Catat, Ini Adalah Cara Membersihkan Brush Makeup yang Benar

Fimela Editor05 Mar 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 05 Mar 2021, 15:00 WIB
Cara Membersihkan Brush Makeup

Fimela.com, Jakarta Brush makeup adalah bagian penting dari penggunaan makeup. Mempertahankan kuas makeup tetap bersih mungkin adalah satu tantangan yang sulit. Sampai ketika Anda sadar bahwa mengganti kuas makeup lama dengan yang baru mungkin hal yang lebih mudah dilakukan, daripada membersihkannya.

“Penumpukan kotoran dan minyak pada brush makeup kamu dapat menyebabkan jerawat dan kemungkinan ruam yang disebut dermatitis,” kata Cristina Monaco, Asisten Dokter Bersertifikat dari Schweiger Dermatology Group di New York.

Kuas makeup yang kotor tentu akan membahayakan kesehatan kulit Anda, yang pada akhirnya lebih merugikan. Inilah mengapa penting untuk membersihkan brush makeup secara menyeluruh dengan beberapa langkah di bawah ini, seperti dikatakan oleh makeup artist , Ashleigh B. Ciucci dalam Elle.com. 

Peralatan yang dibutuhkan

Cara Membersihkan Brush Makeup
Simak cara membersihkan brush makeup yang benar agar kuas bebas jamur dan kuman.

Ingat sisa kotor riasan, kotoran, dan minyak yang baru saja kita bicarakan akan hilang setelah pembersihan sikat yang baik. Jika Anda seorang penata rias atau hanya seseorang yang menggunakan banyak riasan secara teratur, Monaco menyarankan pembersihan kuas setelah digunakan.

Untuk kuas wajah seperti alas bedak, concealer, atau bedak, Anda harus membersihkannya seminggu sekali, "kata Ciucci." Untuk kuas mata atau kuas yang Anda gunakan untuk corak berbeda, bersihkan di sela-sela penggunaan. "

Bahan untuk membersihkan brush makeup

Aplikasikan sabun

Hanya setetes sabun lembut ynag diperlukan. Bahan keras, seperti kimia yang berat dalam sabun dapat membuat bulu kuas makeup Anda menjadi lebih sulit kering.Oleskan sedikit sabun atau shampoo ke ujung jari dan pijat kepala sikat di telapak tangan, fokuskan pada ujung bulu kuas makeup. Kemudian bilas bulu-bulunya, pastikan tidak membasahi bagian dasar kuas makeup.Sabun pencuci piring adalah pembersih paling ampuh untuk kuas Anda adalah salah satu yang mungkin Anda miliki.

 

Langkah-langkah mencuci brush makeup

Langkah membersihkan brush makeup
Langkah membersihkan kuas makeup (Sumber: pexels.com)

Langkah yang harus dilakukan:

1. Tuangkan sampo lembut ke dalam wadah yang berisikan air hangat. 

2. Aduk kuas di dalam air dan pijat bulu kuas dengan lembut untuk menghilangkan kotoran.

3. Bilas dengan air bersih dan peras airnya dengan hati-hati.

4. Keringkan sampai benar-benar kering, jka sudah, brush siap digunakan kembali. 

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

#Elevate women

Lanjutkan Membaca ↓