5 Cara Menghilangkan Kulit Mati agar Kulit Glowing dengan Mudah dan Aman

Nabila Mecadinisa01 Mar 2021, 12:30 WIB
Diperbarui 01 Mar 2021, 12:30 WIB
Menghilangkan Kulit Mati

Fimela.com, Jakarta Menghilangkan kulit mati di wajah butuh perawatan khusus. Tak cukup hanya mencuci wajah saja, namun menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk di kulit perlu cara khusus.

Mengingat sel kulit biasanyaa memerlukan waktu untuk beregenerasi setiap 25-30 hari, namun jika sel kulit mati tidak diangkat biasanya akan menumpuk, menyumbat pori-pori, hingga menyebabkan kulit kusam dan masalah kulit lainnya.

Ternyata, ada sejumlah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengangkat sel kulit mati secara aman dan efektif. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya berikut ini. 

 

1. Yoghurt

Ilustrasi yogurt (sumber: iStockphoto)
Yogurt efektif mengangkat sel kulit mati. (sumber: iStockphoto)

Jenis minuman fermentasi ini ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan sel kulit mati. Manfaat tersebut berasal dari kandungan asam laktat yang terkandung di dalam yoghurt. Asam laktat akan membantu dalam proses pengangkatan sel kulit mati secara optimal. Jadi, manfaatkan yoghurt sebagai masker untuk jadikan kulit lebih sehat.

2. Teh Hijau

Teh hijau
Teh hijau efektif angkat sel kulit mati. (Foto: unsplash.com/Rawpixel).

Teh hijau juga akan membantu dalam proses pengelupasan sel kulit mati pada wajah. Bahkan tidak sampai di pengelupasan sel kulit mati saja, teh hijau tersebut akan membantu kulit Anda agar lebih elastisitas serta membuat kulit tetap sehat karena memiliki kandungan antioksidan, yang tentunya akan berfungsi sebagai antiinflamasi dan antikarsinogenik.

3. Minyak Zaitun

Gunakan campuran minyak zaitun yang diberi tambahan gula pasir. Sebab, campuran kedua bahan tersebut ternyata sangat baik untuk membersihkan sel kulit mati pada wajah. Minyak zaitun sendiri sebenarnya sangat bagus untuk melembapkan kulit, sedangkan partikel yang terkandung dalam gula akan membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

Ilustrasi Minyak Zaitun untuk angkat sel kulit mati
Minyak zaitun untuk angkat sel kulit mati. (dok. Pexels.com/Putu Elmira)

4. Kulit Jeruk

kulit jeruk
Kulit jeruk untuk angkat sel kulit mati. /Photo by Adam Śmigielski on Unsplash

Sifat bubuk kulit jeruk yang cukup abrasif, maka akan berguna untuk mengelupas sel kulit mati secara alami. Selain itu, akan berguna juga untuk membantu menghilangkan kotoran pada kulit wajah. Kulit jeruk juga memilliki kandungan antioksidan serta vitamin C yang melimpah dan akan berguna untuk meremajakan kulit.

5. Kopi Bubuk

Kopi bubuk (Image by kalhh from Pixabay)
Kopi bubuk untuk angkat sel kulit mati. (Image by kalhh from Pixabay)

Dengan tekstur yang sedikit kasar, bubuk kopi akan sangat baik dalam membantu untuk membersihkan kulit mati pada wajah. Kopi bubuk, selain membantu menghilangkan kulit mati juga dapat merangsang produksi sel kulit baru. Selain itu, kopi sendiri juga memiliki kandungan flavonol yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, memperbaiki kulit rusak serta menjaga kulit tetap bercahaya.

#Elevate women

Lanjutkan Membaca ↓