Survei Sebut Pria Lebih Rajin Pakai Skincare di Masa Pandemi COVID-19

Vinsensia Dianawanti19 Mar 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 19 Mar 2021, 12:00 WIB
Ilustrasi skincare pria

Fimela.com, Jakarta Penggunaan skincare pada kalangan perempuan menjadi hal yang wajar dan lumrah. Namun lain halnya dengan pria. Pria yang menggunakan skincare masih dianggap tabu, aneh, dan kurang maskulin. Padahl, skincare juga penting bagi para pria untuk mencegah timbulnya permasalahan kulit, seperti masalah tekstur, jerawat, dan penuaan dini.

Di masa pandemi, kesadaran penggunaan skincare bagi kaum pria justru cenderung meningkat. Hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya penggunaan media sosial yang menampilkan kesempurnaan kulit wajah pria di Korea Selatan. Memotivasi pria di Indonesia untuk menggunakan skincare.

Menurut survei yang dilakukan Euromonitor pada Juni 2020, terjadi peningkatan dalam hal kesadaran perawatan tubuh dan wajah pada pria di Indonesia. Hal ini dilihat dari peningkatan pembelian pada produk perawatan atau skincare pria, seperti sabun dan perlengkapan toiletries lainnya.

Diperkirakan industri produk perawatan atau skincare khusus pria di Indonesia meningkat 4% terutama di masa pandemi COVID-19. Di masa pandemi banyak pria yang bekerja dari rumah sehingga memiliki banyak waktu untuk melakukan perawatan terutama pada wajah.

 

Tren skincare pria yang meningkat

Ilustrasi skincare pria
Ilustrasi skincare pria (Foto: unsplash.com/Jordan Nix)

Produk perawatan wajah seperti sabun cuci muka khusus pria menjadi produk yang paling banyak dicari. Produk ini dianggap paling praktis yang dapat digunakan pria sebagai langkah awal merawat diri. Sementara produk pelembap atau after shave yang digunakan setelah mencukur kumis atau janggut juga menjadi hal yang diminati saat ini.

Meningkatnya tren perawatan pada pria memicu inovasi produk skincare khusus pria di Indonesia. Berbagai merek lokal yang fokus pada produk perawatan khusus pria banyak datang dari merek indie dan dijual secara online. Variasi produk yang ditawarkan pun beragam, mulai dari facial wash, cream, dan lain-lain.

“Skincare khusus pria saat ini sangatlah booming. Banyak merk lokal yang telah mengembangkan produk khusus pria bersama PT Cosmax Indonesia. Dikarenakan tren perawatan pria yang terus menerus meningkat, tidak hanya produk after shave ataupun toner, namun juga jenis produk skincare dengan tekstur baru dan kekinian seperti gel cream ataupun serum ikut menjadi populer," jelas CheongMin-Kyoung, Presiden Direktur PT Cosmax Indonesia.

Karena ini pula, kebutuhan produk skincare yang dapat menenangkan dan menjaga kelembapan kulit pria menjadi lebih tinggi, sehingga menjadi perhatian khusus bagi merek lokal untuk terus memenuhi permintaan konsumen.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓