menghitam dan membandel.

Dilansir dari beberapa sumber, ada sejumlah bahan alami yang kamu gunakan untuk mengatasi daki yang menghitam. Apa saja?

1. Kulit jeruk

Tekstur kulit jeruk yang kasar akan membantu daki mengelupas dari permukaan kulit. Selain itu, vitamin C yang terkandung di dalamnya juga membantu mencerahkan kulit. Gosokkan kulit jeruk ke kulit tubuh, lalu bilas dengan air hangat.

 

2. Air beras

air tajin
ilustrasi air rebusan beras/copyright imagedb.com (Shutterstock)

Jangan buang air cucian berasmu. Bisa kamu gunakan untuk mengeksfoliasi kulit yang penuh dengan daki. Pijat area kulit tempat daki menempel dengan air beras selama 10 menit sebelum mandi. Setelah itu bilas hingga bersih.

3. Scrub kopi

Kopi menjadi bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengelupas daki. Ambil beberapa sendok kopi dan seduh dengan air hangat. Campur ampasnya dengan minyak kelapa dan gosok dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 10 menit dan bersihkan tubuh dengan sabun.

 

4. Susu dan garam

Ilustrasi Susu | Pixabay
Ilustrasi Susu | Pixabay

Perpaduan susu dan garam ternyata cukup efektif untuk melunturkan daki yang menempel. Caranya, campurkan susu denagn garam hingga menjadi pasta kental. Rendam bola kapas pada pasta susu dan oleskan ke area yang memiliki daki. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Minyak esensial

Jika kamu memiliki hobi mengoleksi minyak esensial, jangan hanya digunakan untuk campuran diffuser saja. Bisa kamu gunakan untuk melunturkan daki yang menghitam. Kombinaikan beberapa jenis minyak esensial untuk pemijatan. Seperti lavender, cinnamon, dan lemon oil. Gunakan campuran minyak ini untuk memijat area yang memiliki daki. Minyak ini akan melunakkan dakit sehingga lebih mudah terkelupas.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓