Sukses

Beauty

Kenali Apa Itu Beauty Privilege dan Potensi Diskriminasi

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat FIMELA pernah memiliki teman yang semasa sekolah yang menjadi ketua geng, aktif di organisasi sehingga banyak yang mengenalnya, mempunyai paras yang disukai semua anak laki-laki dan disukai semua guru-guru? Atau justru ada temanmu yang memiliki paras biasa saja, kutu buku, tidak terlihat di kelas dan tidak memiliki teman. Kira-kira mana yang banyak mendapat perlakuan spesial dari orang banyak?

Ya, sudah jelas teman yang pertama karena ia berparas cantik dan disukai banyak orang. Tanpa sadar sejak dibangku sekolah kita sudah menerapkan budaya beauty privilege. Seseorang dengan paras yang menarik lebih mendapat perlakuan spesial dari orang banyak dan mendapat banyak keuntungan.

Biasanya orang yang bersangkutan antara sadar dan tidak sadar mendapatkan banyak keuntungan tersebut. Jika ia memiliki pemikiran yang buruk tentu akan memanfaatkan paras menariknya untuk meraup keuntungan dari orang terdekat. Hal ini berpengaruh pada tindakan dan perilaku orang sekitar. Misalnya, di kantor ada beberapa orang dengan paras menarik akan lebih dipandang daripada orang-orang yang tidak berpakaian rapi dan memiliki paras yang biasa saja. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah untuk beberapa orang, akan tetapi ini menjadi masalah jika terjadi diskriminasi.

Siapa yang menetapkan beauty privilege?

Kami tidak perlu memberitahumu bahwa penampilan itu subjektif. Inilah sebabnya mengapa sulit untuk memahami bagaimana sesuatu seperti hak istimewa yang cantik bisa menjadi sesuatu. Hak istimewa kulit putih atau keistimewaan laki-laki, misalnya, lebih mudah dipahami karena berkaitan dengan cara elemen identitas tertentu yang tampaknya lebih mudah “diukur”. Tetapi tidak sesederhana untuk mengukur atau mendefinisikan "cantik". Siapa yang bisa memutuskan siapa dan apa cantiknya?

Dalam bahasa yang lebih luas, ini adalah masyarakat. Standar kecantikan ditetapkan dan dipertahankan oleh wajah-wajah yang kita lihat terciprat di sampul majalah, televisi, dan papan reklame. Untuk waktu yang lama, kecantikan berwarna putih, kurus, dan cisgender. Orang-orang yang kita pilih untuk dirayakan sering kali mencerminkan siapa yang kita anggap cantik. Dan mereka yang memiliki ciri-ciri fisik terkenal mendapat manfaat dari hak istimewa yang cantik.

 

 

Bagaimana jika beauty privilege mengarah pada diskriminasi?

Dilansir dari thedailyvox.com, beberapa ahli mengatakan kita harus melarang hak istimewa yang cantik. Dalam bukunya The Beauty Bias, profesor hukum Universitas Stanford Deborah Rhode mengkritik bagaimana wanita menganggap penampilan mereka sebagai bagian penting dari citra diri mereka. Rhode berpendapat bahwa semakin banyak wanita yang berfokus pada peningkatan penampilan, semakin sedikit mereka memikirkan orang lain.

Undang-undang harus melarang diskriminasi terhadap orang berdasarkan penampilan karena membatasi hak atas kesempatan yang sama, katanya. Ini memperkuat subordinasi kelompok di mana karakteristik 'tidak menarik', seperti obesitas, terkonsentrasi (seperti di antara orang miskin, beberapa etnis minoritas), dan membatasi ekspresi diri. Tampak penting dalam beberapa karier seperti pemodelan. Namun, disisi lain, sikap terhadap keefektifan karyawan sering kali mencerminkan bias pemberi kerja, bukan pelanggan. Dalam bukunya, Rhode mengatakan hukum memengaruhi sikap dari waktu ke waktu dengan menolak kesempatan bagi mereka yang berprasangka untuk bersuka ria. Tetapi karena 'daya tarik' lebih sulit untuk didefinisikan daripada ras atau jenis kelamin, undang-undang anti-diskriminasi ini terbukti tidak mungkin untuk dipertahankan.

Lalu, apakah pantas menerapkan beauty privilege?

Daya tarik adalah mata uang dan memberikan beberapa keuntungan yang tidak adil atas orang lain. Ketika hak istimewa berpotongan, maka hak istimewa seseorang , kelas, atau ras lebih diperhitungkan dalam distribusi kekuasaan jika dibandingkan dengan hak istimewa yang cantik. Kenyataannya menjadi orang kaya dengan kulit putih memberi jauh lebih menguntungkan secara sosial dan ekonomi daripada memiliki penampilan yang menarik. Tapi tetap saja, daya tarik jelas penting.

Nilai yang kita tempatkan pada daya tarik juga dapat menjelaskan banyaknya uang yang dihabiskan orang untuk penampilan mereka. Industri kecantikan adalah industri bernilai miliaran dolar dan terus berkembang pesat. Meski kedengarannya hanya peduli dengan penampilan luar, hal itu jelas memengaruhi cara masyarakat memperlakukanmu.

Hak istimewa yang cantik juga menyoroti pentingnya representasi. Kita perlu terus merepresentasikan kelompok yang beragam, terutama dari kelompok yang terpinggirkan, di media. Cantik adalah relatif, perlakukan orang lain sama seperti bagaimana kamu ingin diperlakukan. Standar kecantikan tidak berarti, semua orang unik dengan kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki. Tidak ada yang sempurna di dunia ini.

 

*Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading