5 Cara Mencuci Beauty Blender dan Rekomendasi Sabun Pembersih yang Patut Dicoba

Nabila Mecadinisa03 Mar 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 03 Mar 2021, 12:00 WIB
Beauty Blender

Fimela.com, Jakarta Beauty blender atau beauty sponge adalah aplikator yang selalu diandalkan untuk mengaplikasikan makeup seperti untuk meratakan foundation, mengaplikasikan concealer, dan lain sebagainya agar lebih merata sempurna di kulit.

Biasanya penggunaan beauty blender harus dalam keadan lembap, sehingga mampu meratakan produk dengan baik. Meskipun sejumlah beauty blender disertai teknologi anti bakteri dan anti jamur, tapi tentunya kebersihan beauty blender harus dijaga.

Yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan beauty blender adalah dengan rajin mencucinya. Lalu, bagaimana cara mencuci beauty blender yang baik dan benar agar bersih optimal dan tidak cepat rusak? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Basahi air terlebih dahulu

Untuk membersihkan beauty blender, pastikan kamu membasahi sponge terlebih dahulu. Kamu bisa membasahi di bawah air mengalir atau merendamnya di dalam wadah.

2. Gunakan sabun khusus atau sabun mandi batang

Beauty Blender
Beauty Blender (Instagram @beautyblender)

Lanjutkan dengan membubuhi sabun. Pilih sabun dengan formula lembut atau bisa juga menggunakan sabun khusus untuk aplikator makeup yang kini sudah banyak tersedia.

3. Menekan atau menekan-nekan sponge makeup dengan lembut

Cara ini dipakai agar sisa makeup yang menempel pada beauty blender luruh. Kamu bisa menggosok secara perlahan atau menekan-nekan beauty blender berkali-kali hingga sisa makeup bersih sempurna.

4. Bilas dengan air bersih

Beauty Blender
Bilas hingga benar-benar bersih agar tidak ada residu yang tersisa. (Foto: instagram/@tish.beauty)

Jika sudah, bilas di bawah air mengalir hingga air bersih.

5. Keringkan beauty blender dengan handuk bersih

Langkah terakhir, bersihkan beauty blender dengan handuk bersih dan diamkan hingga kering. Jika sudah benar-benar kering, barulah simpan di tempat tertutup agar terhindar dari debu dan kotoran.

Rekomendasi pembersih beauty blender:

Aeris Beauté Blendie Bar

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by AERIS (@aerisbeaute)

Aeris Beauté menghadirkan sabun padat yang dikemas dalam penyimpanan praktis. Sabun ini mampu membersihkan kotoran pada kuas dan beauty blennder secara instan. Tersedia enam varian mulai dari Orginal, Coconut Pandan, Mango Sorbet, Cucumber Melon, Verbena.

2. TISH Tish-day Soap

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Makeup & Beauty (@tish.beauty)

Tish-day Soap dari TISH dapat membersihkan spons makeup secara efektif⁠ dan produk ini juga ramah pada kulit. Sabun ini diklaim bebas SLS (sodium lauryl sulfate), sebuah zat kimia yang kurang ramah lingkungan serta dapat membuat kulit kering dan iritasi.

#Elevate women

Lanjutkan Membaca ↓