6 Kandungan Bahan Skincare Alami dan Jitu di Dunia, Dari Mugwort hingga Shea Butter

Fimela Editor21 Mar 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 21 Mar 2021, 10:00 WIB
Berikut 6 bahan alami dalam kandungan skincare dari seluruh dunia yang ampuh merawat kulit.

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit sehat dan bersih merupakan dambaan setiap orang. Tak heran bila kemudian banyak dari mereka yang rela mengeluarkan biaya lebih untuk sekedar membeli produk skincare dari berbagai merek.

Namun alih-alih mengikuti tren, alangkah baiknya membeli produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit, sehingga jauh lebih efektif begitu digunakan.

Ada banyak bahan-bahan alami dari seluruh dunia, yang terbukti efektif dapat merawat kulit. Beberapa kandungan ini bahkan populer dan sering digunakan sebagai bahan produk skincare. Dilansir Vogue, berikut ini 6 bahan skincare natural terampuh dari seluruh dunia yang perlu diketahui.

1. Mugwort dari Korea Selatan

Belakangan ini mugwort menjadi populer dan kerap dijadikan sebagai bahan kandungan skincare asal Korea Selatan. Perlu diketahui, sebenarnya mugwort atau artemisia princeps merupakan tanaman gulma.

Selama berabad-abad, mugwort dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan obat tradisional, tak terkecuali ramuan kecantikan. Mugwort memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, yang menjadikannya bahan skncare mutakhir di Korea Selatan.

Mugwort sangat bagus untuk kulit sensitif. Karena bahan ini bisa digunakan untuk mengobati eksim, psoriasis, dan dermatitis atopik, serta menenangkan kulit, mengurangi kemerahan, dan bahkan membantu mempertahankan kelembapan.

2. Rice water dari Jepang

Air beras telah lama dikenal dengan sifat pencerahnya yang luar biasa. Setelah berabad-abad lalu ditemukan oleh orang Jepang, efek air beras diketahui kaya akan mineral yang baik untuk kulit.

Kandungan pati alaminya membantu meredakan kulit yang teriritasi dan menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Air beras juga memiliki elemen ferulic phytic acid sebagai antioksiden kuat untuk mebantu mencerahkan warna kulit.

Bahkan dedak padinya atau dikenal sebagai komenuka, sangat melembapkan dan kaya akan vitamin A, B2, B12, dan E. Tak heran air beras populer dan kerap digunakan sebagai komposisi andalan produk skincare.

 

3. Ashwagandha dari India

Tips kecantikan
Ilustrasi tips kecantikan./ Credit: unsplash.com/Marine

Ashwagandha atau yang dikenal sebagai gingseng India, telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk menghilangkan stres, mengurangi pembengkakan, menurunkan tekanan darah, hingga mengubah sistem kekebalan.

Selain bertindak sebagai obat herbal, kandungan ini juga punya manfaat ganda untuk kecantikan. Ketika dioleskan ke kulit, ashwagandha bersifat anti-inflamasi dan dapat mendukung regenerasi kolagen. Sehingga dapat membuat kulit tampak lebih awet muda.

4. Cloudberry dari Norwegia

Berasal dari Norwegia, Cloudberry diketahui kaya akan vitamin A, B, C, dan E. Cloudberry juga menjadi sumber omega-3 yang melimpah.

Sifat antioksidannya membantu menyembuhkan kulit yang rusak, dan memiliki kekuatan menenangkan yang manjur. Kandungan skincare yang satu ini juga memiliki asam Ellagic, yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan kolagen dan membantu meminimalkan kerusakan kuli akibat sinar UV.

 

5. Kiwi seed oil dari Selandia Baru

kiwi
buah kiwi/copyright: unsplash/lesly juarez

Memiliki konsetntrasi asam linoleat alfa (ALA ) atau omega-3 yang tinggi, menjadikan minyak biji kiwi sebagai bahan perawatan kulit yang sempurna. Ia juga terbukti ampuh da;am membangun dan menjaga kelembapan pada kulit.

Kandungan ini juga sangat bagus merawat kulit sensitif, kulit berminyak, jerawat, psoriasis, dan eksim. Tak perlu khawatir akan terasa lengket di kulit minyak biji kiwi justru mudah diserap, sehingga mudah digunakan dalam cuaca tropis sekalipun.

6. Shea butter dari Ghana

Shea butter merupakan kacang dari pohon karité yang tumbuh di wilayah Sahel, dari Afrika Barat hingga Timur. Dikenal sebagai makanan pokok, shea butter juga memiliki manfaat ganda dalam hal kecantikan.

Sifatnya sangat melembabkan tanpa membuat kulitmu menjadi berminyak. Shea butter juga membantu mencegah jerawat, anti-inflamasi, anti jamur, serta antioksidan. Karena kemampuannya yang bersifat melembabkan dan antioksidan itulah yang dapat meregenerasi sel kulit dengan baik.

Penulis: Hilda Irach

Lanjutkan Membaca ↓