Manfaat Jintan Hitam Bernama Habattusauda untuk Kesehatan

Fimela Editor16 Apr 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 16 Apr 2021, 17:00 WIB
Manfaat Minyak Jintan Hitam untuk Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Habbatussauda atau jintan hitam (Nigella sativa) adalah tumbuhan yang bijinya sudah sering dikonsumsi karena dipercaya bermanfaat untuk kesehatan. Bagi umat muslim habbatussauda terutama menjadi hal spesial karena ada hadis yang menyebutnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Di dalam habbatussauda terkandung vitamin, asam amino, saponin, minyak atsiri, protein, asam limonelat, kalsium, natrium, kalium dan masih banyak lagi zat lainnya. Habbatussauda atau biji hitam atau jintan hitam, berasal dari Asia Tenggara dan juga digunakan di Mesir kuno, Yunani, Timur Tengah, dan Afrika.

Dilansir byrdie.com, ini adalah 4 manfaat dari Habbatussauda untuk kesehatan. 

Memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi

Studi laboratorium telah menunjukkan bahwa beberapa komponen memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi. Ini berguna bagi mereka yang menderita penyakit autoimun, nyeri yang signifikan, gangguan sendi yang progresif, dan gangguan fungsional. Habbatussauda bekerja untuk mengatasi kekurangan oksigen, yang dapat menyebabkan kematian sel dengan merusak lipid seluler, protein, dan DNA. 

Mengurangi Jerawat

Mencegah Jerawat Tumbuh
Ilustrasi Masalah Kulit Wajah Credit: pexels.com/Youra

Gunakan ramuan minyak habbatussauda untuk mengatasi jerawat dengan mengoleskannya di kulit dua kali sehari. Faktanya, menurut Journal of Dermatology & Dermatologic Surgery, mengoleskan lotion yang dibuat dengan 10% minyak jintan hitam secara signifikan mengurangi timbulnya jerawat setelah dua bulan. Hal ini disebabkan oleh kandungan bahan antibakteri.

Menumbuhkan Rambut 

Minyak jintan hitam mengandung timokuinon, antihistamin yang kuat. Khasiatnya, antihistamin sering diresepkan untuk pasien dengan alopecia untuk membantu pertumbuhan kembali rambut. Manfaat Habbatussauda adalah membantu menumbuhkan rambut dan menjaganya lembut, sehat, dan berkilau.

 

Menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan tubuh

Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Mengurangi Lemak Usus
Ilustrasi Tubuh Sehat Credit: pexels.com/pixabay

Analisa dari 17 studi yang dipublikasi dalam jurnal Pharmacological Research 2016 menyebut kalau habbatussauda dapat membantu turunkan kolesterol jahat dalam darah. Menariknya peneliti menemukan kalau minyak habbatussauda lebih memiliki efek kuat menurunkan kolesterol dibandingkan habbatussauda bubuk.

"Minyak jintan hitam memiliki sifat antioksidan," kata Brigitte Zeitlin, RD, pemilik BZ Nutrition, kepada Women's Health. Minyak jintan hitam kaya antioksidan seringkali berbahan dasar nabati dan tidak diproses, berfokus pada makanan tersebut akan menambah lebih banyak serat, vitamin, dan mineral ke dalam makanan, yang dapat berperan dalam menjaga berat badan yang sehat.

 Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 21 JUNI 2021