Sukses

Beauty

Ajang Kompetisi Para Mahasiswa untuk Ciptakan Inovasi Seputar Belanja Digital

Fimela.com, Jakarta Pandemi menuntut kita untuk bisa beradaptasi dan berinovasi agar keberlangsungan hidup jalan sebagaimana seharusnya, Tantangan-tantangan ini tentu menimbulkan banyak ide baru, salah satunya perkembangan dunia digital. Perkembangan digital di Indonesia yang sangat potensial, dimana ekonomi digital Indonesia diperkirakan bisa bernilai hingga 1,8 Triliun Rupiah pada tahun 2025, bertumbuh sebesar 23% dari 2020.

Kehidupan sehari-hari kita pun mulai berubah, mulai dari cara berkomunikasi, cara belajar, hingga transaksi online baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun konsumsi hiburan seperti game dan online streaming. Hal ini sejalan dengan perkembangan industri media & hiburan di Indonesia yang tumbuh hingga +9.6% dari tahun 2017 – 2021, dengan konsumsi Internet Video, Internet Advertising, dan Video Game sebagai tiga kontributor terbesarnya.2 

Melihat potensi dari transisi masyarakat menuju ke gaya hidup baru, L'Oréal Indonesia dengan bangga kembali mengadakan L'Oréal Brandstorm, sebuah kompetisi inovasi bagi mahasiswa yang telah dilaksanakan sejak tahun 1992 secara global dan sejak tahun 2009 di Indonesia. Misi tahun ini: menciptakan pengalaman baru berbelanja produk kecantikan melalui hiburan , mengajak para mahasiswa untuk berkreasi bersama sesuai dengan semangat L'Oréal yang selalu mengutamakan inovasi dan membawa nilai baru ke konsumen sebagai perusahaan beautytech nomor 1 di dunia. 

Percaya diri generasi muda adalah kunci sukses di masa depan

Restu Widiati, Human Resources Director L'Oréal Indonesia mengungkapkan bahwa “Di L’Oréal, kami percaya bahwa generasi muda adalah kunci menuju masa depan. Dalam kondisi saat ini yang penuh dengan ketidakpastian akibat pandemi, transformasi digital telah menjadi kunci dan para generasi muda adalah para para game changer. L'Oréal berkomitmen untuk terus mendukung para anak muda untuk memulai karir profesional mereka melalui L'Oréal Brandstorm 2021, memberikan mereka pengalaman untuk berkembang dan tumbuh secara profesional.” 

L'Oréal Brandstorm tahun ini diikuti oleh lebih dari 1500 peserta dari 68 universitas yang berbeda di seluruh Indonesia, dengan 3 tantangan yang dapat mereka pilih yakni menciptakan produk / jasa baru, menciptakan model bisnis baru, atau menciptakan pengalaman baru yang terinspirasi dari tren baru di dunia hiburan, dimana tahun ini seluruh kegiatan dilaksanakan secara online, baik dari proses registrasi, pengumpulan proposal, seleksi, sampai acara National Final. 

Pertama kalinya dalam sejarah L'Oréal Brandstorm di Indonesia, ada 2 tim yang berhasil keluar sebagai National Final Winner dan akan mewakili Indonesia dalam International Final di Paris. Tim Get This Look! beranggotakan Alea Najla dari Universitas Bina Nusantara, Veronica Lila dari Universitas Prasetiya Mulya, dan Giselza Satya Kusmaharani dari Institut Teknologi Bandung menciptakan inovasi berupa sebuah aplikasi yang dapat membantu konsumen mencari tren kecantikan dari aktor / aktris dari film favorit mereka. Sedangkan tim Voir yang beranggotakan M. Hanif Permana, Michael Hukom, dan Alif Rizkia dari Universitas Indonesia menciptakan inovasi untuk membantu teman-teman tunanetra memilih dan membeli produk makeup yang cocok bagi mereka. 

Dua pemenang

“Inspirasi tim kami berasal dari kegiatan sehari-hari, dimana sejak pandemi kami semakin sering menonton drama atau film di rumah. Terinspirasi dari aktris yang kami tonton, kami pun menciptakan ide berupa aplikasi untuk memudahkan setiap beauty enthusiast yang juga pencinta drama atau film seperti tim kami agar dapat dengan mudah mencari informasi produk yang kredibel dan membeli produk yang sesuai untuk mencapai look tersebut,” ujar Giselza, perwakilan tim Get This Look! 

“Sedangkan tim kami terinspirasi dari riset bahwa ada banyak sekali teman-teman tunanetra diluar sana yang ternyata mayoritas merupakan wanita dan memiliki kesulitan dalam memilih produk dan mengaplikasikan produk tersebut ke diri mereka. Dengan inovasi dalam bentuk aplikasi dan pengalaman berbelanja yang baru, kami berharap dapat membantu menciptakan dunia kecantikan yang lebih inklusif,” ujar Hanif, perwakilan tim Voir. 

Sebagai pemenang, 6 mahasiswa berprestasi ini akan mendapatkan mentorship langsung dari internal expert L'Oréal Indonesia untuk mengikuti International Final di Paris dan juga berkesempatan untuk meraih Intrapreneurship Award, sebuah kesempatan internship di Station F apabila berhasil keluar sebagai juara di level internasional, seperti yang pernah diraih perwakilan Indonesia pada kompetisi edisi tahun 2019. 

“L'Oréal Brandstorm percaya bahwa nilai-nilai yang kami pegang yakni: Passion, Innovation, Entrepreneurial Spirit, Open-mindedness, the Quest for Excellence, dan Responsibility adalah nilai-nilai yang mau kami capai bersama dengan para generasi muda melalui kompetisi ini. Dengan terhubung dan mendukung semakin banyak mahasiswa yang merupakan para game changer ini, kami yakin bahwa mereka semua akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Kami berharap para pemenang L'Oréal Brandstorm tahun ini dapat belajar lebih banyak lagi di level internasional dan dengan bangga mewakili yang terbaik dari Indonesia tahun ini,” tutup Restu Widiati. 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading