Sukses

Beauty

5 Penyebab Kelopak Mata Hitam yang Harus Diketahui

Fimela.com, Jakarta Kelopak mata hitam mungkin terjadi pada sejumlah orang. Meskipun tidak biasa, namu kelopak mata hitam kerap menimbulkan rasa tidak percaya diri. Kelopak mata hitam biasanya menimbulkan wajah yang terlihat lelah. 

Tapi sebenarnya, apa sih penyebab timbulnya kelopak mata yang hitam? Ternyata, ada sejumlah penyebab yang membuat kelopak mata jadi hitam, penasaran apa saja? 

 1. Faktor kehamilan

Masa kehamilan menyebabkan banyak perubahan yang terjadi. Diantaranya adalah masalah kulit yang umum terjadi. seperti melasma. Kehamilan dan melasma menimbulkan bercak dan hiperpigmentasi berwanda coklat. Saat bercak muncul di kelopak mata, otomatis kulit mata jadi menggelap. 

 2. Faktor genetika

Faktor lain penyebab kelopak mata hitam adalah faktor genetika. Kondisi ini biasanya terjadi secara turun temurun pada keluarga. Biasanya, saat kelopak mata menghitam sejak kecil, maka seiring bertambahnya usia, kondisi ini bisa semakin terlihat jelas. 

3. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasu pada kelopak mata bisa terjadi akibat peradangan. Hal ini biasanya terjadi akibat kamu menggosok kelopak mata terlalu kuat dan menyebabkan timbulnya luka, sehingga kulit menghitam. Atau bisa juga disebabkan oleh alergi. Meskipun dapat hilang, namun biasanya memakan waktu yang cukup lama. 

4. Melanositosis dermal

Melanosit adalah sel kulit yang menghasilkan melanin. Sebuah pigmen yang memberi warna pada kulit. Biasanya, kondisi ini juga menyebabkan kelopak mata yang menghitam, dan umumnya penyakit ini terjadi akibat bawaan genetik. 

5. Jumlah pembuluh darah yang meningkat

Penyebab umum lainnya adalah pembuluh darah yang meningkat. Mengingat kelopak mata memiliki kulit yang tipis, maka meningkatnya pembuluh darah, di sekitar kelopak mata akan menimbulkan area yang menghitam. 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading