Urutan Pemakaian Skincare yang Benar, Pagi dan Malam Hari Wajib Diterapkan

Nabila Mecadinisa01 Apr 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 01 Apr 2021, 13:00 WIB
Urutan pemakaian skincare

Fimela.com, Jakarta Skincare memberi manfaat untuk kulit. Pemakaian skincare secara rutin akan menjadikan kulit lebih sehat, bebas kusam, mengatasi tanda penuaan, serta memberikan banyak manfaat lainnya. Tapi yang perlu dipahami, pemakaian skincare ada aturannya. 

Di saat kamu menggunakan beberapa lapisan skincare, maka pemakaiannya juga ada urutannya. Jangan sampai pemakaian skincare yang salah justru membuat usaha kamu sia-sia. 

Lalu, bagaimana urutan pemakaian skincare yang benar. yang harus diterapkan? Simak langkahnya berikut ini. 

Skincare Pagi Hari

Memakai skincare pagi hari lebih fokus untuk memproteksi kulit dari paparan sinar UV, polusi, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menyertakan pemakaian sunscreen agar kulit lebih terlindungi. 

1. Sabun pembersih wajah

Mulai perawatan kulit dengan membersihkan wajah memakai facial cleanser berformula lembut. Meski pagi hari kulit belum terkena kotoran dan debu, membersihkan wajah penting untuk membersihkan residu skincare yang dipakai pada malam hari sehingga tidak menyumbat pori-pori. 

 

 

2. Toner

Urutan pemakaian skincare
Urutan pemakaian skincare yang benar (Foto dok: Shylas Factory).

Lanjutkan dengan pemakaian toner yang berguna untuk membersihkan sisa sabun dan mengembalikan keseimbangan kulit setelah mencuci wajah. 

3. Essence

Essence juga tak kalah penting untuk digunakan yang berfungsi untuk membantu penyerapan skincare lanjutan semakin optimal dan membuat kulit lebih lembap. 

4. Serum

Serum memiliki zat aktif yang tinggi dan mampu berpenetrasi ke dalam kulit secara maksimal. Pilih serum sesuai kebutuhan kulit, dan bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, usahakan memakai serum bertekstur ringan agar tidak membuat kulit semakin berminyak. 

 

5. Pelembap

Urutan pemakaian skincare
Urutan pemakaian skincare (Sumber foto: Humphrey Muleba/unsplash.com)

Pelembap sangat penting dipakai baik pada malam dan pagi hari. Untuk pagi hari, pilih pelembap ringan dengan tekstur gel, sehingga akan terasa nyaman dipakai sepanjang hari, sekailgus menghidrasi dan melembapkan kulit dengan baik. 

6. Sunscreen

Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen untuk langkah akhir pemakaian skincare. Sunscreen berguna untuk mengunci semua manfaat skincare yang dipakai dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan agresi lingkungan. 

Skincare Malam Hari

Untuk malam hari, kamu bisa mengulang langkah pagi hari dari langkah 1-5, tanpa menyertakan sunscreen. Dan di saat kamu mengenakan makeup, jangan lupa untuk lakukan double cleansing, sehingga kulit benar-benar bersih. 

Jangan lupa untuk menggunakan pelembap yang lebih berfungsi untuk mengembalikan vitalitas kulit atau meregenerasi kulit, sehingga akan bekerja baik ketika dipakai di malam hari. 

 

#Elevate Beauty

Lanjutkan Membaca ↓