Cara Membersihkan Kuas Makeup dan Seberapa Sering Kamu Harus Melakukannya

Annissa Wulan09 Mar 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 09 Mar 2021, 09:30 WIB
Ilustrasi kuas makeup

Fimela.com, Jakarta Berapa banyak aktivitas yang kamu lakukan dengan kuas makeup? Membersihkan kuas makeup sekali dalam sebulan ternyata tidak cukup.

Menurut para ahli, kamu harus membersihkan kuas makeup sesering mungkin, untuk mencegah penumpukan bakteri, yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Kebanyakan dokter kulit akan menyarankan untuk merendam kuas makeup setidaknya sekali dalam seminggu.

Kuas makeup akan banyak dipakai pada wajah, sehingga semakin sering kamu bersihkan, semakin baik. Sedangkan untuk kuas makeup yang digunakan untuk area mata, setidaknya harus dibersihkan dua kali dalam sebulan, seperti dilansir dari allure.com.

Membersihkan kuas makeup tidak hanya akan membantu menjaga kulit wajah tetap bersih, namun juga dapat memperpanjang usia bulu kuas dan membuat pengaplikasian produk menjadi lebih baik. Kuas makeup dan spons memiliki pori-pori, sehingga minyak, kotoran, dan bakteri akan mudah menempel di sana.

 

 

Cara terbaik membersihkan kuas makeup

Ilustrasi kuas makeup
Ilustrasi kuas makeup. Sumber foto: unsplash.com/Junior Reis.

Metode terbaik dan paling teliti untuk membersihkan kuas makeup membutuhkan air dan sabun yang lembut. Basahi kuas makeup terlebih dahulu menggunakan air hangat, teteskan pembersih ke telapak tangan yang bersih, pijatkan lembut ujung kuas makeup dengan telapak tanganmu, bilas secara menyeluruh, dan peras kelebihan air dengan handuk bersih.

Kembalikan bentuk kepala kuas makeup ke bentuk aslinya dan biarkan mengering dengan menggantungnya di tepi meja. Jangan biarkan kuas makeup mengering di atas handuk, karena bulunya bisa berjamur.

Saat mencuci kuas makeup, jauhkan pangkal kepala kuas yang terhubung dengan pegangan dari sabun dan air, karena dapat menghancurkan lemnya. Selain itu, hindari mengeringkan kuas makeup secara vertikal dengan bulu kuas menghadap ke atas, karena dapat menyebabkan air merembes ke dalam, menghilangkan lem.

Tips membersihkan spons makeup

Ilustrasi kuas makeup
Ilustrasi kuas makeup. Sumber foto: unsplash.com/Manu Camargo.

Sedangkan spons makeup biasa yang murah sebenarnya tidak dimaksudkan untuk digunakan kembali, jadi buang setelah sekali penggunaan. Spons tahan mikroba aman digunakan selama tiga sampai empat bulan.

Sama halnya dengan kuas makeup, pastikan untuk membersihkan spons makeup setidaknya sekali dalam seminggu, karena spons dapat terisi dengan sel klit dan bakteri dapat tumbuh di sana. Terakhir, ingat, walaupun pembersihan rutin dapat membantu memperpanjang usia pakai kuas makeup, ada beberapa tanda yang tidak boleh kamu abaikan.

Kuas makeup harus segera dibuang ketika bulu mulai berjumbai, rontok, atau kehilangan bentuknya. Selamat mencoba, Sahabat FIMELA!

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓