5 Cara Jaga Kulit Tetap Cantik Seiring Bertambahnya Usia, Bye Kering dan Kusam

Jeffreydien Pungkas Winanda25 Mar 2021, 00:01 WIB
Diperbarui 25 Mar 2021, 00:01 WIB
5 Cara Jaga Kulit Tetap Cantik Seiring Bertambahnya Usia, Bye Kering dan Kusam

Fimela.com, Jakarta Passionate dan workaholic, dua kata ini sangat melekat dalam diri wanita modern. Hobi yang beragam, padatnya aktivitas sosial, dan karir cemerlang adalah idaman para kaum hawa. Pasti kamu juga ngerasain kan, Sahabat Fimela?

Seiring bertambahnya usia, tiba-tiba kamu mulai sadar jika kulit jadi terlihat kering, kusam, bahkan muncul kerutan halus yang mengganggu penampilan. Saat usia mulai bertambah, wajar jika kulit mulai kehilangan elastisitas alaminya. Namun, ada beberapa tips perawatan sederhana yang bisa dilakukan untuk meminimalisir masalah tersebut kok. Yuk simak!

Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan

Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan
credit via shutterstock

Kulit adalah bagian dari tubuh yang sangat rentan terpapar oksidasi. Nggak melulu soal pelembab dan daily skin care routine, amatlah penting untuk merawat kulit dari dalam juga. salah satunya, yaitu dengan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung anti oksidan seperti: anggur, stroberi, kiwi, brokoli, bunga kol, serta seledri yang baik untuk tubuh.

Yoga Wajah

Yoga Wajah
credit via shutterstock

Seperti kulit di bagian tubuh lainnya, wajah juga akan memiliki respons yang bagus ketika melakukan exercise. Yoga wajah akan menjadi metode yang baik untuk bisa merangsang revitalisasi kulit. Dengan melakukan exercise di area wajah secara rutin, maka dapat mengencangkan otot, melancarkan sirkulasi darah, dan mengencangkan kulit.

Mulai dari peregangan wajah dengan cara menggembungkan pipi kanan dan kiri bergantian sebelum memulai yoga wajah lainnya. Setelah peregangan, lakukan gerakan selanjutnya memijat rahang dengan gerakan ke atas dengan tekanan yang sama kuat.

Untuk yang bermasalah dengan garis leher dan double chin, gerakan selanjutnya difokuskan pada area leher. Tundukkan kepala ke belakang sampai terasa otot meregang di leher, rahang, dan dagu. Tahan sekitar 5-7 detik dan kembali ke posisi kepala menghadap depan kembali.

Yoga wajah juga dapat memberikan kulit bercahaya dan sehat dengan gerakan yang tepat. Letakkan ibu jari di bawah dagu dan gunakan jari lainnya untuk memijat pipi perlahan ke arah atas. Sedangkan untuk menghilangkan garis halus di sekitar bibir, gunakan pose wajah ikan, tahan sekitar 30 detik.

 

Investasi Kulit dengan Rangkaian Perawatan Rutin

Investasi Kulit dengan Rangkaian Perawatan Rutin
credit via shutterstock

Setiap wanita memiliki cara sendiri dalam melakukan perawatan rutin terhadap kulitnya. Kunci dari investasi kulit salah satunya adalah dengan selalu rutin melakukan perawatan tersebut. Sebaik apapun jenis perawatan yang dimiliki, hasilnya tidak akan optimal jika nggak konsisten dalam melakukan daily routine.

Kebiasaan ini tentu penting dilakukan untuk menjaga wajah bebas dari berbagai masalah. Bagi yang belum terbiasa, mulailah dengan metode basic skincare dengan urutan yang benar. Kenali dulu jenis kulitmu, lalu bersihkan wajah dengan facial wash yang memiliki tekstur lembut. Selanjutnya gunakan pelembap untuk melembapkan kulit, mengontrol produksi minyak, menguatkan lapisan kulit, dan menghaluskan tekstur kulit.

Setelah pelembap, aplikasikan juga sunscreen untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Penggunaannya 30 menit sebelum memakai makeup atau sebelum keluar rumah ya.

Imbangi perawatan rutin kulit dengan beberapa lifehack dari makanan yang mengandung perawatan alami kulit. Seperti kandungan beta karoten yang memiliki senyawa untuk melembabkan kulit dan menangkal radikal bebas. Temukan kandungan ini dalam buah dan sayur berwarna merah, seperti wortel.

Atasi Stress Dengan Baik

Atasi Stress Dengan Baik
credit via shutterstock

Musuh dalam selimut yang bisa bikin kulit terlihat kusam dan menganggu penampilan adalah stres. Bahkan hal ini sering nggak disadari oleh banyak wanita.

Terapkan manajemen stres yang baik di segala aktivitas. Mulai dari menyempatkan mencari hiburan di sela tumpukan pekerjaan, rutin berolahraga, tidur yang cukup, me time, berkumpul dengan orang tersayang, melakukan hobby, dan masih banyak lagi. Kebahagian yang muncul dari dalam batin terbukti ampuh dalam meningkatkan penampilan fisik termasuk menjaga kesehatan kulit.

Jaga Kelembaban Kulit dengan Menjaga Asupan Air Mineral

Jaga Kelembaban Kulit dengan Menjaga Asupan Air Mineral
credit via shutterstock

Jangan sepelekan hal ini, girls! Perhatikan asupan air mineral yang masuk ke dalam tubuh untuk menjaga kelembapan kulit, sehingga tetap cantik, glowing, bebas kering dan kusam yang mengganggu. Penuhi asupannya dengan air mineral yang berkualitas seperti Le Minerale. Tidak hanya berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih yang mengandung mineral alami baik untuk tubuh, tapi juga kemasannya terproteksi dengan baik. Selain itu kemasan Le minerale juga disegel baik, jadi terhindar dari pemalsuan.

Sekarang sudah tahu kan rahasia kulit sehat dan elastis? Coba terapkan kelima cara di atas ya dan jangan lupa minum Le Minerale di setiap aktivitas kamu!

Lanjutkan Membaca ↓